Sukses

4 Manfaat Makan Pakai Tangan Bagi Kesehatan

Kebiasaan makan pakai tangan memiliki manfaat kesehatan daripada makan pakai sendok.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap negara memiliki kebiasaan masing-masing saat menyantap makanan. Makan menggunakan tangan memang lumrah dilakukan masyarakat di beberapa negara, seperti Indonesia dan India.

Namun bagi individu yang terbiasa makan menggunakan alat makan, menganggap bahwa makan pakai tangan terlihat jorok.

Padahal kebiasaan makan pakai tangan memiliki manfaat kesehatan daripada makan pakai sendok. Nah, penasaran apa saja manfaat makan menggunakan tangan? Berikut ulasannya seperti melansir dari Times of India, Jumat (4/3/2022).

1. Meningkatkan sirkulasi darah

Makan dengan tangan menjadi latihan yang bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah. Baik itu mencampur makananmu bersama-sama, atau membentuk gigitan, menggunakan tanganmu membuat sendi dan jarimu bergerak, yang setara dengan latihan tangan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Membantumu mempertahankan proporsi makanan

Makan dengan tangan adalah proses yang relatif lambat daripada makan dengan sendok. Dengan demikian, Anda tidak hanya menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengunyah makanan, tapi juga makan lebih sedikit dari jumlah yang biasanya Anda makan dengan sendok.

 

3 dari 4 halaman

3. Pencernaan lebih baik

Tangan, perut dan usus kita adalah rumah bagi beberapa bakteri yang dikatakan melindungi kita dari penyakit. 

Makan dengan tangan membantu bakteri ini masuk ke tubuh kita dan melindungi sistem pencernaan kita agar tidak terkena bakteri berbahaya. Pastikan Anda selalu mencuci tangan dengan sabun dan air sebelum makan.

 

4 dari 4 halaman

4. Bisa mencegah diabetes tipe-2

Makan dengan sendok dan alat makan berkolerasi dengan makan lebih cepat yang dikaitkan dengan ketidakseimbangan gula darah dalam tubuh. Ini akan menimbulkan diabetes tipe-2. 

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Nutrition, orang dengan diabetes tipe-2 lebih cenderung menjadi pemakan cepat yang menggunakan alat makan, dibandingkan dengan orang tanpa kondisi tersebut.

Telah terbukti bahwa makan dengan tangan bisa memperlambat proses makan dan dengan demikian, mencegahmu terkena diabetes tipe-2.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.