Sukses

Top 3: Deretan Fakta Hacker Bjorka yang Retas Data Pemerintah RI

Artikel tentang 11 fakta hacker Bjorka yang retas data pemerintah Indonesia menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Hacker Bjorka tengah menjadi sorotan karena telah berhasil meretas beberapa data rahasia milik pemerintah Republik Indonesia (RI).

Selama tahun 2022, Bjorka berhasil meretas 3 jenis data rahasia, di antaranya 150 juta data penduduk Indonesia, data 1,3 miliar pengguna SIM card, hingga Surat Rahasia BIN ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Terbaru, hacker Bjorka telah membongkar identitas pribadi Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo), Puan Maharani, Erick Thohir, dan Denny Siregar. Tak hanya itu, Bjorka juga mengklaim telah membongkar sosok dalang di balik pembunuhan aktivis Munir Said Thalib. 

Artikel tentang 11 fakta hacker Bjorka yang retas data pemerintah Indonesia menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang sedang viral, ini link ujian mencintai diam-diam yang patut Anda coba.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang gladi bersih jenjang SMP telah dimulai, berikut link download contoh soal ANBK 2022.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 11 Fakta Hacker Bjorka yang Retas Data Pemerintah Indonesia

 

Berikut sejumlah fakta mengenai hacker Bjorka yang saat ini tengah menjadi sorotan publik. 

1. Bjorka Diduga Berasal dari Polandia

Menilik akun Twitter @bjorkanism, laman tersebut menyematkan lokasi. Bjorka diduga berasal dari Warsawa, Polandia. Namun belum diketahui secara pasti apakah lokasi Bjorka tersebut valid atau tidak.

2. Meretas Surat Pribadi BIN ke Presiden Jokowi

Bjorka diduga berhasil mendapat data surat rahasia milik Badan Intelijen Negara (BIN) yang ditujukan pada Presiden Jokowi. Surat tersebut mencakup nama surat, nomor surat, tanggal surat, dan isi surat.

3. Mengunggah dan Menjual Data di Breached.to

Bjorka menyebarkan data pribadi dan sampel-sampelnya ke laman breached.to. Ia tak langsung memberikan semua data tetapi untuk membuktikan keasliannya, Bjorka membocorkan judul surat dan beberapa sampel agar pelanggannya percaya dengan data yang ia miliki.

Harga yang ditetapkan pun cukup tinggi. Ia menetapkan harga hingga mencapai Rp 70-an juta.

Selengkapnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Sedang Viral, Ini Link Ujian Mencintai Diam-Diam yang Patut Anda Coba

Tak sedikit orang yang memendam rasa sukanya kepada seseorang. Ada banyak alasan mengapa orang lebih memilih memendam perasaannya dan mencintai seseorang secara diam-diam. Bisa jadi karena mereka orang yang pemalu atau bisa juga karena mereka takut jika cintanya tak terbalas.

Itu mengapa banyak orang yang memutuskan untuk mencintai seseorang diam-diam. Biasanya mereka hanya mengagumi orang yang disukai dari jauh atau bahkan mengamati media sosialnya. 

Nah untuk mengetahui seberapa lihai Anda mencintai seseorang diam-diam, ada sebuah ujian yang bisa dilakukan. Ujian tersebut bernama "Ujian mencintai diam-diam" dan bisa diakses dengan gratis dalam bentuk google form. Ujian ini sedang viral dan dilakukan oleh banyak orang.

Nantinya dalam ujian tersebut ada beberapa pertanyaan yang perlu dijawab. Ujian ini dapat dijadikan alat ukur tentang seberapa lihai Anda memendam perasaan kepada orang yang dicintai. Bagi Anda yang ingin coba melakukan ujian mencintai diem-diem berikut link ujiannya. 

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

3. Gladi Bersih Jenjang SMP Telah Dimulai, Berikut Link Download Contoh Soal ANBK 2022

Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau yang disingkat ANBK 2022 merupakan program penilaian mutu sekolah, madrasah, dan program kesetaraan di jenjang dasar dan menengah.

Mengutip laman resmi ANBK Kemdikbud, Selasa (13/9/2022), Asesmen Nasional Berbasis Komputer juga merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Peserta yang berhak mengikuti ANBK adalah para siswa yang berada di tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah. Pelaksanaan ANBK dilakukan secara online apabila akses internet stabil serta harus memiliki komputer proctor untuk membuka token. 

Sementara pelaksanaan ANBK 2022 adalah semi online dilakukan apabila komputer client tidak memiliki akses secara langsung. Ada tiga instrumen penilaian dari ANBK sebagai bagian dari evalusi pemerintah meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, yaitu:

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid.Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid.Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.