Sukses

Tips Nyaman Naik Angkutan Umum di Jakarta

Jakarta ialah kota metropolitan yang memiliki jumlah penduduk yang tidak sedikit sehingga terkenal dengan kemacetannya.

Citizen6, Jakarta Jakarta ialah kota metropolitan yang memiliki jumlah penduduk yang tidak sedikit sehingga Ibukota Jakarta kerap kali terkenal dengan kemacetannya.

Bagi kebanyakan orang menggunakan angkutan umum adalah hal yang menakutkan. Berbagai persepsi buruk mulai dari kurangnya fasilitas kendaraan, harus berdesak-desakan saat jam berangkat dan pulang kantor, atau rawan nya kejahatan di dalam angkutan umum menyebabkan warga Jakarta memilih mengendarai mobil pribadi bagi yang sudah punya.

Kejahatan di dalam angkutan umum sering terjadi mulai dari kasus pencopetan sampai pelecehan, oleh sebab itu ada baiknya untuk membaca tips aman menggunakan angkutan umum:
1.    Bagi penumpang perempuan sebaiknya naik ke gerbong atau area khusus perempuan  untuk meminimalkan kasus pelecehan yang marak terjadi.

2.    Jika anda membawa tas posisikanlah tas di depan badan agar mudah terlihat selama berada di dalam angkutan umum. Jika anda naik angkutan umum beroda tiga posisikan tas di  sebelah kanan jangan di pangku atau taruh di dekat pintu.

3.    Catat nomor pengaduan dan nomor kendaraan (plat atau nomor body) angkutan umum yang akan digunakan sehingga mudah untuk dilaporkan jika terjadi kejahatan.

4.    Pastikan pintu kendaraan angkutan umum khususnya roda tiga dan roda empat terkunci rapat selama perjalanan.

5.    Jika sopir angkutan umum mencurigakan atau menakutkan mintalah berhenti di tempat yang ramai atau jalan yang kita kenal.

6.    Simpan barang berharga (dompet, gadget, perhiasan, dll) di tempat yang mudah ditemukan atau mudah dijangkau.

7.    Ingat lah trek perjalanan yang akan dilalui angkutan umum sehingga saat angkutan umum berjalan tidak sesuai trek sopir dapat ditegur.

8.    Siapkan uang kecil untuk naik angkutan umum sehingga tidak perlu repot mengeluarkan dompet yang tentunya dapat menarik perhatian pencopet.

9.    Jika menggunakan angkutan umum pada malam hari sebaiknya bersama teman atau pilih angkutan yang ramai.

Maraknya kasus kejahatan di angkutan umum sesungguhnya dapat dicegah jika pengguna kendaraan umum tidak menarik perhatian si pelaku kejahatan. Jika banyak penduduk Ibukota Jakarta yang mengunakan jasa angkutan umum maka persepsi buruk mengenai angkutan umum dapat berubah menjadi angkutan umum Jakarta yang aman dan nyaman untuk digunakan selama berpergian.

Pengirim:

Ervina Olivia Deng

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya keCitizen6@liputan6.com.

Mulai Selasa, 9 Mei  2014 sampai dengan 25 Mei 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Pengalaman Pertama Berinternet". Ada 2 router DLink (DIR-605L) untuk 2 orang pemenang  dan 4 merchandise ekslusif dari Liputan6. com. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.  Program menulis bertopik kali ini disupport oleh @DlinkID


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.