Sukses

6 Kebiasaan Sehari-hari yang Merusak Postur Tubuh Anda

Beberapa kebiasaan sepele yang kita lakukan setiap hari bisa berdampak negatif pada cara kita membawa diri.

Liputan6.com, Jakarta - Postur tubuh sangat penting tidak hanya untuk kesehatanmu, tapi juga untuk kesejahteraan emosionalmu.

Memiliki postur tubuh yang baik bisa mengurangi kelelahan, meningkatkan mood, dan bahkan membantu individu yang mengalami depresi. 

Namun, beberapa kebiasaan sepele yang kita lakukan setiap hari bisa berdampak negatif pada cara kita membawa diri. 

Berikut beberapa kebiasaan yang tampaknya tidak berbahaya tapi bisa merusak postur tubuhmu, seperti melansir dari Bright Side, Selasa (8/3/2022).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Memakai tas selempang

Mengenakan tas yang tidak seimbang di tubuhmu menjadi salah satu hal terburuk yang bisa merusak postur tubuhmu. 

Meski Anda tergoda untuk memilih tas terbesar sehingga Anda bisa membawa banyak barang, tapi semakin berat tasmu, semakin besar masalah yang ditimbulkan pada tulang belakangmu.

Saat Anda membawa tas di satu bahu dan beratnya tidak terdistribusi secara merata, itu bisa menyebabkan cedera leher dan bahu, postur tubuh yang buruk, bahkan sakit kepala.

 

3 dari 7 halaman

2. Meletakkan ponsel di antara telinga dan leher

Duduk di meja kantormu selama berjam-jam pada suatu waktu tidak membantu posturmu, tapi cara Anda duduk bukanlah satu-satunya hal yang bisa melukai tulang belakangmu. 

Memegang ponsel di antara bahu dan telinga bisa membantumu tetap bebas mengetik, tapi pada akhirnya itu bisa merusak punggung.

Leher dan bahu tidak dimaksudkan untuk menahan posisi ini untuk waktu yang lama, dan kebiasaan ini bisa meregangkan otot-otot di punggung atasmu, yang mempengaruhi posturmu.

 

4 dari 7 halaman

3. Menggunakan laptop

Meski laptop memungkinkanmu bekerja dari mana saja, lebih baik untuk mengatasi godaan untuk berlama-lama di kursimu. 

Membungkuk dan melihat ke layar bisa melelahkan ototmu dan pada akhirnya menyebabkan postur tubuh yang buruk.

Faktanya, terus-menerus melihat ke layar bisa membuat ototmu tegang sama seperti meletakkan beban 60 pon di lehermu, menurut sebuah penelitian.

 

5 dari 7 halaman

4. Menambahkan susu ke kopi

Susu dianggap sebagai bagian dari diet sehat, makanan ini bisa menyebabkan peradangan dan memperburuk nyeri punggung yang ada, yang pada gilirannya akan mempengaruhi posturmu. 

Kafein juga bisa mengatur lingkungan yang sempurna untuk nyeri punggung bawah dan bahkan menyebabkan nyeri punggung kronis.

 

6 dari 7 halaman

5. Tidur di bawah selimut tebal

Saat tidur di bawah selimut tebal memang terasa nyaman, tapi mengangkat dan mengaturnya saat Anda merapikan tempat tidur mengharuskanmu membungkuk dan menggunakan otot-ototmu. Untuk menghindari sakit punggung, pilih selimut yang lebih ringan.

 

7 dari 7 halaman

6. Memakai kacamata

Mengenakan kacamata yang salah bisa menyebabkan lehermu sakit, yang pada gilirannya akan memengaruhi posturmu. 

Ketika Anda memiringkan kepala ke belakang untuk melihat melalui bagian bawah lensamu, otot-otot di lehemu tegang, menyebabkan sesak.

Untuk mencegah rasa sakit, pastikan kepalamu tidak terlalu dekat dengan layar dan istirahatlah secara teratur untuk meregangkan atau berjalan-jalan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.