Sukses

Mengenal Berbagai Jenis Benang yang Jarang Orang Ketahui

Berbagai jenis benang dibutuhkan untuk menghasilkan kain yang tadinya tidak bisa digunakan menjadi pakaian yang bermanfaat untuk banyak orang.

Liputan6.com, Jakarta - Benang merupakan serat panjang yang kerap digunakan untuk menjahit. Benang dapat dibuat dari lusinan serat, campuran, dan bahan berbeda yang sulit dibedakan. Serat-seratnya memanjang dengan garis tengah dan jumlah antihan yang diperoleh melalui proses pemintalan.

Jika kamu seorang pemula, memilih benang bisa jadi hal yang cukup sulit dilakukan. Bagaimana kamu bisa mengetahui perbedaan antara serat hewan, tumbuhan, dan sintetis? Lebih penting lagi, bagaimana kamu tahu jenis tekstil apa yang akan dihasilkan oleh setiap jenis benang?

Berbagai jenis benang dibutuhkan untuk menghasilkan kain yang tadinya tidak bisa digunakan menjadi pakaian yang bermanfaat untuk banyak orang. Berikut ini jenis dan bahan pada serat benang dilansir knittingknowledge.com, Senin (3110/2022)

Jenis & Bahan Serat Benang

Benang rajut terdiri dari serat dan bahan yang berbeda yang mana semuanya memiliki kualitas uniknya sendiri. Kamu dapat memilih antara serat alami atau sintetis yang bervariasi dalam harga, tekstur, dan kegunaan.

Seperti namanya, serat benang alami seperti wol, kapas, dan sutra dihasilkan dari tumbuhan atau hewan. Serat sintetis seperti akrilik atau poliester adalah buatan manusia. Sebagian besar pabrikan memadukan serat alami dan sintetis untuk membuat benang dengan karakteristik tertentu yang diinginkan seperti kelembutan.

Jenis Benang Alami (Serat Organik Hewan dan Tumbuhan)

Benang alami diproduksi menggunakan bahan alami dari tumbuhan dan hewan. Serat benang hewan sangat baik untuk pakaian rajut musim dingin yang hangat karena sifat insulasinya yang sangat baik, meskipun tidak cocok untuk vegan dan beberapa orang dapat merasa gatal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Benang Serat Alami

1. Wol

Wol adalah serat benang yang paling umum untuk merajut. Terbuat dari bulu domba, benang wol hadir dalam berbagai jenis dan biasanya digunakan untuk sweater yang pas, syal, perlengkapan selimut tebal dan banyak lagi. Wol sangat menyekat, bernapas, dan hangat, tetapi bisa terasa gatal dan menyebabkan reaksi alergi.

Wol sering dicampur dengan serat lain untuk meningkatkan daya tahan. Ini dapat dengan mudah dicelup ke dalam berbagai warna dan umumnya cukup tahan terhadap kelembapan.

2. Alpaca

Serat benang alpaka lembut dan halus dengan diameter kecil dan benang berongga. Ini menciptakan tekstur yang sangat lembut dan mewah yang sangat memikat dan jauh lebih hangat daripada wol domba. 

Wol alpaka tahan lama dan memerangkap panas dengan baik, tetapi tidak mempertahankan bentuknya seperti jenis wol lainnya. Kehangatannya menjadikannya bahan pokok untuk pakaian musim dingin.

3. Kasmir

Kasmir adalah benang berkualitas tinggi yang sangat lembut dan halus saat disentuh. Serat kasmir sangat halus dan benar-benar menjadi lebih lembut saat dipakai. Meskipun telah menjadi identik dengan kemewahan, kasmir juga terkenal mahal dan lebih lemah dari wol konvensional.

Proses ini tidak mudah dan setiap kambing tidak menghasilkan banyak wol. Bahkan, dibutuhkan serat hingga empat ekor kambing untuk menghasilkan benang untuk satu sweter rajutan.

4. Mohair

Benang Mohair adalah benang mengkilap dan ringan dengan tekstur lembut dan halus yang menurut sebagian orang mengiritasi kulit. Meskipun udaranya sejuk, mohair hangat dan sangat tahan lama dan sering digandakan dengan serat lain untuk menambah berat dan kekuatan tarik. 

Mohair adalah serat hewani yang dihasilkan dari bulu kambing Angora. Ini sangat menyerap dan bernapas yang membuatnya bagus untuk sweater dan syal untuk semua musim. 

3 dari 5 halaman

Benang Serat Alami

5. Anggora

Serat hewani lainnya, wol Anggora adalah jenis benang halus yang dihasilkan dari bulu kelinci Angora. Hal ini mirip dengan kasmir dalam kelembutan dan sama-sama mahal, tetapi sampai tujuh kali lebih hangat dari wol domba normal.

Benang Anggora halus dan berkilau seperti mohair, yang dapat menyulitkan pemula atau perajut yang mencoba membuat jahitan rumit dengan definisi yang baik. 

6. Ilama

Benang llama sangat mirip dengan benang alpaka. Bagus untuk sweater chunky, seratnya juga berlubang dan bebas dari bahan kimia lanolin yang menyebabkan alergi. Ini berarti pakaian yang dirajut dengan benang llama memiliki bobot yang ringan namun tetap hangat.

7. Kapas

Kapas adalah serat benang nabati yang kuat, ringan, dan murah. Karena kualitas penyerap dan daya serapnya, kapas sering digunakan untuk merajut pakaian musim panas yang ringan atau serbet, serta proyek yang membutuhkan jahitan yang jelas. Ini juga merupakan pilihan yang bagus jika kamu alergi atau teriritasi oleh benang hewani.

8. Sutra

Bisa dibilang jenis benang paling mahal dari semuanya, benang sutra kuat, berkilau, dan halus saat disentuh. Biasanya bekerja dalam bobot halus atau prima, serat sutra memberikan definisi jahitan yang sangat baik dan kilau khas pada pakaian rajutan. Benang sutra ringan dan bernapas, tetapi juga dapat memberikan insulasi jika dicampur dengan jenis serat lainnya.

4 dari 5 halaman

Benang Serat Alami

9. Linen

Serat linen telah dipintal untuk membuat pakaian selama ribuan tahun. Jenis serat nabati lainnya, benang linen menyerap kelembapan dengan sangat mudah dan sangat kuat terhadap suhu tinggi.

Benangnya kuat dan ringan, tetapi sangat mudah kusut dan kusut. Dibandingkan dengan serat kapas, linen jauh lebih elastis dan melembut dalam air hangat. 

10. Bambu

Serat yang terjadi secara alami, benang bambu relatif baru di pasar. Mereka biasanya digunakan dalam proyek merajut ringan untuk membuat pakaian musim panas yang sejuk dan bernapas.

Benang bambu bisa sangat lembut, dan sifat non-alerginya menjadikannya pilihan yang baik jika kamu atau orang yang dibuatkan rajutan sensitif terhadap wol. Ini lebih menyerap daripada kapas dan sering dianggap memiliki sifat antibakteri juga.

11. Rami

Rami adalah serat benang alami lainnya yang relatif baru di dunia perajutan. Ini lebih lembut dari yang Anda harapkan dan sangat kokoh. Berkat daya tahannya, rami paling sering digunakan untuk proyek-proyek berat seperti mantel, kaus kaki boot, dan serbet. 

5 dari 5 halaman

Benang Serat Sintetis

Jenis Benang Sintetis (Serat Benang Buatan Manusia)

Benang sintetis dibuat dengan bahan kimia daripada bahan alami. Mereka biasanya jauh lebih murah daripada jenis benang hewani atau nabati, dan biasanya juga lebih mudah dirawat.

1. Akrilik

Akrilik adalah serat buatan manusia biasa yang kadang-kadang disebut sebagai "wol imitasi" karena sifat penahan panasnya. Biasanya jauh lebih murah daripada serat alami, yang menjadikannya pilihan tepat bagi pemula yang ingin berlatih proyek rajutan pertama mereka. Meskipun hangat dan kuat, akrilik tidak menyerap atau menyerap keringat seperti wol domba. 

2. Polyester

Polyester adalah benang sintetis yang terbuat dari campuran ekstrak tumbuhan, minyak bumi, dan batu bara, sehingga sangat tidak ramah lingkungan. Ini adalah pengganti wol yang tahan lama dan sering digunakan sebagai pengganti serat hewani bagi mereka yang alergi.

3. Rayon

Serat rayon berada di tengah-tengah antara sintetis dan nabati. Bahan ini dibuat dan diproses menggunakan campuran bubuk kayu yang dilarutkan dan bahan kimia seperti natrium hidroksida.

Kebanyakan benang rayon mengkilat dan halus saat disentuh. Beberapa produsen benang bahkan menggunakan rayon atau nilon untuk meniru karakteristik serat alami seperti sutra.

4. Nilon

Nilon adalah jenis benang sintetis lain yang dirancang untuk menawarkan alternatif murah untuk sutra. Mirip dengan rayon, itu mengkilap, mudah dicuci, dan sangat kuat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini