Sukses

Situs Buyut Banjar, Tempat 41 Monyet Kutukan

Situs yang satu ini memang mempunyai banyak misteri. Apa saja misteri yang tersembunyi di tempat ini?

Citizen6, Jakarta Jika Anda melintas di jalan Jatibarang menuju Karangampel, Anda akan menemukan sebuah makam di pinggir jalan bertuliskan Situs Buyut Banjar. Situs ini terletak di Desa Bulak Kidul Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu Jawa Barat. 
 
Di tempat ini masyarakat sekitar pasti sudah mengetahui tentang legenda monyet banjar yang berjumlah tidak pernah kurang atau lebih hanya 41 ekor. Makam ini dikeramatkan oleh masyarakat sekitar dan ramai dikunjungi pada waktu-waktu tertentu seperti malam Jumat kliwon, Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. 

Masyarakat sekitar makam percaya bahwa 41 ekor monyet penghuni Banjar tersebut adalah prajurit yang terkena kutukan. Diceritakan pada masa pemerintahan Sunan Gunung Jati, hiduplah seorang patih bernama pangeran Surya Negara. Suatu hari dia mendapatkan perintah dari Sultan Cakra Buana untuk melihat dan sekaligus mengatasi musibah banjir di kawasan Kali Longga Trisna. Ditemani oleh prajurit dari kerajaan Gunung Jati, Pangeran Surya Negara pun berangkat. 

Ingin tahu cerita selengkapnya? Baca langsung di sini

Pengirim:

Blogger Mangga

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini