Sukses

Kencan Dua Kali Seminggu Bantu Bangun Hubungan Asmara Lebih Kuat, Ini 4 Alasannya

Tidak selamanya sering bertemu dengan pasangan membuat hubungan lebih erat. Berikut intensitas kencan yang sebaiknya dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam satu titik, Anda percaya Anda telah menemukan satu sosok yang dianggap belahan jiwa. Anda ingin bersamanya setiap saat. Ingin sering bertemu dan menghabiskan waktu bersamanya.

Namun tahukah Anda, penelitian menunjukkan bahwa sebenarnya dua kencan/pertemuan per minggu sudah lebih dari cukup. Berikut alasannya mengapa durasi sekian dapat membantu Anda membangun hubungan yang lebih baik dan tahan lama seperti dilansir dari Bright Side.

1. Mencegah ikatan buatan

Scott Carroll, psikiater dan penulis dari Don’t Settle: How to Marry the Man You Were Meant For, menandai pentingnya berpegang teguh pada 2 kencan per minggu di awal. Menurut Carroll, sering bertemu satu sama lain juga dapat menyebabkan kecemasan, yang dapat menyebabkan masalah dan merusak hubungan yang berpotensi baik.

Anda mungkin mendorong diri Anda ke dalam hubungan yang tak sehat, dibutakan oleh ikatan emosional. Memberi Anda beberapa waktu di antara kencan Anda akan membantu memberi Anda pandangan yang lebih jelas tentang hubungan Anda yang baru dimulai.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Membuat ruang pribadi bagi diri Anda pribadi

Menurut penelitian Prof. Dr. Terri Orbuch yang disebut “The Early Years of Marriage Project,” tingkat perceraian lebih tinggi di antara pasangan yang memiliki masalah privasi daripada pasangan dengan pernikahan yang tidak bahagia atau masalah keintiman fisik. Jika Anda ingin berkomitmen untuk hubungan jangka panjang, penting untuk menjalani kehidupan pribadi Anda seperti yang Anda inginkan.

Saat berada dalam suatu hubungan, Anda harus mempertahankan individualitas dan kebebasan Anda, daripada terlalu mengandalkan orang lain. Untuk mencapai hal ini, luangkan waktu beberapa hari dari satu sama lain, jelaskan tentang kebutuhan Anda, terutama ketika Anda mengenal seseorang yang baru.

 

3 dari 4 halaman

3. Memberi waktu untuk saling mengenal dengan lebih baik

Anda tak perlu terburu-buru dalam hubungan untuk mengenal seseorang lebih baik. Jika itu seharusnya bertahan, yang terbaik adalah bersantai dan menikmati waktu Anda bersama sepenuhnya. Memberi waktu bagi masing-masing pihak untuk memiliki waktu sendiri membuat Anda tak perlu melewatkan hari-hari terbaik yang Anda miliki sebagai pasangan dan khawatir tentang masa depan.

 

4 dari 4 halaman

4. Memungkinkan Anda untuk membangun persahabatan

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 menunjukkan bahwa pasangan yang menggambarkan satu sama lain sebagai "teman dekat" mempertahankan hubungan yang lebih baik, dibandingkan dengan mereka yang berpikir bahwa mereka adalah "belahan jiwa."

Meskipun itu tidak terdengar seperti plot film romantis, terhubung dengan tingkat pribadi pertama dapat membantu Anda memiliki hubungan seumur hidup. Saat Anda bertemu seseorang yang spesial, cobalah untuk mengenalnya lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini