Sukses

Anak Tidak Nafsu Makan, Coba Berikan Ini

idak nafsu makan pada anak disebabkan oleh beberapa hal.

Liputan6.com, Jakarta Tidak nafsu makan pada anak disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari sakit, makanan yang tidak disukai sampai tampilan makanan yang tidak menggugah selera. Padahal anak membutuhkan kalori untuk beraktivitas sehari-hari.

Perlu diketahui, rata-rata, anak usia 2-3 tahun membutuhkan sekitar 1.000 kalori per hari, usia 4-8 tahun membutuhkan 1.200-1.800 kalori per hari, dan anak 9-13 tahun membutuhkan 1.600-2.200 kalori per hari.

Ika tidak terpenuhi, bisa saja menghambat tumbuh kembang anak. Nah, biar mengembalikan nafsu makan anak, berikut rempah – rempah yang bisa meningkatkan nafsu makan anak.

Jahe

Jahe dikenal sebagai rempah yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, jahe juga mampu meningkatkan nafsu makan anak. Kamu bisa menambahkan jahe pada makanan si anak.

Kencur

Kencur dikenal sebagai bahan untuk pembuatan jamu. Namun, kencur juga bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan. Dengan memberikan kencur secara rutin, anak akan mengembalikan nafsu makan anak.

Temulawak

Temulawak dikenal oleh banyak orang sebagai obat untuk meriang atau masuk angin. Tetapi rempah ini juga berkhasit untuk menambah nafsu makan anak. Selain itu, temulawak juga bermanfaat untuk mengatasi perut kembung dann mengobati peradangan usus.

Kayu manis

Rempah lainnya adalah kayu manis. Dengan aromanya yang harum, kayu manis bermanfaat pula untuk meningkatkan nafsu makan anak. Kamu bisa menaruh kayu manis pada camilan anak, kue misalnya.

Kamu juga bisa memberikan si kecil vitamin penambah nafsu makan. Pilihlah vitamin yang memiliki kandungan rempah - rempah di atas. Dengan begitu, nafsu makan anak akan bertambah dan mengoptimalkan tumbuh kembangnya. 

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.