Sukses

Kalahkan Lakers, Klay Thompson Ungkap Pengaruh Tiki-Taka ala Barcelona dalam Kesuksesan Warriors

Klay Thompson Ungkap Adanya Pengaruh Ala Tiki Taka Barcelona Dalam Kesuksesan Warrirors usai kalahkan Lakers di Laga Perdana.

Liputan6.com, Jakarta - Shooting guard milik Golden State Warrirors, Klay Thompson akhir-akhir ini menceritakan perfoma timnya dalam beberapa musim terakhir. Warriors terinspirasi dari sepak bola 'Tiki-Taka ala Barcelona' karena memanfaatkan penguasaan serta pergerakan bola. Ini membuat Warriors terkesan dan menerapkannya saat berlaga hingga mereka sangat dominan dalam beberapa musim terakhir di tangan Steve Kerr.

Golden State Warriors baru saja melakoni laga perdana NBA 2022/2023, saat mereka mengalahkan La Lakers 123-109, Rabu pagi (19/10) kemarin. Bermain di Chase Center, anak asuh Steve Kerr bermain dominan dan telah menjadi kekuatan utama Warriors dalam merebut empat cicin juara NBA dalam delapan tahun terakhir.

Klay Thompson melontarkan pujian kepada pelatih, Steve Kerr karena visi dan misi nya sejak awal kedatangannya membawa dampak positif, dengan permainan ala tiki-taka.

“Saya memuji Steve, dia masuk dan dia memiliki visi, hanya untuk menjaga hal itu tetap panas. Dia memberi kami contoh sempurna dari FC Barcelona, ​​​​mereka menyebutnya tiki-taka,” kata Klay Thompson, dilansir dari TNT, Kamis (20/10).

Dia menambahkan harus memiliki pemain yang terbuka dalam hal mencari posisi kosong serta harus bisa menjaga bola sambil tetap bergerak tanpa henti. Hal ini Warriors ambil dari Barcelona.

“Ini hanya membagi bola ke orang yang terbuka (posisi kosong), lalu kami terus bergerak, dan itu hanya memainkan kekuatan saya dan Steph (Curry) … itu sempurna," ujarnya lagi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Awal Mula Tiki-Taka ala Barcelona di Warriors

Dilansir dari MalayMail, Tiki-taka, yang dipopulerkan oleh tim Barca asuhan Pep Guardiola, terdiri dari serangkaian umpan akurat pendek untuk menjaga bola tetap bergerak tanpa kehilangan penguasaan.

Gaya permainan memberikan kesuksesan besar bagi Barcelona saat Guardiola membimbing mereka meraih 14 gelar antara 2008 dan 2012.

Curry juga memuji Barca dan Guardiola pada tahun 2016, mengatakan bahwa pemain seperti bintang mereka saat itu Lionel Messi menjadi inspirasi karena "hal-hal yang mereka lakukan di setiap pertandingan, dan gaya permainan mereka sangat mirip dengan kami,

Dengan demikian, dari sini awal mula Golden State Warriors menerapkan tiki-taka ala Barcelona ke dalam timnya. Steve Kerr selaku juru taktik nya terus selalu berkembang setiap adanya perubahan karena setiap musim akan selalu berubah dalam pola permainan sehingga mereka mampu bersaing hingga akhir musim. 

3 dari 4 halaman

Tancap Gas, Curry Cetak 33 Poin

Golden StateWarriors amankan kemenangan di laga pembuka melawan Los Angeles Lakers dengan skor akhir 123-109, Selasa (18/10). Warriors tampil dominan dengan selalu unggul selepas kuarter pembuka.

Bintang Warriors, Stephen Curry, langsung panas di gim ini dengan 33 poin, 6 rebound, 7 asis, dan 4 steal. Curry memasukkan 10/22 tembakan (45 persen) dan sempurna dari tembakan gratis (9/9).

Disusul tepat belakangnya ada nama Andrew Wiggins dengan 20 poin, 6 rebound, dan 4 asis. Wiggins jadi pemain Warriors paling tajam dari tripoin hari ini dengan 57 persen (4/7). Klay Thompson menambahkan 18 poin sementara Jordan Poole 12 poin plus 7 asis.

4 dari 4 halaman

Steve Kerr Batasi Bermain Para Pemainnya Usai Cedera

Green tidak lama tampil dalam pertandingan ini. Pelatih Golden State, Steve Kerr sengaja membatasi menit bermainnya setelah sempat absen dari tim hingga Kamis lalu.

Hal yang sama juga dialami Thompson, Kerr seperti dilansir dari FOX mengaku tidak ingin terlalu memaksakan Thompson yang baru pulih dari cedera. Thompson seperti diketahui kembali pada Januari lalu setelah dua tahun lebih absen akibat cedera lutut kiri dan tendon Achilles kanannya.

Sementara itu, center Warriors, James Wiseman membuat penampilan pertamanya sejak musim rookie 2019-20. Sebelumnya, dia juga sempat absen sepanjang musim lalu untuk memulihkan diri dari operasi lutut kanan. Dia mencetak delapan poin dan tujuh rebound.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.