Sukses

Tren Plester Mulut atau Mouthtaping di TikTok Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak, Benarkah?

Akhir-akhir ini sedang tren Mouthtaping di TikTok dengan 38,5 juta views disertai dengan video orang-orang dengan selotip di mulutnya saat mereka bersiap untuk tidur.

Liputan6.com, Jakarta - Akhir-akhir ini sedang tren Mouthtaping atau plester mulut di sosial media TikTok sebanyak 38,5 juta views, yaitu video orang-orang dengan selotip di mulutnya saat mereka bersiap untuk tidur. 

Mouthtaping sendiri merupakan metode menutup mulut saat tidur agar bernapas hanya melalui hidung.

Banyak klaim bahwa hal ini dapat meningkatkan kemampuan mereka untuk bernapas melalui hidung saat tidur sepanjang malam, mengurangi dengkuran, menurunkan risiko gigi berlubang, dan bahkan memberi mereka napas yang lebih baik di pagi hari.

Sebaliknya, beberapa berpendapat bahwa bernapas melalui mulut saat tidur dapat menempatkan Anda pada risiko gangguan tidur yang lebih tinggi seperti mendengkur, sleep apnea, dan hypopnea.

Lauryn Bosstick, seorang blogger dan podcaster, dalam video TikTok-nya mengatakan bahwa dia menutup mulutnya setiap malam dengan menggunakan selotip.

"Sejujurnya, yang paling saya perhatikan adalah saya tidur lebih nyenyak yang memberi saya lebih banyak energi di pagi hari," kata Bosstick melansir CNBC, Selasa (11/10/2022).

2 dari 4 halaman

Mouthtaping Membantu Tidur Lebih Nyenyak?

Menutup mulut tidak akan membantu Anda tidur, kata David Schulman, profesor kedokteran di Emory School of Medicine dan presiden American College of Chest Physicians.

Alasan umum mengapa orang menempelkan lakban saat tidur adalah untuk mengurangi dengkuran.

"Itu mungkin saja, tetapi tidak banyak bukti bahwa itu benar-benar membantu sleep apnea atau kesehatan Anda," tambah Schulman.

Sementara itu, menempelkan mulut saat Anda tidur mungkin tidak sepenuhnya aman. Berikut adalah beberapa kemungkinan hasil dari mouthtaping di malam hari, menurut Schulman:

  • Kesulitan bernapas jika hidung Anda tersumbat
  • Memburuknya pernapasan saat Anda tidur
  • Alergi
  • Iritasi bibir dari selotip
  • Bibir kering

Schulman mengatakan, dia tidak menganjurkan pasiennya untuk menempelkan mulutnya saat tidur.

"Tentu saja, jika mereka mendengkur dan mungkin mengalami sleep apnea, itu bisa menjadi lebih buruk. Jadi itu hal yang sangat berbahaya untuk dilakukan," katanya.

Sebelum mencoba melakukanya, penting untuk memastikan bahwa Anda tidak memiliki obstruksi anatomi di hidung Anda seperti septum yang menyimpang, kata Raj Dasgupta, juru bicara American Academy of Sleep Medicine yang mempraktikkan kedokteran di divisi paru, perawatan kritis dan obat tidur.

"Katakanlah mereka memiliki penyumbatan di hidung mereka. Bisakah Anda membayangkan menutup mulut Anda dan hidung Anda sedang tersumbat?” dia bertanya. "Saya pasti akan lebih berhati-hati ketika kita berbicara tentang Mouthtape."

3 dari 4 halaman

Manfaat Bernapas Lewat Hidung saat Tidur dan Cara yang Lebih Aman untuk Melakukan

Beberapa orang menganggap mouthtaping untuk menginduksi pernapasan hidung sepanjang malam. Bernapas melalui hidung saat tidur baik untuk kesehatan secara keseluruhan karena melembabkan dan menyaring udara lebih baik daripada bernapas melalui mulut, kata Dasgupta. Ini membuat udara yang Anda hirup tidak terlalu mengiritasi paru-paru, tambahnya.

Selain itu, "ketika Anda bangun di pagi hari, Anda tidak akan mengalami mulut kering atau bau mulut," tambahnya.

Bernapas dengan hidung saat beristirahat dapat meningkatkan oksida nitrida, senyawa dalam tubuh Anda yang dapat membantu menjaga tekanan darah Anda tetap terkendali, catat Dasgupta.

"Saya tidak merasa bahwa menutup mulut adalah satu-satunya pilihan," katanya. Berikut adalah beberapa hal lain yang dapat Anda lakukan untuk menghindari pernapasan mulut dan mendengkur:

  • Temui dokter untuk memeriksa apakah Anda menderita apnea tidur obstruktif
  • Jangan tidur telentang
  • Pertimbangkan apa dan kapan Anda makan
  • Jangan minum alkohol sebelum tidur
  • Berolahraga lebih sering
4 dari 4 halaman

10 Tips Tidur yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mouthtaping

Jika Anda kesulitan mendapatkan tidur yang Anda inginkan di malam hari, pertimbangkan opsi berikut yang disarankan Dasgupta dan Schulman:

  • Hindari makan atau minum dua hingga tiga jam sebelum tidur (jika Anda sudah minum cukup air)
  • Sering berjalan sepanjang hari dan dapatkan sinar matahari
  • Mandi air hangat atau mandi saat Anda mereda untuk tidur
  • Cobalah teknik pernapasan 4-7-8: tarik napas selama empat detik, tahan selama tujuh detik, dan buang napas selama delapan detik. Ulangi sebanyak yang Anda suka sebelum beristirahat
  • Jangan minum alkohol tiga sampai empat jam sebelum tidur
  • Jeda dua jam antara makan karbohidrat dan pergi tidur
  • Kosongkan kandung kemih sebelum mencoba tidur
  • Dapatkan suhu kamar sekitar 68 hingga 70 derajat
  • Matikan layar atau alihkan ponsel ke mode malam setidaknya satu jam sebelum tidur
  • Gunakan derau putih sebagai derau latar, bukan acara TV atau film yang dapat mengalihkan perhatian Anda

Semua rekomendasi akan memiliki efek berbeda pada tidur untuk orang yang berbeda, dan praktik terbaik untuk setiap orang akan berbeda, kata Schulman.

“Untuk orang yang mungkin tidak melakukan praktik ini tetapi tidak mengalami masalah tidur, itu tidak apa-apa,” katanya.