Sukses

5 Sekolah Termahal di Indonesia, SPP-nya Hingga Ratusan Juta

Di Indonesia sendiri, sekolah-sekolah dengan biaya tinggi umumnya dibanderol untuk sekolah dengan label internasional yang memang dalam memberikan pembelajaran cukup berbeda dengan sekolah nasional pada umumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Ada beberapa pilihan tempat menimba ilmu di Indonesia, misalnya sekolah negeri atau swasta. Semua tergantung dengan selera dan keputusan orang tua untuk memilih yang mana. Tak sedikit orang tua yang rela mengeluarkan uang bernilai fantastis asalkan sang anak dapat mendapatkan pendidikan terbaik sekalipun mendaftar di sekolah termahal di Indonesia sekalipun.

Pasalnya, sekolah yang membebankan biaya pendidikan mahal tentu sebanding dengan metode pembelajaran dan fasilitas yang ditawarkan. Di Indonesia sendiri, sekolah-sekolah dengan biaya tinggi umumnya dibanderol untuk sekolah dengan label internasional yang memang dalam memberikan pembelajaran cukup berbeda dengan sekolah nasional pada umumnya.

Sekolah internasional umumnya menggunakan kurikulum berbasis internasional seperti kurikulum International Baccalaureate (IB) atau International General Certificate of Secondary Education (IGCSE). Selain itu, sesuai dengan namanya, sekolah internasional juga menggunakan bahasa Inggris saat berada di lingkungan sekolah.

Berikut beberapa sekolah termahal di Indonesia, seperti melansir dari Littlestepsasia, Kamis (13/10/2022).

1. Jakarta Intercultural School

Jakarta Intercultural School (JIS) dikenal sebagai salah satu sekolah dengan biaya yan mahal di Indonesia. Namun, harga ini sebanding dengan kualitas pendidikannya yang didapatkan karena para siswanya akan mendapatkan kurikulum internasional, seperti program International Baccalaureate, diploma dan Advanced Placement.

Untuk bisa menimba ilmu di sekolah internasional ini, biaya pendidikan yang harus disiapkan bisa mencapai Rp 496,5 juta per tahun.

Total biaya tersebut terdiri dari uang masuk sebesar Rp 22 juta per tahun, uang pendaftaran Rp 5 juta, uang pengembangan sekolah Rp 54,6 juta per tahun dan uang sekolah sebesar Rp 419 juta per tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Global Jaya School

Global Jaya School merupakan sekolah internasional yang terletak di Bintaro Jaya Sektor IX, Tangerang dan termasuk ke dalam salah satu sekolah termahal di Indonesia.

Merujuk dari laman resminya, Global Jaya School membagi biaya sekolah menjadi dua komponen yaitu SP (biaya pengembangan) dan SPP (biaya pendidikan).

Namun untuk pembayaran SP hanya berlaku untuk siswa kelas 1-12 dan tidak ada pembayaran biaya SP untuk siswa TK.

Sedangkan untuk pelunasan pembayaran SP dapat dilakukan dengan dua opsi pembayaran, yaitu pelunasan dilakukan setiap tahun sekolah atau pelunasan dilakukan 6 tahun sekolah sekaligus di muka.

Berikut rincian biaya pembayaran SP di Global Jaya School:

SP untuk 1 tahun: Rp 23 juta; atau SP untuk 6 Tahun: Rp 98,8 juta. Adapun rincian biaya SPP berikut dengan kedua opsinya adalah sebagai berikut:

Opsi 1 (dilakukan per semester atau 3 bulan) 

  • TK-A: Rp 17,4 juta
  • TK-B: Rp 17,4 juta
  • Kelas 1-6: Rp 29,1 juta
  • Kelas 7-10: Rp 33,9 juta
  • IB Diploma Kelas 11-12: Rp 40,8 juta

Opsi 2 (dilakukan setahun dan diskon satu bulan)

  • TK-A: Rp 63,8 juta
  • TK-B: Rp 63,8 juta
  • Kelas 1-6: Rp 106,7 juta
  • Kelas 7-10: Rp 124,3 juta
  • IB Diploma Kelas 11-12: Rp 149,6 juta

Selain itu, terdapat biaya tambahan untuk biaya seragam sebesar Rp 700 ribu untuk tiga set seragam sekolah, satu sweater dan satu seragam olahraga.

Sementara untuk kegiatan lainnya sepulang sekolah akan dikenakan biaya tergantung dari jenis kegiatan yang dipilih oleh siswa.

3 dari 4 halaman

3. British School Jakarta

Sekolah yang berada di Pondok Aren, Tangerang Selatan ini didirikan di bawah perlindungan kedutaan besar Britania Raya pada tahun 1973 di Jakarta.

Orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya ke sekolah termahal di Jakarta ini harus merogoh kocek yang tidak murah yakni Rp 300 juta per tahun. Berikut adalah rincian biaya pendidikan di sekolah paling mahal iniseperti dikutip dari situs resminya:

  • Biaya pendaftaran Rp 4 juta dan bila diterima, wajib membayar uang jaminan sebesar Rp 30 juta.
  • Siswa baru di kelas 12 dan 13, juga wajib membayar uang pendaftaran khusus program IB sebesar Rp 30 juta.
  • Uang pembangunan untuk kelas 11-13 Rp 55 juta per satu tahun.
  • Uang sekolah, pelunasan dapat dilakukan per semester ataupun per tahun.

Rincian biayanya:

  • TK usia 3-4 tahun sebesar Rp 107 juta per tahun.
  • TK usia 4-5 tahun sebesar Rp 116 juta per tahun.
  • SD kelas 1 dan 2 sebesar Rp 291,469 juta per tahun.
  • SD kelas 3 hingga 6 sebesar Rp 308,521 juta per tahun.
  • SMP sebesar Rp 353,499 juta per tahun.
  • SMA sebesar Rp 353,499 juta per tahun.
4 dari 4 halaman

4. New Zealand School

Jakarta Sekolah yang berlokasi di Jakarta Selatan ini mengadopsi kurikulum dari Selandia Baru atau New Zealand Curriculum (NZC). Selandia Baru merupakan salah satu negara yang terkenal dengan kualitas pendidikannya sehingga tidak perlu diragukan lagi.

Para siswa di sekolah ini akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 4.000.000 di tingkat awal dan Rp 5.000.000 untuk siswa tingkat sekolah dasar dan menengah. Kemudian, ada juga biaya per tahun yang besarannya berbeda-beda tergantung jenjangnya.

Misalnya, untuk tingkat playgroup dikenakan biaya Rp 48,7 juta per tahunnya. Sedangkan tingkat menengah mencapai Rp 199,4 juta per tahun. Namun, biaya tersebut belum termasuk tambahan seperti bus sekolah, katering atau kantin, seragam, ekstrakurikuler, dan biaya ujian untuk siswa SMP.

5. ACG School Jakarta

Sekolah termahal di Indonesia lainnya adalah ACG School Jakarta. Sekolah internasional yang terletak di Warung Jati, Jakarta Selatan ini menerapkan kurikulum International Baccalaureate (IB) dan langsung dari Selandia Baru dengan pembelajaran bahasa Inggris.

Merujuk dari laman resminya, berikut adalah rincian biaya sekolah ACG School Jakarta yang harus dibayar setiap tahun. Yaitu:

Biaya SPP Kelas 1-2: Rp 235 juta; Kelas 3-6: Rp 295 juta; Kelas 7-11: Rp 306,5 juta; Kelas 12-13: Rp 310,5 juta.

Biaya pendaftaran: Rp 2,5 juta; Biaya pembangunan: Rp 37,6 juta; Biaya transport: Rp 19,3 juta per semester; Biaya English Language Support (ELS): Rp 37 juta per semester.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.