Sukses

#RI70 Nasib Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu

Begitu menginjak pintu gerbang, barulah tersadar jika rumah yang terlihat biasa-biasa saja tersebut ternyata luar biasa.

Citizen6, Jakarta Rumah pengasingan Bung Karno terlihat tidak ada yang istimewa, sama seperti rumah-rumah lainnya. Berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta. Dahulu, jalan ini bernama Jalan Jeruk, Kelurahan Anggut Atas, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu. Dari tempat saya menginap kurang lebih jaraknya sekitar 15 menit perjalanan. Lokasinya di pusat kota jadi mudah ditemukan.

Begitu menginjak pintu gerbang, barulah tersadar jika rumah yang terlihat biasa-biasa saja tersebut ternyata luar biasa. Saya jadi teringat pelajaran sejarah mengenai pengasingan Bung Karno di Bengkulu.

Setelah diasingkan di Ende, Flores, Bung Karno diasingkan di Bengkulu dan menempati rumah tersebut dari tahun 1938 hingga 1942. Di Bengkulu, Sang Proklamator kemudian bertemu dengan Fatmawati, gadis asli Bengkulu yang kemudian menjadi istri beliau sekaligus sang penjahit Bendera Sang Saka Merah Putih saat Proklamasi 17 Agustus 1945.

Selengkapnya

Penulis:

Ali Muakhir

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini