Sukses

5 Grup Kpop dengan Umur Paling Singkat

Meski tidak mudah untuk debut, ternyata ada juga grup Kpop yang usianya tidak panjang. Berikut, lima grup kpop dengan waktu debut paling singkat

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi idol Kpop merupakan salah satu pencapaian yang tidak mudah. Banyak tantangan dan rintangan yang harus dilewati dengan waktu yang tidak singkat.

Sebelum menjadi seorang bintang sesungguhnya, para idol ini harus menjalani masa latihan yang sangat ketat dengan batas waktu yang tidak dapat ditentukan.

Mereka harus menjalani masa-masa menjadi trainee dan berlatih hingga sembilan jam setiap harinya dalam kurun waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun.

Jika para calon idol dianggap sudah cukup matang dan sesuai mereka akan memulai debutnya dengan waktu pelatihan yang cukup singkat, namun sebaliknya jika kemampuan da kualitas dari calon idol maka mereka harus berlatih lebih keras lagi untuk dipilih oleh perusahaan untuk debut sebagai idola sesungguhnya.

Untuk itu, debut merupakan suatu hal yang dinanti-nanti oleh para idol. Selain merupakan buah dari semua hasil kerja keras yang telah mereka lakukan, debut adalah salah satu pembuktian apakah seorang idol akan dapat disukai dan dicintai oleh publik nantinya.

Namun meskipun para idol sudah melewati fase debut, masih banyak tantangan yang harus didapatkan.

Ketika para idol mempunyai masalah yang belum terselesaikan pada masa lalu atau performa mereka saat debut kurang mendapat sorotan dari publik, nasib grup mereka ke depan akan menjadi suatu pertimbangan. Banyak grup yang hanya berumur singkat karena masalah yang muncul ketika mereka debut.

Mengutip dari laman Kpop Starz, Minggu (07/11/2022) berikut lima grup kpop dengan waktu debut paling singkat: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. 1NB - 5 Bulan

1NB, juga dikenal sebagai 1 New Best, adalah girl group yang memulai debutnya di bawah naungan Trivus Entertainment pada 29 November 2017.

Grup ini terdiri dari anggota Leeda, Shinhye, Hajung, Jayeon, dan Sojung, dengan Jungyu berpisah karena alasan pribadi.

Terlepas dari awal yang menjanjikan di industri ini setelah komikus horor Jepang Junji Ito memuji lagu pre-debut bertema horor mereka "Stalker". Grup ini akhirnya bubar pada 27 April 2018, setelah lima bulan melakukan debut.

Alasan di balik pembubaran mereka juga belum terungkap hingga sekarang.

3 dari 6 halaman

2. XUM - 9 Bulan

XUM, kependekan dari Xumething Unlimited Move, memulai debutnya pada 24 September 2020, dengan tiga anggota dari grup Neon Punch yang telah dibubarkan yaitu Baekah, Daeyeon, dan Iaan.

Sebelum ketiga anggota tersebut debut kembali sebagai XUM, Neon Punch sempat bubar karena pandemi COVID-19 yang terjadi secara global.

Mereka akhirnya debut kembali namun juga tidak bertahan lama dan bubar pada 1 Juni 2021, setelah hanya sembilan bulan setelah mereka melakukan debut.

4 dari 6 halaman

3. X1 - 4 Bulan

X1 adalah boy group yang dibentuk melalui program survival Mnet "Produce X 101".

Grup ini memulai debutnya dengan 11 anggota pada tanggal 27 Agustus 2019, dan awalnya ditetapkan untuk berpromosi bersama selama lima tahun.

Namun, acara dan produsernya diselidiki karena manipulasi pemungutan suara, yang membuat grup ini menghentikan aktivitas mereka.

Setelah kontroversi seputar serial Produce dan negosiasi yang gagal mengenai masa depan grup, X1 akhirnya bubar pada 6 Januari 2020. Dan grup hanya melakukan promosi selama empat bulan bersama.

5 dari 6 halaman

4. Kiss&Cry - 7 Bulan

Girl group beranggotakan empat orang, Kiss&Cry, memulai debutnya di bawah naungan Winning Insight Media pada 24 Januari 2014. Grup ini terdiri dari anggota Haena, Bohye, Dia, dan Yumi.

Setelah merilis single digital mereka Domino Game, grup ini mampu membuat satu comeback dengan Revenge di tahun yang sama.

Namun, setelah Haena meninggalkan grup setelah kontraknya berakhir, grup ini akhirnya bubar sama sekali pada bulan Agustus 2014, setelah hanya tujuh bulan melakukan debut dan promosi.

6 dari 6 halaman

5. SOLIA - 5 hari

SOLIA memulai debutnya pada 17 Agustus 2021, dengan single digital Dream di bawah naungan Space Music Entertainment.

Grup ini terdiri dari lima anggota, beberapa di antaranya adalah mantan anggota grup SIOSIJAK.

Namun, setelah hanya lima hari melakukan debut, SOLIA mengumumkan pembubaran mereka pada 22 Agustus 2021, karena konflik kepentingan antara member dengan perusahaan.

Grup ini menjadi berita utama setelah berita pembubaran mereka, menjadi grup dengan pembubaran tercepat dalam sejarah Kpop.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.