Sukses

Mengenang Perjalanan Manusia Perahu di Kampung Vietnam

Tidak banyak yang tahu, jika di Batam ada pulau yang pernah disinggahi pengungsi Vietnam pada saat perang Vietnam tahun 1975-1996.

Citizen6, Jakarta Tidak banyak yang tahu, jika di Batam ada pulau yang pernah disinggahi pengungsi Vietnam pada saat perang Vietnam tahun 1975-1996. Sekitar 250.000 penduduk Vietnam mengungsi karena ingin aman dari peperangan. Tepatnya di Pulau Galang, Desa Sijantung, Kecamatan Galang.

 

Sejak pesawat membawa saya dari Bandung menuju Batam, salah satu yang ada di kepala saya adalah mengunjungi pulau tersebut. Sekadar untuk mengingat dahulu bangsa kita dengan tangan terbuka menerima pengungsi Vietnam. Sekadar menyadarkan diri, jika perang akan mengakibatkan kesengsaraan rakyat sipil, perang saudara sekali pun.

Makanya, sehari setelah saya berada di Batam untuk mengisi sebuah seminar kepenulisan, saya langsung menuju Pulau Galang. Kebetulan, ada teman yang menjadi petunjuk jalan. Backpacker singkat saya menuju Pulau Galang pun dimulai setelah matahari sedikit condong ke barat.

Selengkapnya

Pengirim:

Ali Muakhir

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini