Sukses

Insomnia hingga Tidur Terganggu, Gejala Long Covid Ini Dapat Pengaruhi Anda di Malam Hari

Ada beberapa gejala long covid yang ternyata dapat memengaruhi Anda di malam hari

Liputan6.com, Jakarta Dokter dan peneliti telah memperingatkan tentang meningkatnya ancaman Long Covid, karena tingkat infeksi naik sekali lagi di sebagian besar dunia. Penelitian menunjukkan bahwa antara satu bulan dan satu tahun setelah Covid-19, satu dari lima orang berusia 18 hingga 64 tahun memiliki setidaknya satu kondisi medis yang mungkin terkait dengan virus corona.

Di antara orang berusia 65 dan lebih tua, satu dari empat memiliki setidaknya satu kondisi medis yang mungkin disebabkan oleh Covid. Studi juga sekarang menunjukkan bahwa ada bukti signifikan bahwa Long Covid terhubung dengan kondisi tidur, neurologis, dan kejiwaan yang berhubungan dengan otak.

Pada tahun 2020, Kantor Statistik Nasional (ONS) Inggris merilis data yang menunjukkan bahwa setelah dinyatakan positif Covid-19:

20% atau orang masih mengalami gejala lima minggu atau lebih kemudian

10% orang masih mengalami gejala 12 minggu atau lebih kemudian.

THE ONS baru-baru ini menerbitkan angka dari Juni 2021 yang menunjukkan 40% responden survei dengan Long Covid yang dilaporkan sendiri masih mengalami gejala satu tahun setelah infeksi.

Masih banyak yang harus dipelajari tentang Covid dan efek jangka panjangnya pada orang yang tertular. Lama penderita Covid mungkin perlu beberapa bulan untuk pulih, itupun beberapa gejala dan kondisi tambahan seperti gangguan tidur cenderung muncul dan berlama-lama di sepanjang jalan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gangguan tidur seringkali terjadi

Dalam survei terhadap hampir satu juta orang dengan Long Covid yang dilaporkan sendiri, gejala paling umum, pada 56% responden, adalah kelelahan.

“Gangguan tidur adalah salah satu gejala paling umum bagi pasien yang telah terinfeksi Covid-19,” kata spesialis obat tidur Dr Cinthya Orbea.

Dia menambahkan: "Mereka melaporkan insomnia, kelelahan, kabut otak dan kadang-kadang kita bahkan melihat gangguan ritme sirkadian."

Dan dengan tidur yang sangat penting bagi kesehatan seseorang secara keseluruhan, dampak jangka panjangnya mungkin lebih dahsyat daripada yang disadari banyak orang.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di National Library of Medicine, sindrom Long Covid pada gejala neurologis, psikologis dan fisiologis diselidiki.

Studi ini secara eksklusif mengamati orang-orang dengan Long Covid yang menunjukkan tingkat insomnia yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan subjek yang tidak pernah menderita Covid. Penelitian tersebut melibatkan survei online terkait gangguan tidur dan kualitas hidup.

 

3 dari 5 halaman

Hasil penelitian

Total, 507 orang yang menyelesaikan survei online melaporkan gejala utama yang terkait dengan Long Covid adalah sakit kepala, kelelahan, nyeri otot/mialgia, nyeri artikular, gangguan kognitif, kehilangan konsentrasi, dan kehilangan penciuman.

Selain itu, subjek menunjukkan tingkat insomnia yang signifikan dan penurunan kualitas hidup secara keseluruhan.

Gejala umum dari Long Covid meliputi:

  • Sesak napas, nyeri dada atau sesak, jantung berdebar-debar, pusing
  • Sakit kepala, masalah dengan memori dan konsentrasi ("kabut otak")
  • Depresi, kecemasan, kelelahan ekstrim dan kesulitan tidur (insomnia)
  • Tinnitus, sakit telinga, kesemutan dan nyeri send
  • iMerasa sakit, diare, sakit perut, kehilangan nafsu makan
  • Demam tinggi, batuk, sakit tenggorokan, perubahan indra penciuman/perasa, ruam.
4 dari 5 halaman

4 Hal yang Terjadi Pada Wajah Jika Berhenti Mencuci Muka

Mencuci muka menjadi rutinitas harian yang dilakukan setiap individu. Segelintir individu bahkan mencuci muka dua kali sehari untuk mencegah jerawat dan komedo.

Anda bahkan memiliki pembersih kesayangan yang Anda gunakan setiap pagi dan malam. Tapi sebaiknya Anda hentikan kebiasaan terlalu sering mencuci muka.

Ada beberapa alasan mengapa sebenarnya mencuci wajahmu tidak baik untuk kulit, terutama dengan bahan kimia yang keras, seperti melansir dari Bright Side, Selasa (5/7/2022). 

1. Pembersihan berlebihan bisa mengganggu pH kulitmu

Jika Anda telah mencoba setiap produk dan rutinitas perawatan kulit tanpa melihat hasil yang Anda inginkan, inilah saatnya untuk berhenti dan tidak melakukan apa-apa.

Seperti banyak hal dalam hidup, lebih sedikit lebih banyak dalam hal perawatan kulit. Produk pembersih kulit bisa menghilangkan bakteri baik dan menghancurkan pH kulit.

Jika Anda adalah salah satu dari mayoritas yang mencuci muka dua kali sehari, disarankan untuk melewatkan mencuci muka pada pagi hari, karena mencuci malam hari diperlukan untuk menghilangkan SPF dan makeup jika Anda menggunakannya.

2. Air wastafel tidak baik untuk kulit

Kualitas air keran tergantung pada daerah tempat Anda tinggal. Di beberapa tempat, ini “lebih keras” daripada di tempat lain. Karena mineral keras yang dikandungnya, air keran cenderung membuat kulitmu kering dan teriritasi.

Inilah sebabnya mengapa Anda harus meminimalkan penggunaan air yang berlebih selama rejimen pembersih kulitmu.

5 dari 5 halaman

3. Menghilangkan air dari rutinitasmu

Mencuci muka tanpa air tendengar oxymoronic. Namun, itu benar-benar layak. Elemen kunci dari metode pembersih ini adalah menghindari percikan air ke wajahmu dengan mengganti langkah ini dengan pembersih.

Setelah itu, lanjutkan dengan rutinitas makeup rutinmu. Kedengarannya berlawanan dengan intuisi, air hanya membuat kulitmu lebih kering dan menghilangkan minyak alamimu.

4. Pembersih adalah sahabat terbaikmu

Pembersih adalah pengganti air terbaik, dan Anda memiliki banyak pilihan. Namun, ada satu hal yang harus Anda ingat.

Setelah Anda menemukan pembersih yang baik, jangan pernah menggantinya dengan yang lain dan gunakan sekali sehari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Long Covid-19 adalah kondisi pasien yang sudah pernah terinfeksi virus Covid-19 masih mengeluhkan gejala setelah dinyatakan sembuh.
    Long Covid-19 adalah kondisi pasien yang sudah pernah terinfeksi virus Covid-19 masih mengeluhkan gejala setelah dinyatakan sembuh.

    Long Covid

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Sulit tidur atau insomnia adalah gangguan tidur yang ditandai dengan kesulitan untuk memulai tidur atau mempertahankan tidur.

    Insomnia

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    COVID-19 omicron

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Tidur terganggu