Sukses

5 Tips Agar Tidak Lemas dan Tetap Bertenaga Selama Puasa Ramadhan

Berikut ini beberapa tips agar Anda tidak lemas dan tetap bertenaga selama puasa Ramadhan

Liputan6.com, Jakarta Jutaan orang merayakan bulan suci Ramadhan tahun ini. Berpuasa di bulan suci Ramadhan, menjadi salah satu kewajiban yang harus ditunaikan mereka yang beragama Islam.

Puasa dilakukan dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Meski demikian, banyak orang yang mengaku bahwa mereka tidak yakin makanan terbaik untuk dimakan agar tubuh mereka tetap merasa kenyang selama berpuasa.

Menurut data dari Tesco, hampir 20 persen menginginkan panduan nutrisi selama Ramadhan, 20 persen lainnya mengatakan tingkat energi mereka sering berkurang sepanjang bulan, dan 16 persen mengaku sering merasa sangat lapar.

Melansir dari Independent.uk, koki Inggris kelahiran India Asma Khan memberikan tips terbaik untuk membuat Anda tetap berenergi sepanjang bulan suci.

Menurut Khan, “Memberi nutrisi dan menghidrasi tubuh Anda setelah beberapa jam berpuasa sangat penting. Makanan Ramadhan harus direncanakan dengan hati-hati karena bukan makanan yang bisa Anda beli secara impulsif karena, ketika Anda lapar, Anda akan selalu mengambil makanan yang Anda idamkan, yang mungkin bukan makanan yang ideal untuk berbuka puasa."

Ia juga menambahkan bahwa makanan berbuka puasa idealnya adalah karbohidrat dan gula yang lambat dilepaskan untuk membantu tubuh menyesuaikan dan menyeimbangkan dan mempersiapkan puasa keesokan paginya. Dengan demikian, Anda tidak merasa lemas saat berpuasa keesokan harinya.

Berikut ini beberapa tips agar tidak lemas dan tetap bertenaga selama puasa Ramadhan menurut Khan:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Rencana

Siapkan bahan-bahan favorit Anda, sehingga Anda bisa menyiapkan makanan cepat saji di malam hari. Simpan beberapa kaleng kacang, buncis dan tomat cincang, serta minyak zaitun, kecap dan saus tiram dan mustard, di samping bumbu favorit lainnya.

Belilah beberapa kantong kacang polong beku, jagung manis, dan sayuran beku seperti bayam, yang dapat Anda tambahkan ke hidangan apa pun untuk memberikan tekstur ekstra dan, tentu saja, vitamin.

 

3 dari 7 halaman

2. Tahan makanan penutup

Setelah seharian berpuasa, Anda mungkin tergoda untuk mengonsumsi sesuatu yang tinggi gula atau kafein. Saat berbelanja di bulan Ramadhan, hindari lorong pencuci mulut dan alihkan perhatian Anda pada buah.

Buah akan memberi Anda peningkatan gula yang Anda cari serta kelembapan dan serat, yang tidak akan Anda dapatkan dari donat.

 

4 dari 7 halaman

3. Jaga ususmu

Jika Anda penggemar yoghurt (atau alternatif yoghurt bebas susu), smoothie adalah cara yang bagus untuk mengonsumsi protein, buah, dan sayuran dengan cara yang cepat dan mudah.

Yoghurt dan minuman yang mengandung probiotik baik untuk menjaga keseimbangan perut Anda, itulah yang Anda butuhkan setelah seharian tidak makan. Selalu pastikan usus Anda tidak kelebihan karbohidrat dan protein berat yang sulit dicerna.

 

5 dari 7 halaman

4. Tingkatkan asupan serat Anda

Tubuh Anda membutuhkan serat di akhir puasa Anda dan ini adalah sesuatu yang akan menghentikan Anda dari rasa kembung dan tidak nyaman. Waktu yang baik untuk mengonsumsi serat adalah saat sahur.

Sesuatu seperti granola bar atau sereal multigrain sangat efektif untuk menahan rasa lapar – terutama saat Anda bangun di pagi hari.

 

6 dari 7 halaman

5. Hidrasi

Setelah berbuka puasa, biasanya orang-orang menikmati minuman manis tradisional seperti jus buah atau minuman manis. Namun, penting bahwa setelah Anda minum minuman manis, cairan berikutnya tidak boleh mengandung gula apa pun, karena Anda tidak ingin meningkatkan gula darah Anda secara dramatis setelah berpuasa sepanjang hari.

Teh dan kopi adalah bagian dari ritual malam, tetapi Anda harus membatasi konsumsi minuman berkafein, jika tidak, ini akan membuat Anda tidak bisa tidur. Juga pastikan untuk minum air sepanjang malam dan dalam jumlah kecil, sehingga Anda dapat rehidrasi perlahan, yang jauh lebih efisien. Kemudian Anda juga bisa meminum minuman penghangat seperti teh hijau atau teh hitam dengan parutan jahe segar, yang sangat menyehatkan.

7 dari 7 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.