Sukses

Jangan Langsung Dibuang, 9 Makanan Ini Aman Dikonsumsi Meski Capai Masa Kadaluwarsa

9 Makanan yang Aman di Makan Setelah Lewat Tanggal Kadaluwarsa

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah besar makanan terbuang setiap tahun meski terbilang masih aman untuk dikonsumsi. Hal ini terjadi karena kesalahpahaman di antara konsumen, mengenai label pada makanan seperti tanggal kadaluwarsa, umur simpan, baik digunakan sebelum atau istilah tanda label lainnya.

Menurut Badan Perlindungan Lingkungan (EPA), 40 persen dari makanan yang terbuang di Amerika tercatat masih layak di makan. Timbunan sampah pada 2018 bahkan mencapai 4,9 pon per orang setiap hari.

Sebagian besar makanan yang dibuang masih dalam keadaan baik, hanya saja makanan tersebut telah melewati tanggal kadaluwarsa. Padahal ada beberapa makanan yang nyatanya masih bisa dikonsumsi meski sudah melewati tanggal.

Berapa lama makanan bertahan setelah melewati waktu kadaluwarsa? Ini tergantung pada jenis makanan, apakah mudah rusak, membusuk, atau teksturnya telah berubah.

Melansir dari beberapa sumber, inilah deretan makanan yang masih layak di makan setelah melewati masa kadaluwarsa.

1. Roti

Selama permukaan roti tidak muncul bercak jamur, maka roti tersebut masih aman untuk di makan meski telah melewati masa kadaluwarsa. Selain itu, perhatikan juga bau, tekstur dan rasa dari roti sebelum memakannya.

Bila ingin memperpanjang umur simpan roti, Anda bisa memanfaatkan lemari es atau di freezer. Roti yang di simpan di dalam lemari es dapat bertahan hingga dua minggu dari masa kadaluwarsa, sedangkan freezer bisa mempertahankan roti lebih lama dari yang Anda kira.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Sereal dan selai kacang

2. Sereal

Menyantap sereal di pagi hari sangat menyenangkan, apalagi ditambah beberapa kreasi menarik dari sajian tersebut. Menariknya, tanggal kadaluwarsa pada sereal ini tidak selalu realistis dan jujur. Sereal dapat bertahan hingga berbulan-bulan setelah tanggal kadaluwarsa.

Pastikan untuk menyimpan sereal di tempat sejuk dan kedap udara. Cara tersebut bisa membantu menjaga kualitas sereal yang Anda miliki.

3. Selai kacang

Jika belum dibuka, selai kacang yang halus dan renyah akan bertahan selama satu tahun setelah tanggal kadaluwarsa. Minyak dan selai yang terpisah menandakan bahwa selai tersebut diproduksi sudah cukup lama.

Tapi jangan buru-buru dibuang ya, kamu hanya perlu mengaduk dan menyatukan kembali minyak dan krim kacang tersebut.

Selai kacang yang sudah terbuka, mampu bertahan selama tiga bulan (suhu ruang), dan delapan bulan (lemari es) setelah masa kadaluwarsa. Meskipun begitu, Anda perlu memastikan kelayakan selai melalui teksturnya. Jika selai kacang berubah menjadi tekstur yang keras, kering, berubah warna menjadi gelap, dan timbul jamur, maka saatnya untuk membuang selai yang ada di rumah Anda.

  

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 6 halaman

Cokelat hingga telur

4. Cokelat

Cokelat dapat bertahan jauh melampaui tanggal kadaluwarsa, apabila kemasan belum pernah dibuka. Cokelat hitam yang disimpan dalam freezer dapat bertahan hingga tiga tahun dari tanggal terbaiknya. Sedangkan cokelat susu hanya mampu bertahan setitar 8 bulan setelah masa kadaluwarsa berakhir.

5. Frozen food atau makanan beku

Suhu sedingin es mampu mencegah makanan menjadi busuk atau buruk kualitasnya. Jadi, makanan beku yang dikemas rapat secara umum aman untuk dimakan setelah tanggal kadaluwarsa. 

6. Telur

Telur yang dibeli di pusat perbelanjaan besar biasanya memiliki produk dengan kemasan kadaluwarsa. Beda halnya saat Anda berbelanja di pasar atau warung klontong. Meski telah melewati masa kadaluwarsa, ternyata telur masih baik untuk dikonsumsi asal tidak mengeluarkan bau busuk saat telur dipecahkan.

Selain itu, biasanya telur yang masih terjaga kesegarannya lebih kencang dan kental. Sebaliknya, telur dengan kondisi buruk akan bertekstur cair dan kuning telur mudah pecah.

4 dari 6 halaman

Mentega hingga makanan kaleng

7. Mentega

Mentega yang sudah kadaluwarsa ternyata masih bisa dikonsumsi, lho. Untuk menjaga kesegaran mentega, Anda bisa menyimpannya di dalam freezer. Cairkan dulu sebelum mengolah mentega menjadi kue atau masakan lainnya.

8. Keju

Keju keras seperti cheddar dan parmesan masih boleh dimakan bahkan setelah jamur mulai membentuk. Umumnya, keju keras dapat dikonsumsi hingga satu bulan dari masa kadaluwarsa.

Pastikan untuk memotong bagian yang berjamur sebelum Anda makan atau diolah menjadi kreasi makanan lain. Sementara untuk jenis keju lembut, dapat dikonsumsi setidaknya satu minggu setelah tanggal kadaluwarsa (jika kemasannya belum dibuka).

9. Makanan kaleng

Makanan kaleng yang belum dibuka bisa betahan satu hingga dua tahun setelah tanggal kadaluwarsa. Penelitian yang dilakukan oleh National Food Processors Association di Washington, D.C, menyatakan bahwa, makanan kaleng yang berusia 40 tahun sebagian besar masih bisa mempertahankan nutrisi baiknya.

Fakta dan alasan ini menjawab mengapa makanan yang dipersiapkan di dalam bunker adalah berupa makanan kaleng.

5 dari 6 halaman

5 Manfaat Cokelat yang Belum Diketahui Ini Membantu Hidupmu Jadi Lebih Baik

Semua orang menikmati makan cokelat dari waktu ke waktu, tetapi hanya sedikit yang menyadari manfaat kesehatan substansial yang disediakan kakao bagi tubuh. Kakao dibuat dari biji cokelat yang dihancurkan dan dihilangkan lemaknya.

Ini pertama kali digunakan oleh bangsa Maya dan kemudian diperkenalkan ke Eropa, di mana ia digunakan sebagai obat pada masa itu. Lalu, apa saja manfaat cokelat untuk kesehatan? Dihimpun dari Brightside, ini dia jawabannya.

1. Dapat meredakan kram menstruasi

Untuk meredakan nyeri kram menstruasi secara alami, makan cokelat hitam adalah solusi yang tepat. Cokelat hitam mengandung magnesium yang dapat meredakan kram tersebut.

Tubuh Anda membutuhkan magnesium agar tetap sehat. Jika Anda mengalami rasa sakit di area seperti pinggul, paha, dan perut, magnesium dalam cokelat adalah solusi cepat untuk menenangkan otot-otot rahim Anda.

2. Ini dapat menurunkan kemungkinan obesitas

Jika Anda mengira kakao menyebabkan kenaikan berat badan, Anda akan terkejut. Kecuali Anda mengonsumsi cokelat hitam dalam jumlah banyak, dosis yang sehat sebenarnya membantu mengendalikan berat badan Anda.

Kakao termasuk fitonutrien, yaitu zat yang berasal dari tumbuhan dan sangat menyehatkan. Kakao juga rendah lemak dan gula serta sangat bagus untuk meningkatkan tingkat energi Anda dan sekaligus membuat Anda merasa kenyang. Jadi, jika Anda menginginkan solusi penurunan berat badan yang sehat tanpa merasa lapar sepanjang waktu, cokelat hitam adalah jawabannya.

6 dari 6 halaman

Manfaat cokelat lainnya

3. Dapat membantu penderita asma dan alergi

Asma bisa menakutkan dan mengancam jiwa, tetapi jangan khawatir — akan selalu ada sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk menghindari keraguan Anda tentang asma. Kakao mengandung dua senyawa khusus yang disebut theobromine dan theophylline, yang keduanya dianggap anti asma.

Yang pertama, theobromine, membantu meringankan saluran udara di paru-paru Anda dan melindungi dari kanker paru-paru karena menurunkan risiko alergi; sementara teofilin membantu saluran udara Anda rileks dan memiliki kualitas anti-inflamasi.

4. Ini dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

Kakao sangat bagus untuk meningkatkan kekebalan Anda karena memiliki kualitas antioksidan yang meningkatkan aliran darah, membuat usus Anda lebih sehat, dan menenangkan Anda - dan sebagai hasilnya, Anda akan merasa kurang stres.

Ada juga kandungan flavonol. Ini membantu menurunkan tekanan darah, mencegah pembekuan darah, dan mengurangi peradangan.

5. Dapat bermanfaat bagi gigi dan kulit

Kakao sangat bagus untuk melindungi gusi Anda dari gigi berlubang dan kerusakan gigi. Ini mengandung polifenol yang membantu melawan asam yang menyerang email gigi Anda (zat putih yang menutupi gigi).

Kakao tidak hanya membantu gigi Anda tetap sehat, tetapi juga bagus untuk kulit Anda. Anda mungkin percaya bahwa cokelat menyebabkan jerawat, tetapi itu adalah mitos yang terbukti.

Bahkan, itu benar-benar dapat bermanfaat bagi kulit Anda. Ini dikhususkan untuk perlindungan matahari dan hidrasi keseluruhan kulit Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.