Sukses

Studi: Pria Kini Habiskan Waktu Bercermin Lebih Banyak Daripada Wanita

Di depan cermin, ada prasangka bahwa wanita menghabiskan lebih banyak waktu daripada pria. Namun, penelitian mengungkap bahwa pria kini lebih lama melihat wajah mereka di cermin daripada wanita.

Liputan6.com, Jakarta - Di depan cermin, ada prasangka bahwa wanita menghabiskan lebih banyak waktu daripada pria.  Namun, penelitian mengungkap bahwa pria kini lebih lama melihat wajah mereka di cermin daripada wanita.

Menurut Dailyista, psikolog di University of Grats di Austria mempelajari eksperimen tersebut dengan peserta 68 pria dan wanita berusia 23 tahun. Psikolog menghitung waktu rata-rata orang dewasa berusia 20-an ini melihat wajah mereka di cermin menurut jenis kelamin. Peserta bebas bercermin dalam waktu tertentu masing-masing 90 detik.

Akibatnya, rata-rata pria melihat diri mereka di cermin selama lebih dari lima detik dibandingkan wanita. Para pria melihat wajah mereka di cermin selama 80 detik, dan wanita rata-rata melihat 75 detik.

Melansir dari Daily Mail, Rabu (12/10/2022), Dr. Forthoff yang melakukan penelitian tersebut, mengatakan respons dari masing-masing orang berbeda saat melihat dirinya dalam cermin.

“Setiap orang merasa berbeda ketika melihat wajahnya di cermin. Beberapa orang menikmatinya dan beberapa orang mendapatkan banyak tekanan dari emosi mereka. Perbedaan emosi ini tampaknya memengaruhi waktu yang dihabiskan untuk bercermin,” ujarnya.

Selain itu, melalui penelitian ini, para peneliti mencoba untuk mengonfirmasi perbedaan bagaimana orang dengan harga diri yang lebih tinggi atau narsisme (seseorang dengan narsisme yang lebih kuat dari yang lain) melihat ke cermin.

Dan hasilnya mematahkan prasangka umum. Banyak mengharapkan orang dengan harga diri tinggi atau narsisme kuat untuk melihat wajah mereka lebih lama melalui cermin, tetapi mereka yang memiliki karakteristik seperti itu memiliki waktu yang singkat untuk melihat ke cermin.

Forsthoff mengatakan orang dengan harga diri tinggi atau cinta diri yang kuat tidak merasa perlu untuk melihat ke cermin untuk waktu yang lama.

“Mungkin orang dengan harga diri tinggi atau cinta diri yang kuat tidak merasa perlu untuk melihat ke cermin untuk waktu yang lama. Itu karena saya lebih bebas dari kritik. Kurangnya rasa percaya diri atau self-love cenderung lebih lama bercermin dan menilai penampilan seseorang secara lebih teliti dan lebih lama,” ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Bercermin untuk melihat bagian tubuh yang paling individu gali

 

Sementara itu Avaj, merek gaya hidup pria yang berbasis di Yorkshire, berbagi dengan Daily Mail bagaimana rata-rata pria bercermin 23 kali sehari, sementara wanita hanya 16 kali. Jenis pandangan juga berbeda, dengan pria 23 kali melirik mengagumi diri mereka sendiri dan wanita yang mengambil 16 untuk menatap dan mengkritik bagian tubuh mereka merasa sadar diri tentang.

Mungkin para wanita harus mengambil tip dari penulis buku selfie Kim Kardashian dan mulai mendokumentasikan beberapa momen yang lebih mencintai tubuh.

Studi ini tidak hanya menguraikan berapa lama pria umumnya menghabiskan waktu bercermin per hari, tetapi bagian tubuh apa yang paling mereka gali. Rupanya, sebagian besar pria Inggris mendedikasikan sepuluh menit penuh sehari (yaitu enam setengah hari setiap tahun) mengagumi tubuh mereka, dengan 11 persen mengaku menatap diri mereka sendiri lebih dari 30 kali setiap hari.

Dan di mana bagian tubuh yang bersangkutan, orang-orang ini paling senang dengan lengan, kaki, senyum, mata, dan rambut mereka. 

Jika Anda berpikir pria yang suka beraktivitas di luar ruangan tidak termasuk dalam kategori yang ini, Anda salah. Tracey Denison, Managing Director di Avaj, menjelaskan pria yang terlihat maskulin lebih sering bercermin untuk memastikan bahwa mereka sudah benar-benar merawat diri mereka.

"Tren bahkan untuk pria yang memilih tampilan yang lebih maskulin untuk memastikan mereka terawat dengan baik untuk berinvestasi dalam peralatan perawatan tubuh mereka yang semakin memperkuat gagasan ini," kata Tracey Denison, Managing Director di Avaj.

3 dari 8 halaman

Efek Negatif Terlalu Lama Bercermin

Terlalu lama bercermin dapat menimbulkan efek negatif bagi psikologis kita loh. Menurut seorang psikolog dan peneliti Dr. Katherine Phillips bercermin yang berkepanjangan bisa merugikan seseorang dan bisa menyebabkan gangguan dismorfik tubuh (Body Dysmorphic Disorder/BDD)/

Body Dysmorphic Disorder ini adalah keadaan seseorang secara permanen merasa khawatir tentang penampilan atau bentuk tubuhnya. Selain itu, bercermin terlalu lama juga bisa menimbulkan masalah psikologis lainnya.

Berikut efek negatif yang ditimbulkan akibat sering bercermin :

4 dari 8 halaman

1. Kesehatan mental akan mulai terganggu

Menurut para peneliti dari Institute of Psychiatry di London, berdiri di depan cermin akan memicu peningkatan risiko terkena body dysmorphic disorder (BDD). Pengidap BDD sering melakukan berbagai hal yang berlebihan hanya untuk mengkamuflase kekurangannya.

Misalnya, mereka bisa berdiri berjam-jam di depan cermin atau memakai riasan wajah sebanyak-banyaknya untuk membuat diri mereka merasa lebih baik. Namun, bukannya merasa lebih baik, para pengidap BDD bahkan akan semakin merasa cemas karena terus memperhatikan kekurangan tersebut.

5 dari 8 halaman

2. Membandingkan diri dengan orang lain

Karena terlalu sering fokus pada kekurangan yang ada pada diri sendiri, orang yang terlalu lama bercermin cenderung akan mulai membandingkan dirinya dengan orang lain. Pikiran-pikiran yang berisikan tentang kecemburuan dan rasa iri akan mulai menggerogoti isi otak.

6 dari 8 halaman

3. Menjadi sombong

Bercermin terlalu lama ternyata juga bisa membuat seseorang menjadi sombong. Hal ini terjadi ketika seseorang tersebut mendapatkan banyak pujian. Setiap kali berdiri di depan cermin, ia akan setuju dengan perkataan orang-orang dan mulai menyombongkan kelebihan yang dimilikinya.

7 dari 8 halaman

4. Fokus terhadap kekurangan

Hampir semua orang pernah memikirkan tentang kekurangan yang ia miliki. Berdiri di depan cermin ternyata bisa memperburuk keadaan ini. Kamu akan mulai mencari cara bagaimana menutupi kekurangan agar tidak terlihat oleh orang lain.

8 dari 8 halaman

5. Membenci diri sendiri

Karena merasa tertekan dan tidak puas dengan diri sendiri, orang yang terlalu lama berdiri di depan cermin biasanya akan mulai membenci dirinya sendiri dan ingin menjadi seperti orang lain. Bahkan mereka bisa merasa sangat tidak nyaman saat berada di tengah-tengah komunitas karena takut dijauhi, diabaikan, atau tidak diperhatikan sama sekali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.