Sukses

Ganteng dan Tajir Melintir, Potret 5 Pemain Sepak Bola Terkaya Dunia Sepanjang 2022

Sederet lima nama pemain bola yang masuk ke dalam pesebakbola terkaya di dunia menurut Forbes.

Liputan6.com, Jakarta - Pemain sepak bola dunia akan mempersiapkan dirinya untuk partisipasi Piala Dunia 2022 di Qatar, mulai berlangsung 21 November hingga 18 Desember mendatang.

Mereka yang terpilih berarti menjadi pemain nasional terbaik dari negaranya masing-masing. Bahkan kemungkinan besar masuk sebagai pemain sepak bola terkaya di dunia.

Dari ikon sepakbola dunia, yakni Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi hingga bintang muda seperti Kylian Mbappe dan Erling Haaland, mereka tidak hanya mengesankan di lapangan, tetapi juga di sisi pendapatan.

Sebab, aksinya di atas lapangan tak diragukan lagi membuat mereka tersebut dapat mengumpulkan harta kekayaan yang berlimpah.

Sumber pendapatan bola disinyalir berasal dari kontrak gaji bersama klub dan juga di luar lapangan seperti kontrak bersama brand ternama Adidas, Nike, serta membintangi sejumlah bintang iklan.

Berikut lima daftar pesepakbola terkaya di dunia 2022, versi Forbes yang telah dihimpun Liputan6.com:

1. Kylian Mbappe - USD 128 juta

Mega bintang milik Paris Saint-Germain sekaligus calon bintang masa depan, Kylian Mbappe mencatatkan sejarah baru sebagai pemain termuda mencetak pendapatan lebih dari 100 juta USD dalam jangka waktu setahun.

Seiring dengan pendapatan kotor mingguan hampir USD1,7 juta, Kylian Mbappe menghasilkan banyak uang dari Nike dan sebagai duta besar untuk pembuat jam tangan mewah Hublot dengan USD1 juta per tahun, serta mendapatkan gaji baru setelah perpanjang kontrak bersama PSG sebesar 50 juta euro.

Besarnya kekayaan itu membuat Mbappe memiliki rumah mewah senilai USD9,5 juta di Neuilly-sur-Seine, area selebriti mewah di Paris, dan punya berbagai mobil mewah seperti Mercedes-Benz V-Class dan Ferrari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Lionel Messi – USD120 juta

Meski tidak lagi menjadi bintang utama di klub baru, pemain itu tetap menjadi pesepakbola terkaya 2022 versi forbes nomer dua yaitu Lionel Messi. Legenda Barcelona itu diketahui mengumpulkan USD35 juta per tahun setelah pindah dari Barcelona ke Paris Saint-Germain tahun lalu.

Meski demikian, sebagian pendapatan miliknya berasal dari luar lapangan. Salah satunya kontrak seumur hidup dari Adidas di mana ia menghasilkan USD25 juta per tahun dan juga kontrak bersama Vidio iklan Pepsi di Liga Champions.

3 dari 5 halaman

3. Cristiano Ronaldo – USD100 juta

Meskipun tidak lagi muda, Cristiano Ronaldo masih menjadi pesepakbola terkaya di dunia. Termasuk saat kepindahan dari Juventus untuk kembali ke Manchester United pada 2021.

Ronaldo sendiri memegang posisi puncak di Liga Premier dengan gaji pokok sekitar USD575.000 per minggu.

Sumber kekayaan lainnya berasal dari kontrak seumur hidup senilai USD 1 miliar dengan Nike serta kerjasama dengan Herbalife, Tag Heuer, dan Clear.

Selain itu, dia juga menjajal dunia bisnis, dengan mendirikan sejumlah hotel Pestana CR7, restoran Zela, CR7 Crunch Fitness, penyewaan jet pribadi dan klinik rambut serta brand fashion CR7.

Kekayaan ini membuat dirinya memiliki delapan rumah bernilai jutaan dolar di lokasi dari Lisbon, Madrid, dan Turin di Eropa, hingga Manhattan, AS.

Dia juga memiliki koleksi mobil Bugatti Centodieci, Bugatti Chiron, Bugatti Veyron, Rolls-Royce Phantom, Rolls-Royce Cullinan dan Lamborghini Aventador LP 700-4 senilai USD24 juta, di atas Ferrari dan Audinya, menurut Insider. Tak kalah, dia juga punya kapal pesiar senilai USD7,2 juta dan dua jet pribadi.

4 dari 5 halaman

4. Neymar – USD87 juta

Megabintang asal Brazil masih pemegang transfer termahal dunia saat pindah dari Barcelona ke Paris Saint-Germain dengan biaya fantastis sebesar USD263 juta pada tahun 2017, menurut Forbes. Dengan kontrak barunya yang berlangsung hingga 2025, ia dilaporkan menghasilkan sekitar USD36 juta per tahun.

Selain itu, ia menghasilkan banyak uang di luar lapangan, hingga USD40 juta per tahun, dari Nike, Puma, Gillette dan Red Bull.

Berbagai laporan beredar, superstar Brasil itu juga memiliki tiga rumah mewah di Paris, Beverly Hills dan Brasil, sebuah kapal pesiar, jet pribadi, dan selusin supercar senilai lebih dari USD10 juta, seperti Lamborghini Veneno, Aston Martin Vulcan, Maserati Mc12, Ferrari 458 Italia, dan Audi R8 Spyder. V10 Plus. 

5 dari 5 halaman

5. Mohamed Salah – USD53 juta

Pemain terakhir sepak bola terkaya 2022 versi forbes, yakni Mohamed Salah. Dia baru saja memperbarui kontraknya dengan klub seharga USD60 juta selama tiga tahun.

Angka tersebut meningkat dari kontrak lima tahun terakhirnya sebesar USD44,5 juta sejak 2017 sebagai pemain dengan bayaran tertinggi klub.

Selain itu, ia mengantongi USD2,5 juta setiap tahun dari 10 tahun kontraknya dengan Adidas, mulai tahun 2020.

Belum lagi, dia membawa pulang jutaan dolar dari merek lain, seperti Pepsi, Vodafone, Uber dan Oppo. Tahun lalu, dia mencoba bisnis real estate dengan meluncurkan dua perusahaan di Inggris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.