Sukses

3 Cara Bijak Menghadapi Orang yang Judgemental

Cara menghadapi orang judgemental agar tidak memicu permusuhan.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam pergaulan, tentunya kita sering menemukan orang yang judgemental. Sangat mudah bagi kita untuk menilai dan menghakimi orang lain. Namun, bukan berarti kita harus melakukan hal tersebut atau membiarkan seseorang senang menghakimi. 

Kendati demikian, orang lain akan menilai kita dan kita semua pasti menyadari hal itu. Orang lain bisa menilai kita baik secara positif maupun negatif. Namun, kita bisa menilai sesuatu tanpa harus menghakimi.

Seseorang yang memiliki sikap judgemental tentunya hanya melelahkan Anda. Berikut ini lima cara yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi orang yang judgemental, seperti melansir dari Huffpost, Rabu (6/10/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Jangan terlalu diambil hati

Ketika Anda melakukan sesuatu, banyak individu yang sering mengomentari setiap hal yang Anda lakukan. Jika Anda mengalami hal tersebut, yang perlu Anda lakukan yakni mengabaikan komentar orang lain dan tetap fokus menjalankan kegiatan Anda. 

Jangan menganggap omongan orang lain terlalu serius. Bagi sebagian individu, biasanya hal ini memang sulit untuk dilakukan. Orang yang judgemental biasanya menganggap dirinya tahu segala hal dan bertindak seakan-akan mereka adalah orang yang paling benar.

Ketika Anda bisa mengabaikan komentar orang lain,  perkataan orang lain tidak akan mengganggu pikiran Anda dan kegiatan yang Anda lakukan. 

3 dari 4 halaman

2. Jangan percaya komentar mereka

Meskipun mereka mengkritik Anda, belum tentu apa yang mereka katakan adalah hal yang benar. Misalnya mereka mengatakan Anda bodoh, bukan berarti perkataan mereka benar dan orang lain memiliki pemikiran yang sama dengan mereka. 

Orang yang judgemental biasanya merasa bangga setelah menghakimi orang lain karena telah menjatuhkan orang lain untuk merasa dirinya lebih baik. Namun, jangan biarkan sikap judgemental mereka mempengaruhi Anda. 

4 dari 4 halaman

3. Hindari mereka

Orang-orang tersayang Anda tentu ingin , menginginkan yang terbaik untuk Anda dan selalu mendukung Anda. Jika mereka sering menghakimi atau menjelekkan Anda, mungkin sudah saatnya untuk menghindar. 

Jika orang-orang di sekitar Anda senang menghakimi hidup Anda, coba untuk memberi jarak dengan mereka. Misalnya, apabila orang tersebut adalah teman Anda di sekolah, tidak berarti Anda harus berbicara dengannya setiap hari.

Anda dapat menjaga jarak dengan mereka dan berbicara seperlunya saja. Dengan adanya jarak antara kalian, mungkin mereka akan lupa denganmu dan tidak mengkritik Anda lagi. 

 

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.