Sukses

Terlalu Lama Ditahan, Kentut Bisa Keluar dari Mulut

Napasmu bau? Mungkin hal tersebut termasuk dari efek menahan kentut.

Liputan6.com, Jakarta Kentut merupakan hal normal dan alamiah yang terjadi pada tubuh. Meski mengeluarkan bau tak sedap dan mampu bikin malu, tapi mengeluarkannya bisa dibilang merupakan suatu keharusan dari segi kesehatan.

Rata-rata orang bisa menghasilkan kentut 0,5 hingga 1,5 liter gas dalam sehari. Kentut sendiri merupakan reaksi yang menyehatkan karena mengeluarkan gas berlebih dari saluran cerna.

Namun dalam situasi tertentu, tidak mengherankan kalau sebagian besar orang mungkin menahannya. Efeknya mungkin tak baik untuk tubuh, namun menurut para ahli gas tersebut bisa keluar melalui beberapa tempat yang mengejutkan.

"Menahan kentut terlalu lama menyebabkan pembentukan gas pada usus yang bisa keluar secara tak terkendali," ujar Clare Collins, seorang profesor di bidang nutrisi dan diet di University of Newcastle, Australia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara terbaik yakni membiarkan kentut

Dilansir dari Mirror, menahan kentut atau gas turut membuat gas dalam tubuh bersirkulasi di dalam tubuh. Ada kemungkinan dapat menyebabkan pembentukan gas pada usus yang dapat memicu terjadinya distensi abdomen.

Hal itu merujuk pada insiden dimana gas diserap kembali ke dalam sirkulasi pernapasan, hingga akhirnya keluar melalui napas. Jadi mungkin akan sedikit mengejutkan kalau napas Anda terasa bau.

Namun napas bau sebenarnya bukan menjadi masalah besar, kalau menahan kentut bisa berdampak pada kerusakan organ. Collins menjelaskan bahwa menahan kentut juga menyebabkan kondisi diverticulitis, di mana kantong kecil dalam lapisan usus menjadi meradang.

Meski kedua dampak itu belum bisa dibuktikan secara kuat. Kentut merupakan kebutuhan fisiologis manusia. Dalam sehari saja orang bisa 15 kali kentut sebagai bagian dari pencernaan manusia.

Saran satu-satunya untuk mengatasi kentut yakni membiarkannya. "Jika Anda merasakan volume besar gas dari usus cobalah untuk pindah ke lokasi yang lebih nyaman. Itu adalah hal terbaik untuk kesehatan pencernaan Anda, yang perlu Anda lakukan hanya membiarkannya," saran yang dianjurkan Collins.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.