Sukses

Kontes Ikan Cupang Meriahkan Intechnoculture Unpad

Salah satu kegiatan dalam Padjadjaran Betta Contest adalah kontes ikan cupang

Liputan6.com, Jakarta Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai ikan Cupang khususnya dan budidayanya, Komunitas Mahasiswa Budidaya (Karamba) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Padjadjaran bekerjasama dengan Parahyangan Betta Community (PBC) menggelar kegiatan tahunan Padjadjaran Betta Contest.

Tahun 2016 merupakan tahun ketiga penyelenggaraan Padjadjaran Betta Contest, dan pada penyelenggaraan kali ini 3 rangkaian acara digabung dalam satu acara besar, yaitu Intechnoculture.

kontes ikan cupang di unpad

Kegiatan yang bertujuan mempererat jalinan kerjasama antar penggemar ikan cupang ini, memberikan pemahaman terhadap masyarakat mengenai ikan cupang, dan mengedukasi masyarakat sejak dini mengenai ikan.

"Diharapkan melalui kegiatan ini, Karamba FPIK Unpad dapat meningkatkan pemahaman dan minat masyarakat mengenai ikan. Salah satunya dengan diadakan kontes ikan cupang.

Selain itu, dengan adanya kegiatan ini, kami dapat meningkatkan roda kehidupan para pembudidaya ikan cupang,” ujar Ketua UKMF Karamba FPIK Unpad, Sudarsa Detrik.

kontes ikan cupang di unpad

Dosen FPIK Unpad sekaligus pembina UKMF Karamba FPIK Unpad, Ujang Subhan, mengatakan banyak manfaat yang diperoleh dengan diadakannya kontes cupang, diantaranya proses pembelajaran bagi mahasiswa untuk menyelenggarakan sebuah event yang terkait dengan perikanan.

Manfaat lainnya, utuk membangun kerjasama dengan para pembudidaya ikan terutama ikan hias cupang, sekaligus menginformasikan kepada masyarakat mengenai FPIK Unpad.

kontes ikan cupang di unpad

Kontes ikan cupang ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi kota Bandung dan kota-kota besar lainnya untuk menjadi kota unggulan ikan hias di Indonesia.

Ditambah dengan adanya rencana pembukaan Bandara Kertajati Majalengka yang dapat meningkatkan kegiatan ekspor-impor ikan hias terutama bagi warga Sumedang yang dapat meningkatkan pendapatan sehingga kesejahteraan masyarakat meningkat.

kontes ikan cupang di unpad

“Kontes ikan cupang terdiri dari 57 kategori dengan 5 kelas yaitu Kelas Serit, Halfmoon, Plakat, Giant (Super Junior, Junior, Senior) dan Baby (Serit, Halfmoon, Plakat).

Kontes ini memperebutkan Piala Rektor Universitas Padjadjaran dan uang pembinaan. Pemberian hadiah diberikan kepada peraih juara 1, 2 dan 3 untuk setiap kategorinya, juara pada setiap kelas (grand champion), dan juara umum pada semua kategori” ujar Ujang Subhan.

Penulis:

Aisyah Dwi Nurhidayah Ramadhan (mahasiswa FPIK Unpad)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini