Sukses

Aduh Malu! Ricuhnya Konser NCT 127 di Indonesia Disorot Media Korsel dan Fans Internasional

Kericuhan Konser NCT 127 yang terjadi pada malam pertama di ICE BSD menjadi sorotan media Korea Selatan

Liputan6.com, Tangerang - Sejumlah media asing dan fans internasional menyoroti konser NCT 127 di Indonesia yang harus dihentikan secara paksa di hari pertama pertunjukan pada Jumat malam, 4 November 2022.

Konser bertajuk NCT 127 2nd Tour Neo City: Jakarta - The Link yang bertempat di ICE BSD terpaksa harus selesai 30 menit lebih cepat. 

Aksi dorong-dorongan sesama NCTzen yang membuat barikade terjatuh, serta adanya 30 fans yang pingsan membuat pihak promotor dan polisi tanpa ragu memberhentikan konser NCT 127 tersebut. 

Hal tersebut sontak menjadi perhatian para Sijeuni --- sebutan untuk fans NCT --- baik di Indonesia maupun di luar. Selain itu, beberapa media asing juga menyoroti hal ini. 

Bagaimana tidak? Beberapa waktu lalu, terjadi tragedi yang tidak mengenakan yang berasal dari kerumunan dan saling dorong di Itaewon, Korea Selatan.

Media Allkpop, misalnya, yang menurunkan berita dengan judul ‘NCT 127 Concert in Jakarta Indonesia Stopped Midway due to Fans Pushing and Fainting’. Yang artinya, Konser NCT 127 di Jakarta Indonesia Dihentikan di Tengah Jalan karena Penggemar Saling Dorong dan Pingsan.

Begitupun dengan Soompi yang menurunkan berita berjudul ‘NCT 127’s Jakarta Concert Ends Early After 30 Fans Faint + Event Organizer Apologizes’ (Konser NCT 127 di Jakarta Berakhir Lebih Awal Setelah 30 Penggemar Pingsan, Penyelenggara Acara Meminta Maaf).

Media Korea Selatan yang lain, Koreaboo juga memberitakan dengan judul ‘NCT 127’s Concert In Indonesia Forced To End Early After Several Fans Faint During The Show’ atau Konser NCT 127 di Indonesia Berakhir Lebih Awal Setelah Beberapa Penggemar Pingsan di Pertunjukkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Respons Fans Internasional dan Trending di Twitter

Setelah berita konser meluas di media sosial, Trending Topic Seoul Korea pada Jumat, 4 November pukul 10.30 malam memuat kata-kata yang berhubungan dengan hal tersebut. 

Trending dengan kata 자카르타 (Jakarta) dan 애들 멘탈 (Mental Anak-anak) yang membahas NCT 127 The Link Jakarta. 

Dari nomor teratas hingga terbawah menampilkan kata: ‘Indonesia’,  ‘Trauma Anak-anak’, ‘Sijeuni’, ‘Stop Performance’, ‘Jakarta’, dan ‘Syukurlah’. 

Salah satu Sijeuni asal Jepang juga mengomentari hal ini. 

"Mengapa sopan santun Anda begitu buruk. Korea baru saja mengalami kecelakaan tragis, tetapi kejam membiarkan para anggota (apalagi orang Korea) melakukan hal seperti itu," tulis @x_ern_x di akun Twitternya. 

Selain Sijeuni asal Jepang, salah seorang Sijeuni asal Korea juga berharap akan ada klarifikasi lain dari agensi.

“Apakah Anda mengatakan bahwa paramedis dan personel keselamatan tambahan akan dikerahkan dan konser pada hari ke-2 akan dilanjutkan? Saya berharap agensi akan membuat pengumuman resmi juga,” tulis akun @aquariusjjh merespon pengumuman Dyandra Global, promotor konser NCT127 The Link.

“Inilah sebabnya mengapa konser yang berdiri itu buruk,” ujar Netizen Korea lainnya.

“Saya mendengar 30 orang mendapat penanganan medis karena mereka pingsan, ini sangat menakutkan. Saya khawatir dengan orang-orang di sana. Saya khawatir dengan pada member NCT 127. Belum lama sejak tragedi Itaewon,” tulis penggemar Korea lainnya.

3 dari 4 halaman

Menyoroti Ancaman Bom

Lokasi konser boyband asal Korea Selatan, NCT 127, mendapat ancaman bom dari media sosial, Jumat (4/11/2022).

Media Allkpop salah satunya, yang menyoroti bahwa sebelum diberhentikan paksa, beredar ancaman bom di sekitar lokasi konser.

“Sebuah surat ancaman bom yang menargetkan tempat konser NCT 127 ditemukan pada Jumat, 4 November. Tetapi, bom tersebut tidak ditemukan ketika polisi setempat menggeledah gedung konser dengan anjing pelacak. Konser tetap digelar sesuai jadwal,” ulas Allkpop. 

Tak hanya Allkpop, Koreaboo dan Soompi juga mengulas ancaman bom di sekitar lokasi.

"Setelah ancaman bom berhasil diatasi polisi setempat, konser berjalan seperti biasa sebelum pergerakan kerumunan penonton menimbulkan masalah," tulis Koreaboo, 

Menurut salah satu penggemar yang berada di lokasi, kerusuhan mulai terjadi saat member NCT 127 mulai melempar bola. Saling dorong dilakukan dan penggemar maju ke arah panggung hingga barricade jatuh.

NCT 127 sendiri sudah sempat memberhentikan konser dan menginstruksikan penggemarnya untuk berhenti saling dorong dan mundur agar tidak ada yang terluka. 

4 dari 4 halaman

Pengaturan Tempat Duduk

Selain tentang ancaman bom, media asing seperti Soompi, Koreaboo, dan Kpoppost juga menyoroti bagaimana ‘seating plan’ di konser NCT 127 kemarin. 

Indonesia kebanyakan memiliki dua jenis pengaturan tempat duduk. Tidak berbeda dengan pengaturan yang diberlakukan pada konser NCT 127 The Link. 

Ada tempat yang bisa membuat penonton duduk nyaman saat menonton konser. Namun, likasinya cukup jauh dari panggung. 

Ada juga tempat yang lebih dekat dengan panggung. Namun, mengharuskan penggemar untuk berdiri selama pertunjukan berlangsung.

Pada konser di Jakarta, kekacauan mulai terjadi setelah NCT 127 membawakan lagu 'Paradise'. Kesembilan anggota NCT 127 berjalan mengelilingi panggung sambil melemparkan bola bertanda tangan untuk para penggemar.

Saat itulah orang-orang di belakang kerumunan yang berdiri mulai bergerak menuju panggung.

Akibatnya, orang-orang ini saling dorong dengan prang yang didepan, dan menyebabkan mereka terhimpit di antara kerumunan,” ulas Kpoppost dalam berita yang ia turunkan dengan judul ‘NCT 127 Jakarta Concert Issues: STOPPED After Multiple Fans FAINTED – What REALLY Happened?’.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.