Sukses

Cara Diet ala 7 Member BTS, ARMY Mau Coba?

Selain menjaga kondisi suaranya supaya selalu tampil dengan baik, 7 member BTS juga sangat menjaga berat badannya.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak kenal BTS? Boy grup asal Korea Selatan ini telah terkenal di seluruh dunia. Sebagai penggemar BTS, kamu mungkin memperhatikan bahwa semua anggota BTS selalu memiliki postur tubuh yang ramping.

Selain menjaga kondisi suaranya supaya selalu tampil dengan baik, mereka juga sangat menjaga berat badannya.

Tidak hanya bagi BTS, hal ini sudah menjadi kewajiban atau tuntutan bagi para idol dalam industri KPop, karena mereka harus selalu menjaga penampilan agar tetap fit. Itu sebabnya setiap anggota boy grup dan girl grup memiliki rahasia unik mereka tersendiri untuk memenuhi tuntutan ini.

Sama seperti boy dan girl grup lainnya, BTS juga memiliki rahasia atau tips untuk mempertahankan bentuk tubuh yang sempurna. 

Dalam berbagai kesempatan, member BTS yaitu RM, Jin, J-Hope, Suga, Jimin, V, hingga Jungkook mengungkapkan soal diet ektrem yang mereka jalani untuk mendapatkan bentuk dan ukuran tubuh yang optimal.

Diet member BTS mencakup makanan khusus, olahraga, atau metode unik yang dilakukan para membernya. Melansir dari Channel Korea, Minggu (30/10/2022), berikut beberapa diet dan konsistensi para member BTS untuk menjaga bentuk dan ukuran tubuh yang optimal.

1. RM: Makan Makanan Biasa dan Banyak Minum Air

Leader BTS ini tidak mengikuti diet ketat. RM makan sebanyak yang dia mau, tapi dia tidak suka junk food.

Dia makan secara teratur tiga kali sehari, dan kadang-kadang dia makan makanan ringan. Namun, ia tetap memiliki batas kalori, ia berusaha untuk tidak makan lebih dari 2.000 kalori per hari dan tetap berolahraga keras selama 5 hari dalam seminggu.

Karena jadwal dan pelatihannya yang padat, RM juga minum banyak air untuk menjaga tubuhnya tetap bugar dan terhidrasi.

RM pernah menyebutkan ini sebagai salah satu tips diet sehatnya, tetapi itu tidak pasti apakah kebiasaan minum airnya dapat membantunya menurunkan atau menambah berat badan dalam jumlah tertentu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. J-Hope: Berlatih Dance Lebih Lama dan Latihan Kardio

Sebagai anggota dance line BTS, J-Hope berkewajiban untuk berprestasi dalam menari dan menjadi contoh bagi anggota lainnya. Untuk itu, J-Hope selalu memperpanjang masa latihan dance-nya selama beberapa jam. Biasanya dia memang mengambil latihan dance dengan anggota lain, tapi dia juga berlatih dance lebih lama sendirian.

Berbicara tentang asupan kalori, J-Hope tidak pernah mengikuti beberapa diet tetap dan ketat sama seperti yang dilakukan RM. Dia biasanya makan sebanyak yang dia mau, tetapi dia secara teratur makan oatmeal, buah-buahan, ayam, ikan terutama salmon, dan sayuran.

3 dari 4 halaman

3. Rencana Diet Suga: Puasa Intermiten

Suga merupakan salah satu member yang memiliki rencana diet paling ekstrim. Sebenarnya, dia tidak pernah menjalani diet tetap. Dia hanya mencoba mengatur durasi asupannya, metode yang dikenal sebagai puasa intermiten.

Dia menerapkan puasa 18/6 ke tubuhnya, yang mengharuskannya menahan lapar selama 18 jam dan makan terus menerus selama enam jam berikutnya.

Setiap sarapan, rapper satu ini hanya makan smoothie setiap pagi. Smoothie ala Suga yaitu smoothie dengan daging dada ayam yang ia campur dengan susu almond, pisang, bluberi dan bubuk protein.

4. Jin: Makan Ayam dan Berolahraga

Jin bisa menjaga berat badannya dengan makan ayam dan berolahraga. Dia biasanya makan tiga kali sehari, yaitu makan ayam saat sarapan, makan siang, dan makan malam. Sejak lama, Jin memilih dada ayam sebagai menu diet andalannya.

Sewaktu persiapan album keempatnya Wings dengan anggota lain, dia mengaku bahwa dia hanya makan dua bungkus dada ayam setiap hari selama setahun.

Jin yang bahkan menolak mengonsumsi vitamin, akhirnya mengalami malnutrisi, kondisi ketika tubuh kekurangan asupan nutrisi.

Karena kekurangan gizi akibat diet ekstrem itu, Jin mengubah rencana dietnya dan mengombinasikan dada ayam dengan makanan sehat lainnya, seperti sosis, sayuran, sup, dan karbohidrat.

Sebenarnya Jin sudah banyak mengubah pola makannya, berubah dari yang tidak sehat menjadi lebih sehat. Namun, hingga saat ini dia masih memilih dada ayam sebagai favoritnya.

4 dari 4 halaman

5. Jungkook: Makan Salad, Jus, dan Latihan Kardio

Jika kita mengingat momen-momen pra-debut BTS, kamu mungkin memperhatikan bahwa Jungkook memiliki bentuk tubuh yang paling berbeda.

Tubuhnya telah berubah secara signifikan dan ini mungkin karena pola makan vegan dan latihan kardionya. Golden Maknae telah berusaha bekerja keras untuk mendapatkan massa otot dan mempertahankan perutnya.

Namun, ia juga cenderung berencana untuk menurunkan dan mempertahankan berat badan yang cukup rendah.

Selama beberapa hari, ia sering melewatkan waktu makan, terutama saat mempersiapkan konser dan comeback. Selama periode itu, dia mengungkapkan bahwa dia hanya makan ketika dia lapar. Ia juga berusaha untuk tidak makan snack dan makanan yang tidak perlu.

Jungkook juga harus mengikuti beberapa rencana latihan yang dikemas. Ia melakukan latihan kardio, seperti move squat, push-up, jump squat, pike push-up, plank, dan leg raise selama dua hingga tiga jam. Ia juga kerap membagikan momen latihannya melalui video di YouTube.

6. Jimin: Hanya Makan Dada Ayam Setiap Sepuluh Hari

Di antara ketujuh anggota, Jimin memiliki rencana diet paling ekstrem, gila, dan kontroversial. Rencana dietnya telah menjadi topik hangat di ARMY dan umumnya di kalangan penggemar K-pop, terutama saat dia hanya makan dada ayam 1 hari 1 kali selama 10 hari di tahun 2016.

Tidak heran saat rehearsal konser, Jimin pernah pingsan karena tidak mempunyai energi untuk beraktivitas. Kini, Jimin tidak lagi mengikuti diet kontroversial seperti itu.

Dalam beberapa wawancara BTS pada tahun 2016, Jimin sering mengungkapkan bahwa para anggota (terutama Jin) sangat mengkhawatirkannya dan terus-menerus mendorongnya untuk makan.

Jin juga mengingatkannya tentang dampak negatif pada kesehatannya ketika melakukan diet seperti itu, tetapi Jimin meyakinkannya bahwa dia akan menjaga dirinya sendiri.

Sejak itu, perasaan Jimin menjadi lebih sensitif ketika dia mendengar kata "diet" dan "dada ayam". Selain itu, ia juga menderita banyak masalah kesehatan.

Beberapa di antaranya termasuk pernapasan berat, mudah memar, jerawat memburuk, kulit kusam, rambut dan otot rontok, dan kepekaan yang lebih tinggi terhadap penciuman.

7. V: Makan Sup dan Nikmati Makanan

Kim Tae-hyung adalah anggota yang paling tidak memusingkan tentang rencana diet. Mirip dengan RM dan J-Hope, dia tidak memiliki diet ketat. Terlebih lagi hamburger dan ayam goreng adalah favoritnya, diet ketat menjadi hal sulit bagi V. Dia hanya mencoba makan makanan ringan, dan dia suka makan apa pun yang dia mau. 

V juga menyebutkan bahwa sup akan membantu menjaga berat badan, dan itulah mengapa dia menikmati makan sup. Selain itu, ia juga menikmati makan semua jenis makanan.

Dia percaya bahwa kenikmatan makanan akan membuat makanan kita kurang berlemak, dan tidak akan membuat kita bertambah gemuk. V diketahui selalu diet setiap kali jelang comeback album baru, dengan tidak mengonsumi makanan junk food berlemak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.