Sukses

Asteroid Mematikan Dikhawatirkan Menabrak Bumi pada 2052

Asteroid itu dikhawatirkan menabrak Bumi pada 2052 dan masih dalam pantauan para ilmuwan

Liputan6.com, Jakarta Sebuah asteroid mematikan yang dikhawatirkan akan bertabrakan dengan Bumi 30 tahun dari sekarang akan menghancurkan planet kita, kata para ilmuwan.

Batu luar angkasa raksasa itu menduduki puncak daftar risiko di seluruh dunia selama berbulan-bulan dan diperkirakan memiliki peluang nyata untuk berdampak pada Bumi pada 2 April 2052.

Tetapi para ahli dari tim asteroid Badan Antariksa Eropa bersama dengan yang lain di European Southern Observatory telah secara resmi mengeluarkan '2021 QM1' dari daftar risiko asteroid mereka.

Pengumuman itu mengikuti "pengamatan dan analisis terampil" dari asteroid yang nyaris tidak terlihat yang diamati menggunakan teleskop paling sensitif di dunia.

Badan Antariksa Eropa mengatakan: "Dengan Asteroid Day Live 2022 ditetapkan pada 30 Juni, kita dapat dengan aman mengatakan bahwa asteroid paling berisiko yang diketahui umat manusia pada tahun lalu tidak akan menyerang - setidaknya tidak untuk abad berikutnya."

Asteroid itu pertama kali ditemukan pada 28 Agustus tahun lalu oleh observatorium Gunung Lemmon di Arizona.

Awalnya, itu tidak dianggap aneh karena sekitar 12 'asteroid dekat Bumi' baru ditemukan setiap malam yang gelap.

Tetapi pengetahuan lebih lanjut diperoleh dengan menggunakan pengamatan dari teleskop di seluruh dunia dan mereka mulai menceritakan kisah yang lebih 'mengkhawatirkan'.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 5 halaman

Jalurnya sangat dekat dengan Bumi pada 2052

Richard Moissl, kepala Planetary Defense ESA mengatakan: “Pengamatan awal ini memberi kami lebih banyak informasi tentang jalur asteroid, yang kemudian kami proyeksikan ke masa depan."

“Kita bisa melihat jalur masa depannya mengelilingi matahari, dan pada tahun 2052 itu bisa sangat dekat dengan Bumi."

"Semakin banyak asteroid diamati, semakin besar risikonya."

Karena risikonya tampaknya meningkat, jalurnya membawanya lebih dekat ke matahari seperti yang terlihat dari Bumi. Ini juga menjadi tidak mungkin untuk ditonton karena silau.

Perhitungan orbit didasarkan pada pengamatan beberapa malam dan bisa jadi tidak pasti.

Itu sebabnya asteroid sering ditambahkan ke daftar risiko ESA ketika ditemukan dan kemudian dihapus ketika lebih banyak informasi tentang mereka tersedia.

 

3 dari 5 halaman

Pentingnya pengumpulan data

Satu data lagi dikumpulkan menggunakan data, ketidakpastian dapat dikurangi dan asteroid terbukti aman - tetapi ini tidak mungkin pada kesempatan ini.

Marco Micheli, astronom di Near-Earth Object Coordination Center (NEOCC) ESA mengatakan: "Kami hanya harus menunggu."

Setelah pengamatan baru, risiko '2021 QM1' disetel dengan baik yang mengesampingkan dampak pada tahun 2052 dan telah dihapus dari daftar risiko.

Selanjutnya 1377 asteroid tetap berada dalam daftar pantauan ESA yang dapat menjadi lebih mengkhawatirkan setiap saat.

4 dari 5 halaman

4 Zodiak yang Mudah Panik dan Stres, Anda Termasuk?

Jika Anda selalu resah karena tidak memenuhi ekspetasimu, atau mulai terburu-buru begitu Anda mendengar sesuatu yang bukan merupakan bagian dari rencanamu, maka kemungkinan Anda mengalami stres yang cukup tinggi.

Sedikit stres selalu baik untuk mencapai tujuan, tapi jika Anda menjadi panik dan goyah maka ini adalah tanda stres yang tidak sehat dan itu benar-benar bisa membawa yang terburuk dalam dirimu, jika tidak diselesaikan dengan benar.

Berdasarkan astrologi, beberapa individu yang bervariasi sangat mudah terpicu dalam situasi yang sulit dan kepanikan. Bahkan hal-hal kecil bisa membuat mereka semua cerewet dan terburu-buru, dan mereka benar-benar tidak bisa bertahan hidup di lingkungan yang kacau.

Untuk itu, ketahui beberapa zodiak yang cenderung mudah panik dan stres, seperti melansir dari Pinkvilla, Kamis (7/7/2022).

1. Leo

Leo selalu berpegang teguh pada standar tingginya, itulah sebabnya perubahan kecil atau langsung di sekitarnya bisa membuat mereka kehilangan akal sehat dan menciptakan kengerian sambil membuat mereka semua ribut.

Mereka percaya pada kesempurnaan dan ketika mereka tidak menemukannya, mereka terus stres dan berjuang untuk mencapainya tanpa mencari bantuan dari siapa pun karena mereka tidak pernah menyukai campur tangan dalam pekerjaannya.

2. Aquarius

Setengah dari kehidupan Aquarius dihabiskan untuk mengkhawatirkan hal-hal kecil. Orang-orang dengan tanda zodiak ini selalu memberikan banyak pemikiran untuk masa depan dan hal-hal yang berada di luar kendalinya dan itulah alasan utama di balik stres yang tidak perlu.

Mereka biasanya memasang lebih banyak pekerjaan dan kemudian berjuang untuk memenuhi tenggat waktu karena sifatnya menyelesaikan sesuatu di awal. 

5 dari 5 halaman

3. Pisces

Tingkat kortisol Pisces selalu tinggi karena mereka tidak bisa menyimpan momen menenangkan dalam pikirannya. Pikiran mereka bisa sejauh mana membuat skenario palsu yang buruk dan inilah yang selalu berkontribusi pada kesehatan mentalnya yang buruk.

Bahkan hal-hal kecil bisa membuat kekacauan dalam hidupnya sementara membuat mereka semua hiruk pikuk.

4. Aries

Individu dengan tanda zodiak ini keras kepala, tapi mereka sering khawatir di latar belakang bahkan tentang hal-hal kecil.

Mereka berasumsi skenario palsu di kepalanya, yang membuat mereka ragu-ragu dan menambah kekhawatirannya.