Sukses

Ini Sosok Dilan Cepmek, Viral di TikTok hingga Twitter

Viral di media sosial, Dilan Cepmek ramai diperbincangkan warganet. Cek artikel ini untuk lebih tahu sosok Dilan Cepmek.

Liputan6.com, Jakarta - Istilah Cepmek sedang ramai diperbincangkan di media sosial, terutama di TikTok dan Twitter sejak Senin (10/10/2022). Istilah ini muncul ketika seorang TikToker dengan username @Alif_Tiktok alias Dilan Cepmek membuat video tentang model rambut cepmek.

Sebelumnya, Alif dikenal juga dikenal sebagai Dilan KW, karena memiliki suara yang mirip dengan aktor pemain film Dilan, Iqbaal Ramadhan. Dalam posting-nya, Alif sering menirukan suara karakter Dilan 1990. Video-videonya kerap kali trending di TikTok dan menjadi For Your Page (FYP) di platform medsos tersebut.

Salah satu videonya yang paling terkenal yakni, video Cepmek yang mengundang perhatian netizen. Dalam video tersebut, terdapat pertanyaan dari warganet “bang rambutnya model apa” yang kemudian dijawabnya dengan suara dan kostum mirip Dilan.

“Kamu nanya rambut aku model apa? Biar aku kasitau ya, kan aku udah pernah bilang sama kamu. Rambut aku ini, model cepmek ya,” kata si Dilan KW, melalui akun TikTok, mikey22287.

Selain mengungkapkan nama gaya rambutnya, Dilan Cepmek juga menyatakan arti dari gaya rambut yang ia usung. Berdasarkan penjelasannya, kepanjangan cepmek adalah cepak mekar.

Adapun unggahannya tentang cepmek sudah memiliki lebih dari 13 juta likes dan lebih dari 400 ribu komentar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Reaksi Netizen Terhadap Postingan Cepmek

Tanggapan netizen mengenai video TikTok-nya yang viral pun beragam. Beberapa ada yang menyampaikan komentar berupa pujian, candaan, hingga heran dengan aksi Dilan Cepmek.

“Mantap bang, anda sangat menghibur kita semua,” komen akun bungathalita02

“Dilan masuk angin...,” tulis akun @nadeo_lovers

“Ini orang kenapasi...,” ucap akun @k3ntan9gg_

Ada pun di TikTok, banyak netizen yang kerap meng-stitch video viral Cepmek dan juga memparodikan video Alif. Bahkan, terdapat juga video prank yang memperlihatkan bahwa ia ingin menirukan potongan cepmek.

Saat ini, pria yang disapa Alif itu sedang jadi trending topic di media sosial hingga diperbincangkan di dunia nyata. Alif alias Dilan Cepmek memiliki lebih dari 600 ribu followers dan 14 juta likes membuatnya banyak ditawari endorse hingga wawancara siniar.

3 dari 4 halaman

Profil Alif Cepmek

Berdasarkan siniar yang dilakukan Alif dengan Opraentertaiment di TikTok, Alif mengungkapkan bahwa ia rela tidak melanjutkan sekolah demi konten. Meskipun ia tidak melanjutkan sekolah Alif menyatakan mengambil paket untuk keperluan akademiknya.

“Sekolah paket malem, SMP paket b, paket c, baru nanti kuliah...,” ujarnya, menjelaskan.

Dilan Cepmek juga menyatakan bahwa ia tidak bisa sekolah biasa karena sekolahnya memiliki peraturan untuk mencukur botak rambut di kenaikan kelas 9. Kontennya yang memerlukan potongan rambut ala Dilan pun membuatnya tidak bisa mencukur rambut. Dengan begitu, Alif lebih memilih untuk putus sekolah dan fokus menjadi content creator.

Jawabannya kemudian menimbulkan beragam reaksi pujian karena berani menolak kebijakan sekolah dan mengubah mindset untuk fokus pada karier yang sedang ia tempuh. Menurut beberapa netizen, Alif sudah memiliki prinsip di usia muda yang jarang dipikirkan oleh anak di usia sebayanya.

Alif juga menuai pujian, karena setidaknya ia masih memiliki semangat untuk menempuh pendidikan.

4 dari 4 halaman

Siapa Sebenarnya Sosok Dilan?

Dilansir Kapanlagi.com, karakter Dilan yang awalnya diceritakan dalam novel Pidi Baiq terinspirasi dari cerita nyata. Kesuksesan novelnya diwarnai rumor bahwa kisah yang tersaji diangkat dari pengalaman nyata orang-orang di sekeliling Pidi Baiq. Ketika ditanya, pentolan band The Panas Dalam ini membenarkan hal tersebut.

Namun, mengingat tokoh yang dijadikan karakter dalam novel ada di dunia nyata, Pidi Baiq pun membuat perjanjian dengan orang-orang tersebut. Perjanjian itu digunakan sebagai bukti bila hal tak diinginkan terjadi.

Banyak foto-foto yang diduga Milea asli beredar di dunia maya. Ada pula rumor yang mengatakan jika Pidi Baiq adalah Dilan sewaktu SMA. Namun Pidi selaku penulis tidak mau membuka identitas sebenarnya dari semua tokoh yang ditulisnya.

Lebih lanjut Pidi Baiq mengaku, kisah dalam seri Dilan banyak yang dikurang-kurangi dari kejadian sebenarnya. Tentu saja untuk bermain aman ketimbang mendapat sorotan dari banyak pihak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.