Sukses

Makna di Balik Gerakan Sholat, Wajib Dipahami Umat Muslim

Makna di balik gerakan-gerakan sholat.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap umat muslim wajib melaksanakan sholat 5 waktu. Kewajiban ini perlu dilakukan oleh semua umat muslim karena sholat adalah tiang agama.

Seorang muslim tidak boleh melaksanakan sholat dengan sembarangan. Perlu pemahaman secara jelas mengenai sholat agar diterima oleh Allah SWT.

Sholat dilaksanakan dengan sejumlah gerakan. Dimulai dengan takbiratul ikhram, rukuk dan sujud.

Dalam gerakan-gerakan sholat ternyata memiliki makna. Berikut dilansir Umma, Jumat (5/11/21) mengenai makna gerakan sholat.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makna Gerakan Sholat

Pertama-tama, gerakan sholat akan dimulai dengan mengangkat tangan ketika takbir, hal ini menunjukkan bahwa seorang hamba itu seakan-akan tenggelam dalam lautan kesalahan dan kemaksiatan.

Bacaan Al-Fatihah dan surah pendek adalah suatu teguran atau komunikasi antara seorang hamba dengan Allah SWT. Selanjutnya, makna ruku adalah seorang yang seakan-akan sedang melaksanakan sholat mengatakan, "akulah hamba-Mu dan sungguh aku telah menghamparkan tanganku kepadaMu."

Setelah melaksanakan ruku, seorang muslim akan berdiri disertai membaca "rabbana lakal hamdu," yang berarti suatu permohonan kepada Allah SWT agar dibebaskan dari segala dosa.

Makna dari sujud pertama yang diletakkannya dahi di atas tanah adalah seakan-akan seorang hamba berkata "dari tanahlah engkau menciptakanku." Lalu makna duduk di antara dua sujud adalah dari tanahlah kita berasal.

Makna dari sujud yang kedua adalah " di dalam engkau akan mengembalikanku (dikubur di dalam tanah ketika meninggal dunia). Adapun makna salam adalah doa "Ya Allah berikanlah aku catatan amalku dengan tangan kananku dan janganlah Engkau memberikan catatan amalku dengan tangan kiriku." 

Penulis:

Alicia Salsabila

3 dari 3 halaman

Infografis Waspada 5 Gejala Covid-19 pada Anak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.