Sukses

"Bandung Spirit" dalam Kacamata Netizen

Di peringatan yang ke-60 ini, Bandung Spirit masih menjadi acuan dalam hubungan negara-negara KAA.

Citizen6, Jakarta Indonesia tengah berbenah diri dalam mempersiapkan kedatangan para Pemimpin Negara-Negara Asia Afrika yang akan berkunjung untuk memperingati Konfrensi Asia Afrika (KAA) yang ke-60. Sebagai tonggak sejarah perjuangan negara-negara yang baru merdeka untuk tidak terjebak dalam dua poros kekuatan dunia saat itu, KAA berhasil membuat deklarasi yang dikenal sebagai "Bandung Spirit".

Di peringatan yang ke-60 ini, Bandung Spirit masih menjadi acuan dalam hubungan negara-negara KAA. Dimana tema tahun ini akan lebih memfokuskan pada hubungan “selatan-selatan”, south to south relations dan kerjasama ekonomi.

Awesometrics melakukan pemantauan terhadap percakapan yang berkaitan dengan Konfrensi Asia Afrika dengan menggunakan beberapa katakunci berikut; Konfrensi Asia Afrika, Konferensi Asia Afrika, KAA dan Asia Africa Confrence.

Waktu yang digunakan untuk memantau percakapan ini yaitu selama seminggu, dimulai dari 9 April-16 April 2015. Dengan menggunakan kanal media online dan Twitter, Awesometrics berusaha untuk mengungkapkan isu apa yang paling banyak diperbincangkan mengenai Asia Afrika serta melihat seberapa besar “Bandung Spirit” diamini oleh para pewarta  dan pengguna sosial media (netizen).

Selama periode pemantauan, Awesometrics berhasil merekam pembicaraan mengenai KAA baik di media online maupun twitter sebanyak 66.207 mentions. Hal ini membuktikan bahwa peringatan KAA tahun ini telah berhasil meraih perhatian publik.

Sebanyak 92% percakapan mengenai KAA di dominasi oleh pengguna Twitter. Jejaring Twitter sebagai salah satu media untuk mengaktualisasi diri penggunanya, dapat memberikan informasi yang berharga kepada kita, apakah “Bandung Spirit” itu dipahami oleh netizen.

Jelang akhir pekan ini, percakapan di twitter terlihat meningkat, beda dengan pemberitaan, sejak 15 April, mention oleh media online malah menurun:
 
Kerja keras warga Bandung yang dikomandani sang Walikota, Ridwan Kamil, diapresiasi oleh publik. Sehingga, twit-twit Ridwan Kamil tentang proses persiapan menyambut KAA adalah paling banyak dipilih untuk diretweet. Lalu, pengumuman oleh pihak aparat dan pujian dari Wakil Presiden Jusuf Kalla terhadap kinerja Ridwan Kamil juga mendapat simpati dari netizen, yang meyakinkan bahwa KAA akan berlangsung aman dan lancar.

Salah satu cara untuk melihat pola percakapan di Twitter dengan menggunakan fitur Top Users by Impact  dan most retweeted statuses. Dilihat dari pola percakapan dari akun yang paling banyak terhadap isu KAA, masih didominasi oleh akun-akun portal berita. Hal ini berarti penyampaian isu yang berkembang mengenai KAA di Twitter masih merujuk pada artikel yang dikeluarkan oleh media, dengan katalain media lah yang mengiring isu mengenai KAA  Twitter.

Hal ini juga menandakan bahwa esensi dari Peringatan KAA ini bagi netizen Indonesia masih banyak dipandang sebagai selebrasi. Pernyataan ini didukung juga dari pola percakapan di most retweeted statuses. Dimana isu yang paling banyak diangguki oleh netizen mengenai acara beberes  Kota Bandung yang digawangi oleh Ridwan Kamil. Sementara isu yang berkaitan dengan tema perayaan tahun ini, belum terlihat di percakapan Twitter.
 
Sedangkan mengenai  topik yang paling banyak diperbincangkan di media online Indonesia, berkaitan dengan menjelang persiapan peringatan KAA. Mulai dari pengawalan konferensi sampai kepada suvernir batu akik.  

Penulis:

Fitria Risdayani

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.