Sukses

10 Fobia Paling Umum di Dunia, Kamu Pasti Punya Salah Satunya

Ini merupakan fobia-fobia paling umum yang ada di dunia

Liputan6.com, Jakarta Tiap orang memiliki ketakutan berlebihan akan hal-hal yang berbeda. Ketakutan yang berlebihan ini umum dikenal sebagai fobia. Fobia terkadang sampai-sampai membuat Anda tak berani untuk keluar rumah.

Berikut ini adalah fobia-fobia paling umum yang dialami oleh kebanyakan orang. Melansir dari Shared, ini dia.

1. Fobia ruang sempit

Biasa dikenal sebagai claustrophobia. Sebanyak 43% orang mengatakan bahwa mereka setidaknya sedikit takut bila harus terjebak di ruang sempit selama periode waktu tertentu.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Fobia jarum suntik atau benda-benda berujung runcing

Sebanyak 24% mengaku bahwa mereka takut dengan jarum suntik. Ini dikenal sebagai trypanophobia dan bahkan tidak dikenali sampai tahun 1994. Belum diketahui penyebabnya, beberapa orang menduga ini berkaitan dengan genetika.

3. Ular

Sebanyak 53% orang mengatakan bahwa mereka takut pada ular. Ini merupakan ketakutan paling umum kedua pada manusia.

 

3 dari 6 halaman

4. Kerumunan orang

Ada sekitar 21% orang yang mengaku bahwa mereka setidaknya takut berada di sekitar kerumunan besar. Ini biasa disebut agorafobia dan bisa sangat parah. Serangan panik adalah gejala paling umum dari ketakutan ini.

5. Tikus

Musophobia adalah ketakutan keenam yang paling umum pada manusia. Setidaknya 26% orang takut pada tikus.

Sangat sedikit penelitian yang dilakukan dalam bidang ini, tapi beberapa teori mengatakan ini merupakan respon kondisi untuk terkejut dan ada juga karena klaim bawah sadar bahwa tikus adalah sumber penyakit.

 

4 dari 6 halaman

6. Berbicara di depan umum

Glossophobia adalah fobia paling umum ketika di antara populasi umum. Sebanyak 53% orang mengaku takut untuk melakukan ini.

Secara realistis, itu cukup menakutkan. Bayangkan saat Anda berada di depan kerumunan orang baik yang dikenal atau tidak, ini membuat Anda rentan dan siap dihakimi. Ini adalah jenis ketakutan yang bisa ditaklukkan dengan latihan dan kesabaran.

7. Naik pesawat terbang

Setidaknya 24% takut untuk naik pesawat atau biasa dikenal sebagai aviophobia/aerophobia. Ini tak ada hubungannya dengan ketinggian, melainkan lebih karena kurangnya kontrol yang Anda miliki atas situasi dan potensi pendaratan darurat.

 

5 dari 6 halaman

8. Badut

Beberapa orang menyebutnya sebagai coulrophobia. Sebanyak 12% orang mengaku takut pada badut. Beberapa peneliti percaya bahwa ini ada hubungannya dengan fakta bahwa badut hampir selalu tersenyum sehingga membuat orang gelisah.

9. Laba-laba

Sebanyak 42% orang mengaku takut pada laba-laba. Beberapa peneliti percaya bahwa itu ada hubungannya dengan cara laba-laba bergerak sementara yang lain berpikir karena bentuknya.

 

6 dari 6 halaman

10. Ketinggian

Sebanyak 58% orang mengaku takut pada ketinggian tertentu dan ini menjadi ketakutan paling umum di dunia. Acrophobia tampaknya berasal dari ketidakmampuan seseorang untuk menilai jarak dan dimensi vertikal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.