Sukses

MeetUp Seru Komunitas Coursera Indonesia IDCourserians

MeetUp seru komunitas coursera Indonesia IDCourserians di Forum Liputan6

Citizen6, Jakarta Mengawali tahun 2016, komunitas coursera Indonesia MOOC (Massive Open Online Course) IDCourserian akan mengadakan pertemuan yang dikemas dengan bentuk FGD (Focus Group Discussion). Apa itu MOOC? MOOC adalah Massive Open Online Course yang memiliki makna sebuah pembelajaran online besar dan terbuka yang dapat diakses berbagai siswa dari seluruh dunia. Sedangkan FGD adalah diskusi kelompok terarah untuk memperoleh masukan atau informasi mengenai suatu tema yang bersifat lokal dan spesifik. Acara komunitas coursera Indonesia di Forum Liputan6 kali ini akan menggunakan format FGD.

Acara yang bersifat santai ini melibatkan para pencetus dan komunitas coursera Indonesia yakni IDCourserian. IDCourserian sendiri adalah komunitas lokal Indonesia untuk peserta pembelajaran daring MOOCS dari situs corsera.org. Komunitas yang dicetuskan oleh Desmand Hidayat dan Andrea K. Iskandar pada awal 2012 ini telah 36 kali melakukan pertemuan di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Tercatat, terhimpun anggota aktif 491 orang yang berdiskusi melalui media sosial dan Forum Liputan6. Khusus di Forum Liputan6, IDCourserians membuat artikel thread diskusi yang bisa diikuti ditautan ini.


Februari menjadi bulan pembuka untuk pertemuan komunitas coursera Indonesia ke-37, yang dikemas melalui kegiatan Forum Liputan6 CommunityMeetUp. CommunityMeetUp adalah wadah untuk komunitas yang berada di Forum Liputan6 mengadakan pertemuan, workshop atau seminar dengan tema beragam yang aktual. Kamu bisa ikut berpartisipasi dengan melalui tagar #CommunityMeetUp di Twitter dan Facebook untuk mendukung acara ini.


Khusus untuk IDCourserian, agenda #CommunityMeetUp akan dilaksanakan pada :
Hari & Tanggal : Sabtu, 6 Februari 2016
Waktu             : 14.00 - 17.00 WIB
Tempat            : Firefox Room, Redaksi Liputan6.com Lantai 14 SCTV Tower
                          Jl. Asia Afrika Lot 19 Jakarta 10270
                          telp. (62-21) 722 96 90

Dengan tema Getting to Know the New Coursera: 2016 yang dipandu oleh Andrea K. Iskandar.

Sebagai catatan, pembelajaran online dari situs coursera.org sampai saat ini telah diikuti oleh 17 juta peserta dari seluruh dunia dengan 1.761 subyek studi dan 147 universitas terkemuka sebagai mitra pendidikannya. Universitas terkemuka yang tergabung di coursera.org di antaranya adalah Stanford University dan The University of Chicago dari Amerika Serikat. Untuk wilayah Asia Tenggara, National University of Singapore dan Nanyang Technological University dari Singapura aktif memberikan subjek kuliah bidang teknologi dan sosial.

Pemandu diskusi adalah Andrea K. Iskandar, yang merupakan salah satu pendiri komunitas coursera Indonesia IDCourserians dengan latar belakang pendidikan tinggi dan pembelajaran jarak jauh. Ia menyelesaikan master bisnis dari South China University of Technology, setalah sebelumnya menyelesaikan strata satu di Universitas Bina Nusantara program studi Industrial Engineering and Information Systems.

Selain dua universitas tersebut, ia juga menyelesaikan program Master of Divinity bidang teologia dengan gelar M.Div. dari Theology Cipanas Theological Seminary. Juga program Master of Education yang diselesaikan dengan gelar M.Ed., di Universitas Pelita Harapan. Untuk bidang filsafat, ia menamatkan Non-Degree Matriculation Program di Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara (STF Driyarkara).

Acara ini dapat dihadiri secara gratis dengan sebelumnya melakukan registrasi di thread komunitas coursera Indonesia IDcourserians melalui tautan ini. Pertanyaan tentang jalur kendaraan, tema atau apaun dapat dipost di thread tersebut setelah sebelumnya melakukan registrasi gratis member Forum Liputan6.

Komunitas coursera Indonesia ini melakukan meetup dengan suasana santai, jadi tidak perlu menggunakan pakaian formal saat mengikutinya. Cukup gunakan kaos, celana jeans dan sepatu saat menghadiri acara tersebut.

Sampai bertemu dengan komunitas coursera Indonesia di  CommunityMeetUp Forum Liputan6, ya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini