Sukses

Korban Tragedi Halloween Itaewon Gagal Donor Organ, Sekujur Tubuh Rusak Parah

Salah satu korban dari tragedi halloween Itaewon tidak bisa mendonor karena alami kerusakan organ tubuh.

Liputan6.com, Seoul - Ibu dari salah satu korban tragedi Itaewon, Lim, meneteskan air mata ketika diberitahu oleh pihak rumah sakit bahwa organ putrinya tidak dapat disumbangkan karena rusak parah.

Dilansir dari laman Allkpop pada Selasa (1/11) ibu dari korban tragedi Halloween Itaewon  teringat akan impian sang anak untuk menjadi seorang pendonor organ kepada orang yang membutuhkan, sehingga dia memutuskan mengajukan donor organ putrinya ke pihak rumah sakit.

Nahas, pihak rumah sakit memberitahu sang ibu bahwa organ milik anak tercintanya mengalami kerusakan parah, sehingga tidak bisa untuk disumbangkan.

Putrinya diketahui berinisial Park (27). Tahun ini, Park memasuki sekolah perawat di kawasan Mokpo, Jeollanam-do, Korea Selatan. Ibunya bercerita kalau Park mempunyai mimpi untuk menjadi seorang perawat.

Tak hanya itu, Park pernah bercerita kalau dirinya sangat ingin mendonorkan organ tubuhnya kepada orang-orang yang membutuhkan nantinya ketika dia telah tiada.

Sang ibu pun meneteskan air mata ketika mengetahui berita tentang tragedi halloween di Itaewon yang telah merenggut nyawa putri kesayangannya.

Dia sampai tak bisa makan setelah mengetahui apa yang telah terjadi pada putrinya.

Selepas mendapatkan kabar duka tersebut, ibu Park menghormati keinginan sang putri untuk mendonorkan organ tubuh anak tercintanya. Namun sayang, pihak rumah sakit berkata lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kronologi Kejadian

Menurut laporan setempat, Park diselamatkan dari penyerbuan Itaewon pada Sabtu malam (29/10).

Dia menerima Resusitasi Jantung Paru (CPR) dan dibawa ke ruang gawat darurat Rumah Sakit Universitas Nasional Seoul.

Park mengunjungi Itaewon bersama dengan teman kuliahnya.

Lim yang menerima berita duka tentang putrinya pada pukul 3.00 pagi langsung bergegas menuju Seoul.

Ketika Lim tiba, Park masih hidup tetapi masih tidak sadarkan diri dan dibantu dengan alat ventilator.

Saksi mengatakan bahwa Park ditemukan di bawah kerumunan saat insiden yang terjadi di gang Itaewon di sebelah Hotel Hamilton.

Keluarga Park memutuskan untuk mendonorkan organ sang putri, tetapi rumah sakit mengatakan kepada keluarga bahwa akan sulit untuk mendonorkan organnya karena kerusakan parah pada organ tersebut.

Pada tanggal 30 Oktober 2022, Park dinyatakan meninggal dunia pada pukul 5.00 sore.

3 dari 4 halaman

Aktor Korea jadi Korban

Aktor sekaligus salah satu kontestan dari program survival Mnet 'Produce 101 Season 2', Lee Jihan, dilaporkan sebagai korban yang meninggal dunia dalam tragedi halloween Itaewon.

Lee Jihan merupakan aktor dari 935 Entertainment yang juga pernah membintangi iklan salah satu merek kopi lokal di Indonesia bersama dengan aktris Baby Tsabina dan Mawar De Jongh.

Tak hanya itu, dia diketahui pernah membintangi drama Korea bertajuk Today was Another Namhyun Day. 

Aktor Lee Jihan dilaporkan juga tengah berada dalam kontrak untuk menjalani proses syuting untuk drama MBC bertajuk The Season of Kkokdu bersama aktor Kim Jung Hyun dan aktris Im Soo Hyang.

 

4 dari 4 halaman

Hari Berkabung Nasional

Pada hari Minggu, 30 Oktober 2022, Presiden Korea Selatan, Yoon Seok Yeol langsung mengadakan konferensi pers di kantor kepresidenan Yongsan.

Ia mengumumkan bahwa tragedi halloween Itaewon ini merupakan keadaan darurat dan menjadi masa berkabung bagi Korea Selatan hingga 5 November 2022 mendatang.

Tak hanya itu, banyak juga acara festival musik, drama, variety showreality show, yang dikabarkan batal tayang untuk menghormati para korban dan keluarga dari tragedi ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.