Sukses

7 Gunung Tertinggi di Tata Surya

Gunung-gunung ini mempunyai ketinggian yang fantastis. Apa saja?

Citizen6, Jakarta Selama ini, jika ditanya tentang gunung tertinggi, apa jawaban Anda? Everest? Hampir tepat. Sesungguhnya, selain Gunung Everest terdapat gunung-gunung lain yang lebih tinggi dari gunung tersebut.

Tinggi gunung-gunung tersebut terbilang mencengangkan. Tak heran, beberapa dari gunung tersebut disebut sebagai gunung tertinggi di tata surya. Lalu, apa saja gunung-gunung yang tertinggi di tata surya?

1. Olympus Mons

Gunung ini disebut-sebut sebagai gunung tertinggi di sistem tata surya kita. Olympius Mon mempunyai ketinggian 24 km dari permukaan Mars. Dengan kata lain, gunung ini tiga kali lebih tinggi dari Gunung Everest.

Gunung ini pertama kali ditemukan pada tahun 1971 saat pesawat ruang angkasa Amerika Serikat, Mariner 9, melakukan penyelidikan di Planet Mars. Lava gunung ini terus mengalir. Dasar gunungnya bahkan terus menerus turun sedalam 2 km ke arah kerak setiap tahunnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Bubungan Khatulistiwa

2. Bubungan Khatulistiwa

Satelit terbesar ketiga Planet Saturnus, Lapetus, mempunyai salah satu puncak tertinggi di tata surya. Bubungan Khatulistiwa memiliki tinggi 20 km. Bubungan ini ditemukan oleh pesawat ruang angkasa Cassini pada tanggal 31 Desember 2004.

Meski pembentukan punggung pegunungan ini masih diperdebatkan, namun telah disepakati bahwa bubungan kuno ini terbentuk karena permukaan yang berkawah-kawah. Tonjolan ini sangat mencolok sehingga membuat Lapetus tampak seperti buah kenari.

3 dari 7 halaman

Pegunungan Boösaule

3. Pegunungan Boösaule

Gunung ini terletak di Io, salah satu satelit Jupiter dan merupakan satelit terbesar keempat di tata surya. Boösaule dikenal sebagai gunung tertinggi non-vulkanik dari sistem tata surya. Dengan ketinggian 17.500 m, gunung ini menjadi salah satu gunung tertinggi di tata surya.

4 dari 7 halaman

Pegunungan Maxwell

4. Pegunungan Maxwell

Titik tertinggi di Planet Venus ini memiliki ketinggian sekitar 11.000 m. Gunung Maxwell terletak di dataran tinggi Ishtar Terra. Gunung ini pertama kali ditemukan pada tahun 1967 oleh ilmuwan di Puerto Rico. Gunung ini diberi nama setelah James Clerk Maxwell berhasil mengeksplorasi permukaan Planet Benus dengan gelombang radio.

5 dari 7 halaman

Maune Kea

5. Maune Kea

Gunung berapi aktif terbesar di dunia ini terletak di sebelah utara Hawai. Tinggi Mauna Kea di atas permukaan laut adalah 4205 m, sedangkan bagian yang menghujam ke dalam laut tingginya 5547 m. Dengan kata lain, tinggi total Mauna Kea adalah 9752 m dan menjadikannya gunung tertinggi di dunia. Puncaknya tertutup salju dan terakhir kali aktif adalah 4000 tahun yang lalu.

6 dari 7 halaman

Gunung Everest

6. Gunung Everest

Gunung yang terletak di antara Nepal dan Tibet ini memiliki ketinggian 8848 m. Puncak gunung ini senantiasa tertutup salju. Gunung ini diberi nama sesuai penemunya, Sir George Everest pada tahun 1865.

7 dari 7 halaman

K-2 atau Godwin Austin

7. K-2 atau Godwin Austin

Gunung yang satu ini memiliki ketinggian 8611 m di atas permukaan laut dan terletak di barat laut wilayah Karakoram, perbatasan Pakistan dan Cina. Gunung ini dikenal pula sebagai gunung pembunuh karena tingkat kematian yang tinggi.

Nama K-2 diberikan oleh Thomas Montgomerie saat ia mengamati wilayah Karakoram dan memberi label per puncak yang menonjol. Tak ada yang berani mendaki gunung ini selama musim dingin karena amat berbahaya.

Menakjubkan, bukan? Tertarikkah Anda mendakinya?

 ***Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini