Sukses

Pengakuan Pilu Polisi Penemu Jasad Aylan Kurdi

Polisi yang menemukan jasad Aylan Kurdi akhirnya angkat bicara

Citizen6, Jakarta Aylan Kurdi, foto jasadnya menyebar di seluruh dunia dan menerbitkan belas kasih sekaligus murka penduduk bumi. Jasad Aylan Kurdi ditemukan oleh seorang polisi di pantai Bodrum, Turki.

Mehmet Ciplak, nama sang polisi tersebut, angkat bicara bagaimana perasaannya saat menemukan jasad bocah tersebut. Polisi tersebut menggambarkan bagaimana ia berdoa saat melihat jasad Aylan di kejauhan.

"Saat aku melihat ia 'tertidur' di pantai, aku mendekatinya sambil berkata pada diri sendiri: Tuhanku, semoga ia masih hidup," ujar Mehmet sebagaimana dilansir dari Mirror.co.uk, Senin (07/09/2015).

"Saat aku menemukan ia telah tiada, hatiku terasa hancur." Mata Mehmet menerawang, membayangkan saat ia menemukan jasad Aylan.

"Itu adalah pemandangan yang mengerikan. Kehilangan yang memilukan."

Hampir tak bisa mengoperasikan kamera saat Nilufer Demir mengambil potret Aylan Kurdi.

Mehmet menambahkan bahwa ia tak tahu kalau fotonya yang mengangkat jasad Aylan menyebar ke seluruh dunia. Ia tak melihat fotografer saat itu dan ia tak tahu kalau seseorang mengambil fotonya.

"Aku hanya melakukan pekerjaanku."

Aylan, kakaknya Gylip, serta ibunya Rehan, tewas saat perahu mereka terbalik ketika berusaha mengungsi dari daerah konflik. Nyatanya tak hanya mereka bertiga yang tewas saat berusaha mengungsi dari daerah konflik.

Konflik berkepanjangan di Suriah mendorong masyarakat mengungsi ke daerah-daerah Eropa. Sayang, perjalanan tak mudah. Banyak yang tewas di tengah perjalanan.

mirror.co.uk

Foto Aylan yang tewas dengan posisi tertidur di tepi pantai telah menimbulkan kemarahan banyak orang. Menuntut para pemimpin dunia untuk tidak menutup mata akan apa yang terjadi di Suriah sana. (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Punya cerita menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini