Sukses

Viral Kisah Wanita Kehilangan Rendang 4 Kg karena Salah Masuk Mobil

Bagaimana jadinya jika rendang yang sudah dibuat susah payah hilang saat mendekati lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Rendang menjadi salah satu sajian khas yang bisa ditemukan saat momen Idul Fitri. Biasanya rendang menjadi pelengkap saat menikmati ketupat dan opor ayam.

Rasanya yang enak dan khas rempahnya membuat rendang difavoritkan banyak individu. Tak heran jika rendang menjadi menu wajib saat lebaran.

Namun, bagaimana jadinya jika rendang yang sudah dibuat susah payah hilang saat mendekati lebaran. Kondisi itu nyatanya baru-baru ini dialami seorang wanita.

Melalui akun Twitter-nya, wanita bernama Saktia Oktapyani membuat sebuah utas mengenai peristiwa lucu yang baru dialaminya. Dalam akunnya @Saktiaoktavni membuat pengumuman mengenai rendang miliknya sebanyak 4 kilogram yang akan dinikmati saat lebaran hilang di kawasan Kalimalang.

Dia mengatakan bahwa rendang milik keluarganya hilang saat mencuci mobil. Setelah selesai, ayah gadis itu tampaknya salah memasukan rendang ke mobil orang lain.

“Gais bagi yang cuci mobil tadi sore di Kalimalang dan mobilnya rush/xpander item, ada rendang 4 kg keluarga gue wkwkwkwkwkk. Karna bokap gue pas cuci mobil salah masukin rendang ke mobil orang,” lanjutnya.

Dalam utas yang viral itu, dia juga menyebutkan ciri-ciri rendang keluarganya yang hilang. Rendang 4 kilogram yang hilang baru selesai dimasak bewarna agak gelap dengan bumbu asli tanah Minang.

Rendang tersebut terakhir dilihat jam 17.25 WIB di Kalimalang, dan masuk mobil Rush atau Xpander hitam.

“Bagi yang menemukan semoga hidupnya senikmat rendang itu,” lanjutnya.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

2 dari 5 halaman

Pengumumannya viral

Pengumuman tersebut pun menjadi sorotan hingga menjadi perbincangan viral. Bagaimana tidak, warganet menganggap pengumuman itu unik karena tak menyangka seseorang akan kehilangan rendang.

Hingga kini unggahan tersebut bahkan telah mendapat lebih dari 24 ribu suka dan lebih dari 4 ribu retweets.

Selain itu, warganet juga memenuhi unggahan tersebut dengan berbagai komentar. 

"Yang punya mobil bilek: 'wah mantap nih pelayanannya kalo nyuci disini dapet rendang juga keren'," tulis akun @muttaqien0697.

"Kalau bokap yg salah masukin kayaknya bakal sunyi senyap ya. Bayangkan kalau gw yg salah masukin. Habislah diomelin dan disalah-salahin," sahut akun @SamFerkyFers10.

"Gue lebih khawatir sama bokapnya. Please update kondisi bokapnya kak setelah diomelin nyokap apa masih dimaaf lahir batinin," komentar akun @SSehingga.

"Kemaren mamakku nangis gara gara rendanf 3kg nya di aduk sama bapak terlalu kuat alhasil daging nya pada hancur...Ini rendang nya masih bisa dimakan lo ya, kalo ini 4kg mana udah hilang... ya gimana ya," kata akun @Fikrialr.

"Pasti kalo misal beneran gk ketemu, si ibu ngedumel mulu nyalahin bapak sepanjang lebaran, sepanjang mudik, sepanjang perjalanan hidup diungkit-ungkit mulu," tulis akun @WidiyatiSali.

"Pasti bapaknya lagi dalam keadaan merasa bersalah, dan matanya celingak celinguk keanak dan istrinya. Terus istri sama anaknya bisik bisik didapur wkwkwk," sahut @rindu24jam.

3 dari 5 halaman

Tips masak daging rendang yang agar empuk dan tidak alot

Penting untuk mengetahui cara memasak daging rendang yang empuk dan nikmat. Berikut ini adalah deretan tips cara masak rendang agar empuk yang bisa dilakukan di rumah:

1. Potong Daging Searah dengan Serat

Cara pertama agar dapat menghasilkan rendang yang empuk ialah dengan memperhatikan cara memotong dagingnya. Kalian bisa memotong daging tepat searah dengan serat daging. Bila daging dipotong tidak searah seratnya, maka nanti ketika diolah jadi agak alot.

Kemudian, sebelum daging diolah coba lumuri daging dengan jahe parut atau nanas parut dan diamkan selama beberapa menit. Hal itu akan membuat daging menjadi lebih empuk. Pilihlah bagian paha sapi untuk membuat rendang karena daging bagian paha teksturnya kuat dan tidak mudah hancur.

2. Pukul-Pukul Daging Sebelum Dimasak

Selanjutnya daging yang sudah dicuci dipukul-pukul terlebih dahulu agar bumbu bisa mudah meresap ke dalam daging. Pastikan daging jangan sampai pipih. Atau, Anda juga bisa memijat daging menggunakan minyak atau margarin sebelum diolah.

3. Pakai Santan Secukupnya

Selanjutnya perhatikan penggunaan santan pada saat membuat rendang. Gunakan patokan 1:3 untuk perbandingan daging dengan santan. Misal, setiap 1 kilogram daging maka Anda membutuhkan santan kental dari 3 buah kelapa.

Saat memasak, pastikan bumbu dan santan telah dimasak terlebih dahulu. Setelah mengental dan mengeluarkan minyak, barulah masukkan daging untuk dimasak hingga matang.

4 dari 5 halaman

Tips selanjutnya

4. Masak dengan Api Kecil

Agar daging rendang empuk dan tidak mudah hancur, masaklah menggunakan api kecil. Memasak dengan api kecil akan membuat bumbu meresap sempurna ke dalam daging. Penggunaan api yang besar saat memasak rendang membuat tekstur daging mudah hancur saat diaduk. Selain itu, bumbu rendang juga akan jadi lebih cepat gosong.

5. Jangan Terlalu Sering Diaduk

Saat memasak rendang, sebaiknya jangan terlalu sering diaduk. Anda bisa mengaduknya sesekali saja saat santan masih dalam keadaan banyak dan belum menyusut.

Namun, saat santan mulai menyusut Anda hanya perlu mengadung rendang dengan cara mendorongnya menggunakan spatula. Ini dilakukan supaya daging rendang tidak gosong dan santan tidak pecah saat dimasak. Durasi memasak rendang sendiri bervariasi bisa sampai 5 hingga 8 jam.

5 dari 5 halaman

Resep rendang

Bahan:- 1 kg daging sapi tanpa lemak

- 2 liter santan kelapa

- ¼ kelapa parut (sangrai)

Bumbu:

- 7 siung bawang putih

- 13 siung bawang merah

- 250 gram cabai (potong-potong buang bijinya)

- 1 batang serai (iris tipis)

- 1 ruas jahe

- 5 biji kemiri yang sudah di sangrai

- 1 sdm ketumbar

- 1 sdt jinten

- Garam seckupnya

- Penyedap rasa secukupnya

- 2 biji kapulaga

- 1 sdt merica bubuk

Bumbu Utuh:

- 1 ruas kayu manis

- 1 biji pala

- 3 lembar daun salam

- 1 ruas lengkuas

- 3 lembar daun jeruk

- 3 lembar daun kunyit

Cara membuat rendang:

1. Cuci bersih daging dengan air mengalir, kemudian potong sesuai selera.

2. Haluskan serundeng dnegan cara diulek atau ditumbuk, kemudian sisihkan.

3. Panaskan minyak dalam wajan, kemudian masukkan bawang putih dan bawang merah yang telah dihaluskan terlebih dahulu. Aduk hingga harum.

4. Masukkan kemiri, serai dan jahe. Kemudian masukkan pula cabai merah yang sudah dihaluskan.

5. Aduk-aduk, setelah mulai mendidih masukkan bumbu lainnya. Aduk terus.

6. Masak bumbu hingga berwarna kecokelatan.

7. Masukkan daging dan aduk hingga bumbu membalut seluruh bagian daging.

8. Masukkan santan kelapa yang kental.

9. Masak rendag hingga bumbu-bumbu menyusut.

10. Rendang siap disajikan.