Sukses

6 Kebiasaan Sederhana yang Bantu Menjaga Kesehatan Gigi

Ketahui beberapa tips mengenai cara menjaga kesehatan gigi dan mencegah agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Liputan6.com, Jakarta - Kebersihan gigi memiliki dampak besar pada kesehatan individu secara keseluruhan. Tapi cara menyikat gigi sehari-hari yang sederhana dan berbagai produk yang biasa digunakan pun tidak cukup untuk kesehatan gigimu.

Itulah mengapa sangat penting untuk merawat gigi kita dengan benar mengikuti cara terbaik dan rekomendasi dari para ahli dan dokter gigi.

Untuk itu, ketahui beberapa tips mengenai cara menjaga kesehatan gigi dan mencegah agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Penasaran apa saja kebiasaan sederhana yang bantu menjaga kesehatan gigimu? Berikut ulasannya seperti melansir dari Bright Side, Rabu (1/5/2022).

1. Mulailah menyikat gigi dari yang paling sulit

Ada banyak teknik untuk membersihkan gigi, tapi hanya sedikit yang cukup aman untuk digunakan sehari-hari. Pertama-tama, dokter menyarankan untuk selalu memulai dengan tempat yang paling sulit dan diakhiri dengan yang mudah.

Namun, banyak dari kita melakukan yang sebaliknya dan mulai menyikat gigi depan menghadap ke bagian dalam gigi, padahal banyak area penting yang perlu didahulukan untuk disikat. 

Biasakan untuk memulainya dengan bagian bekalang mulut dan kemudian gerakan ke bagian luar gigimu. Lalu selesaikan dengan permukaan kunyah.

2. Menyikat tanpa pasta gigi

Jika Anda tidak yakin pasta gigi mana yang akan digunakan, mulailah menyikat sampai kering tanpa pasta gigi atau air. Bulu sikat gigimu sendiri bisa menggangu bakteri.

Pasta gigi hanyalah alat tambahan. Sebenarnya, para peneliti telah menunjukkan bahwa menyikat kering mengurangi penumpukan plak, pendarahan dan radang gusi minimal 50%.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Menggunakan obat kumur

Tentu saja, obat kumur tidak bisa menggantikan menyikat gigi dan flossing. Ini tidak akan membantu dalam menyingkirkan semua bagian besar bakteri pada gigi dan gusimu.

Tapi bagaimanapun, itu adalah manfaat kesehatan mulut tambahan yang baik. Waktu terbaik untuk menggunakannya adalah setelah menyikat gigi secara menyeluruh.

4. Jangan menyikat gigi segera setelah makan

Segelintir individu memiliki kebiasaan menyikat gigi segera setelah makan. Padahal menyikat gigi setelah makan bukanlah hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk kesehatan gigimu.

Itu sebabnya setelah Anda makan atau mengonsumsi buah atau soda, lebih baik menunggu setidaknya 30 menit sebelum menyikat gigi.

 

3 dari 3 halaman

5. Jangan terlalu sering menyikat

Kita harus menyikat gigi setidaknya dua kali sehari karena melakukannya sekali sehari tidak cukup untuk menjaga kebersihannya.

Bagaimanapun, beberapa individu suka menyikat gigi tiga kali sehari, atau bahkan lebih. Dan meskipun masih mungkin untuk menyikat gigi secara berlebihan, kemungkinan besar akan merusaknya dengan teknik yang buruk daripada menyikatnya terlalu sering.

Jika Anda menyikat terlalu sering, enamel Anda bisa aus yang bisa menyebabkan gigi sensitif. Juga, mereka akan tampak lebih kuning dari biasanya karena dentin kuning di belakang email Anda akan menjadi lebih terlihat. Dalam beberapa kasus, ini bisa berakhir dengan resesi gusi.

6. Makan lebih banyak makanan renyah

Makanan segar dan renyah mengandung banyak serat sehat dan merupakan pilihan terbaik untuk gigimu. Di antara mereka, buah-buahan mentah kaya akan serat, sayuran dan kacang-kacangan menempati urutan pertama.

Mereka bisa membersihkan gigi, merangsang produksi air liur, menghidrasi mulut dan juga mengurangi pertumbuhan bakteri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.