Sukses

Catnip dan 4 Aroma Wewangian Lainnya yang Disukai Kucing 

Pilih beberapa wewangian berikut ini yang tidak mengganggu kucing di rumah

Liputan6.com, Jakarta Seiring dengan seringnya menghabiskan waktu di rumah, tren penggunaan diffuser kembali booming. Bikin ruangan lebih wangi, tapi reaksi berbeda justru ditunjukkan oleh kucing kesayanganmu saat mencium aroma tertentu seperti citrun yang membuatnya menjauh. Punya indra penciuman 14 kali lebih baik daripada manusia, tidak ada salahnya memilih beberapa wewangian berikut ini tanpa mengganggu anabul di rumah.

Catnip

Nepeta cataria atau lebih dikenal sebagai catnip menghasilkan nepetalactone. Bahan aktif ini akan merangsang pikiran dan mendorong kucing untuk lebih aktif bermain. 

Setelah mencium aromanya, biasanya kucing akan cenderung menggeseknya, menjilat, memakannya, menunjukkan perilaku yang tak biasa, bahkan mendadak berlarian kencang. Uniknya, hal ini tidak semuanya dialami kucing, karena respon pada catnip bersifat genetik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Zaitun

Tanaman zaitun juga menghasilkan efek yang sama seperti catnip. Dipicu oleh zat aktif oleuropein, kucing yang mencium aromanya cenderung menggosokkan dirinya, memakan daunnya, hingga menunjukkan sikap yang lebih aktif. Beberapa kucing hanya tertarik pada daunnya, sementara yang lain lebih tertarik pada buah zaitun maupun minyaknya yang bikin anabul lebih aktif dan menyenangkan.

3 dari 5 halaman

Lavender

Jadi salah satu wewangian favorit manusia, aroma yang dikeluarkan oleh lavender juga menarik minat kucing untuk mengendus dan menggosokkan dirinya. Meskipun daya tariknya tak sebesar catnip atau zaitun, tapi bisa juga menggunakan aroma ini untuk menenangkan kucing yang tampak cemas dan lebih agresif. 

Dianggap terlalu menyengat bagi indra penciuman kucing yang sangat kuat, sebaiknya diencerkan atau gunakan dengan diffuser untuk mengurangi intensitas aroma lavender. Selain itu, hindari memberikannya tanamannya secara langsung, baik bunga atau daunnya, karena bisa beracun saat tertelan.

 

4 dari 5 halaman

Thyme

Sering digunakan sebagai salah satu bahan masakan, thyme bukan hanya menarik perhatian kucing tapi juga memberikan manfaat. Selain meningkatkan ketenangan, minyak esensial atau tanaman aromatik ini juga dapat dipakai untuk mengobati gangguan mata pada kucing seperti iritasi dan radang.

5 dari 5 halaman

Mint

Baik mint, basil, dan peppermint, ketiganya berasal dari satu family dengan catnip (Lamiaceae). Tidak heran jika aroma tanaman yang sering digunakan sebagai bahan makanan dan minuman ini juga disukai kucing. Saking kuatnya, aroma yang bisa meningkatkan stimulasi mental dan aktif bergerak ini terkadang bikin kucing kewalahan. 

Selain aroma wewangian di atas, ada juga aroma lain yang juga disukai kucing, yaitu makanan favoritnya. Terlebih jika kamu memberikannya Muezza Cat Food yang memiliki aroma lezat dengan varian rasa Ocean Fish, Tuna, Salmon, dan Mackerel dijamin bakal bikin nafsu makannya terjaga. Selain lahap makan, cat food ini juga mengandung nutrisi yang penting bagi kesehatan kucing, tentunya dengan kadar yang tepat dan seimbang.

Diolah dari bahan alami dengan bantuan teknologi modern, Muezza bebas dari bahan sintetik dan sudah tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Terjamin sehat dan optimal dalam mengurus kucing kesayangan, jangan tunda lagi niatmu untuk membeli Muezza. Segera pesan varian favorit anabulmu di Shopee dan Tokopedia!

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

(*/eth)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini