Sukses

Lagi, Mahasiwa RI Jadi Lulusan Terbanyak di University of Sydney

Wisudawan Indonesia berjumlah 12 mahasiswa,

Citizen6, Jakarta Universitas ternama di Australia, Universitas Sydney kembali mewisuda 80 mahasiswa asing peserta berbagai program bea siswa Australia yang berasal dari 42 negara yang dihadiri oleh Konsulat Jenderal Indonesia dan konsulat-konsulat lainnya di Sydney serta pengurus rektorat universitas, para orang tua dan pejabat pemerintahan Australia.

Yang membanggakan dalam acara wisuda yang dilaksanakan pada hari Rabu, 26 November lalu, wisudawan Indonesia kembali menjadi wisudawan terbanyak untuk tahun 2014 sejak Juni lalu. Wisudawan Indonesia berjumlah 12 mahasiswa, ditempat kedua terbanyak mahasiswa asal Filipina 6 orang dan mahasiswa asal Nigeria berjumlah 5 orang ditempat ketiga.

Tak kurang Michael Spence, Wakil Rektor Universitas Sydney dalam sambutannya kembali menyanjung mahasiswa Indonesia yang menjadi lulusan terbanyak. Menurut Spence pencapaian para wisudawan ini bukan hanya kebanggaan bagi Univeristas dan orang tua mereka tetapi juga kebanggaan buat negara asal wisudawan tersebut. Michael Spence juga menyampaikan penghargaan kepada Konsulat Indonesia selaku perwakillan negara Indonesia di Sydney yang telah ikut memperhatikan perkembangan mahasiswa Indonesia yang mengambil studi Sydney.

Kemudian pada hari Jumat, 28 November 2014 lalu, bertempat di Sydney Cricket Ground, Kantor Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia menyelenggarakan acara wisuda bagi mahasiswa asing peserta program bea siswa dari berbagai perguruan tinggi se New South Wales.

Dalam acara ini lagi-lagi mahasiswa Indonesia yang diwisuda menduduki rangking terbanyak dari mahasiswa negara-negara lain dengan jumlah 26 wisudawan, disusul oleh mahasiswa asal Filipina berjumlah 17 orang  dan mahasiswa asal Vietnam berjumlah 17 orang. Ditempat ke empat, mahasiswa asal Fiji, berjumlah 9 orang.

Para mahasiswa yang menghadiri acara penghargaan ini berasal dari University of Sydney, University of New South Wales (UNSW), Macquarie University, University of Western Sydney, University of Technology Sydney (UTS), University of Wollongong, University of Newcastle, TAFE Sydney.

Lulusan wisudawan Indonesia terbanyak di University of Sydney pada tahun 2014 bukan hanya pada kali ini saja, namun  pada acara wisuda tanggal 27 Juni 2014 lalu, jumlah mahasiswa Indonesia peserta berbagai program bea siswa juga menempati posisi terbanyak berjumlah 13 orang dari 43 mahasiswa dari berbagai negara.

University Sydney merupakan universitas ternama di Australia dan universitas pertama yang didirikan di Australia pada tahun 1850. Universitas ini telah melahirkan pemimpin-pemimpin penting Australia. Perdana Menteri Tony Abbot dan beberapa mantan Perdana Menteri seperti John Howard, Gough Whitlam, mantan Gubernur Jenderal John Kerr dan William Deane merupakan para alumni dari Universitas Sydney. Universitas ini memiliki kualitas sumberdaya sebagai universitas terbaik peringkat ke-27 perguruan tinggi di dunia.

Pengirim:

Nicolas Manoppo, Konsul Pensosbud KJRI Sydney

Video Terkini