Sukses

Selain Sapu, Begini Cara Simpel dan Aman Bersihkan Pecahan Beling

Pecahan kaca dapat berbahaya, begini cara aman membersihkannya.

Liputan6.com, Jakarta - Membersihkan beling bisa jadi hal yang berbahaya. Tak hati-hati, tangan atau anggota badan lain bisa terluka.

Pecahan kaca ukuran besar mungkin bisa lebih mudah dibersihkan dan dibuang. Namun, beling kecil bisa lebih sulit dibersihkan. Tak teliti, beling bisa tertinggal di lantai atau karpet dan membahayakan nantinya.

Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Seperti melansir dari Thekitchn, Minggu (11/8/2019), berikut cara membersihkan beling selain menggunakan sapu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tahap awal

Gelas, piring, kaca, bohlam, cermin atau bahan lainnya yang jatuh bisa menjadi pecahan dan menyebar ke beberapa ruangan. Ketika hal itu terjadi, pastikan orang-orang, khususnya anak-anak tidak mendekati area itu.

Setelah Anda siap membersihkannya, Anda perlu melindungi tangan dan kaki Anda. Gunakan sarung tangan seperti yang berbahan karet dan alas kaki.

Anda bisa mulai membersihkan dari pecahan kaca yang besar dan memisahkannya ke tempat aman untuk dibuang. Dalam tahap ini, Anda juga bisa menggunakan sapu. Selanjutnya, sisa pecahan kaca yang kecil bisa Anda bersihkan dengan beberapa alat berikut.

3 dari 4 halaman

Kentang, Roti, dan Tisu

1. Kentang

Caranya, ambil kentang mentah atau sayuran sejenisnya seperti ubi. Potong menjadi dua bagian. Tekan potongan kentang itu ke pecahan kaca yang ada di lantai atau karpet.

2. Roti

Anda juga bisa menggunakan roti tawar untuk membersihkan beling. Roti yang empuk dapat membuat beling menempel. Caranya mirip dengan menggunakan kentang. Tekan roti ke lantai tempat pecahan beling.

3. Tisu

Ambil beberapa tisu dan lipat menjadi beberapa bagian. Pastikan cukup tebal hingga beling tidak tembus dan melukai tangan Anda. Cara kerjanya mirip dengan kentang dan roti. Tekan lipatan tisu pada tempat jatuhnya pecahan kaca. Beling pun akan menempel dan terangkat.

4 dari 4 halaman

Selotip dan sikat

4. Selotip

Usahakan gunakan selotip yang tebal dan lebar untuk menghindari tangan terkena pecahan kaca. Caranya, cukup tempelkan selotip pada lantai atau karpet tempat pecahan kaca bertebaran.

5. Sikat untuk kaca yang menempel di karpet

Jika pecahan kaca jatuh dan bertebaran di karpet dan sulit terjangkau, Anda juga bisa menggunakan sikat untuk membersihkannya.

Sikat dapat membuat beling terangkat ke permukaan. Anda pun bisa mengaplikasikan empat cara sebelumnya untuk membantu membersihkannya setelah beling terangkat ke permukaan.

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.