Sukses

Sinopsis Pele: Birth of a Legend, Film Biografi untuk Rayakan Ulang Tahun Pemain Bola Terbaik Dunia

Berikut ini sinopsis Pele: Birth of a Legend.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak kenal pemain sepak bola legenda Pele. Hari ini, pria kelahiran Brasil tersebut berulang tahun yang ke-82 tahun.

Pele, atau yang bernama asli Edson Arantes do Nascimento, lahir pada 23 Oktober tahun 1940. Pele merupakan salah satu ikon dunia persepakbolaan eropa.

Keahliannya di masa muda dalam menggiring bola sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan para pemain bintang dunia sepak bola lainnya juga mengakui Pele sebagai idola. 

Salah satu rekor terkenalnya adalah jumlah gol yang mencapai angka 1.279 kali dalam 1.363 pertandingan. Perlu diketahui bahwa rekor ini juga menghitung pertandingan persahabatan. Rekor ini juga masuk dalam daftar Guinness World Record.

Pele memulai karirnya sebagai pemain bola saat berumur 15 tahun.

Kehidupan Pele muda pada tahun 2016 dirilis dalam bentuk film biografi berjudul Pelé: Birth of a Legend. Film ini disutradarai oleh dua bersaudara Jeff Zimbalist dan Michael Zimbalist.

Film Pelé: Birth of a Legend berdurasi sekitar 107 menit. Film ini dibintangi Kevin de Paula, Vincent D'Onofrio, dan Rodrigo Santoro. Lalu, Pele sendiri juga muncul sebagai cameo di film ini.

Di film ini, Pele dengan apik diperankan oleh Kevin de Paula. Untuk Pele kecil, akan diperankan oleh Leonardo Lima Carvalho. 

Kalian dapat menyaksikan film biografi dirinya yang akan tayang hari ini (23/10/2022) pada pukul 23.30 WIB di Bioskop Trans TV.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sinopsis

Selama karirnya, Pele telah memenagkan berbagai penghargaan bergengsi dunia sepak bola. Namun rekor terhebatnya, yang bahkan akan sangat sulit dilewati pesepakbola mega bintang seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, adalah menjuarai tiga Piala Dunia.

Pele menjadi satu-satunya pemain yang menjuarai tiga Piala Dunia, yakni pada tahun 1958, 1962 dan 1970. Di film biografi Pelé: Birth of a Legend, Piala Dunia tahun 1958 akan menjadi salah satu fokus cerita.

Dilansir IMDb, film Pelé: Birth of a Legend bercerita mengenai kebangkitan Pele di dunia sepak bola. Pele, yang berasal dari daerah kumuh Sao Paulo, memimpin Brasil meraih kemenangan Piala Dunia pertamanya pada usia 17 tahun.

Pele merupakan pemain termuda yang bermain di pertandingan final Piala Dunia, yakni pada usia 17 tahun dan 249 hari. Di pertandingan final antara Brasil dan Swedia yang diselenggarakan pada tanggal 29 Juni 1958, Pele mencetak dua gol.

3 dari 4 halaman

Pemain Muda Terbaik

Dalam turnamen Piala Dunia tahun 1958 yang diselenggarakan di Swedia, Pele yang belum genap berumur 18 tahun pada saat itu menjadi pemain muda terbaik.

Lebih dari itu, Pele juga menerima Silver Ball sebagai penghargaan setelah menjadi pemain terbaik kedua di turnamen. Hal ini bukan tapa alasan.

Mengenai pertandingan final, setelah mencetak dua gol, Pele secara resmi menjadi pemain termuda yang mencetak gol di final Piala Dunia kategori putra.

Bahkan sampai sekarang, Pele adalah satu-satunya pemain di bawah usia 18 tahun yang mencetak gol di sebuah pertandingan dalam sejarah turnamen Piala Dunia, yakni saat Brazil melawan Wales pada 19 Juni.

Dilansir The Analyst, saat pertandingan itu, Pele berusia 17 tahun dan 239 hari.

Selain itu yang membuatnya lebih hebat, selama turnamen Piala Dunia 1958 tersebut berlangsung, Pele mencetak enam buah gol. 

4 dari 4 halaman

Tanpa Ballon d'Or

Ballon d'Or dianggap sebagai puncak penghargaan terhadap prestasi individu di dunia sepak bola. Setiap pemain tentu bermimpi untuk mendapatkannya.

Melihat tiga Piala Dunia yang Pele raih, tentu semua orang akan berpikir Pele pasti meraih banyak penghargaan bergengsi Ballon d'Or ini. Namun faktanya, Pele tidak pernah memenangkan satupun piala bola emas itu.

Hal itu karena Pele tidak memenuhi syarat aturan penerima Ballon d'Or. Sebelum tahun 1995, Ballon d'Or hanya diberikan kepada pemain Eropa. Jadi bahkan untuk nominasi saja, Pele tidak bisa mendapatkannya.

Hal yang sama juga terjadi kepada ikon sepak bola lainnya, Diego Maradona.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.