Sukses

Bocoran iPhone 15, Ini 8 Fitur Baru yang Bakal Hadir

iPhone 14 baru dirilis di seluruh dunia, namun iPhone 15 sudah ada bocorannya. Berikut 8 fitur baru yang akan hadir di iPhone 15 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Apple dikabarkan akan merilis iPhone baru di tahun 2023 ini. Dua di antaranya adalah iPhone SE 4 dan iPhone 15 yang akan rilis sekitar September 2023. Meski iPhone 14 baru saja dirilis, bocoran mengenai fitur iPhone 15 sudah beredar di internet. 

Dikutip dari Macrumors, Senin (8/11/2022), peningkatan dan perubahan di iPhone 15 akan lebih signifikan dibandingkan iPhone 14 yang hadir di tahun 2022. 

"Sepertinya model iPhone 15 bisa mendapatkan pembaruan yang lebih penting daripada yang kita lihat untuk iPhone 14, termasuk fitur yang diinginkan banyak pengguna iPhone selama bertahun-tahun," demikian ditulis Macrumors.

Dikabarkan iPhone 15 akan beralih dari Lightning ke USB Type C pada tahun 2023, berikut 8 fitur yang akan hadir di iPhone 15 mendatang.

1. Lubang Port USB-C

Tahun 2023 diperkirakan akan menandai berakhirnya masa port Lightning untuk iPhone. Pasalnya Apple akan mentransisikan Lightning port ke USB Type C.

Hal ini sejalan dengan regulasi Eropa yang mengharuskan semua port menggunakan standar, yakni USB Type C. Hal tersebut berarti Anda akan dapat mengisi daya Mac, iPad, dan iPhone terbaru (seri iPhone 15) semuanya dengan konektor yang sama.

"Apple tidak benar-benar beralih ke USB Type C untuk membuat hidup Anda lebih nyaman, Apple membuat perubahan karena Uni Eropa menuntutnya. iPhone yang dijual di Eropa harus memiliki port USB Type C pada tahun 2024, jadi Apple perlu membuat perubahan desain di seluruh dunia atau membuat iPhone khusus untuk Eropa," tulis Macrumors.

Apple telah mengonfirmasi akan mematuhi peraturan setempat, dan rumor menunjukkan bahwa Apple akan melakukan perubahan pada tahun 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Tombol Volume dan Tombol Power

Analis Apple, Ming-Chi Kuo, baru-baru ini mengatakan bahwa Apple mungkin menambahkan tombol volume dan daya solid state ke iPhone 15 daripada tombol fisik, yang akan mirip dengan trackpad pada Mac dan tombol Home iPhone 7.

Umpan balik haptic akan meniru nuansa penekanan tombol pada tombol solid, menggantikan penekanan tombol mekanis.

Menggunakan tombol solid state kemungkinan akan melindungi dari masuknya air dan dapat memungkinkan Apple untuk memberikan ketahanan air yang lebih baik. Kemungkinan dengan adanya tombol solid state ini mengharuskan Apple untuk menambahkan Taptic Engine baru.

3. Dynamic Island untuk Semua Model

Semua Model Apple memperkenalkan Dynamic Island untuk iPhone 14 Pro dan Pro Max, sementara model iPhone 14 yang lebih murah terus menggunakan notch.

Di lini iPhone 15, seluruh jajaran model diharapkan mendapatkan Dynamic Island, mungkin opsi bagus untuk kalian yang menginginkan Dynamic Island namun di basic model, agar memangkas pengeluaran yang lebih minim.

3 dari 4 halaman

3. Ukuran yang Sama di Semua Model

Sepertinya ukuran dari iPhone 15 sama semua, mulai dari iPhone 15 dan 15 Pro akan berukuran 6,1 inci, dan iPhone 15 Plus dan iPhone 15 Pro Max akan berukuran 6,7 inci.

4. Teknologi Lensa Periskop

Menurut Juli Clover dari Macrumors, Apple akan menggunakan lensa periskop karena beberapa produsen Android telah menggunakan lensa tersebut. 

"Kami telah mendengar tentang pekerjaan Apple pada teknologi lensa periskop selama bertahun-tahun sekarang, dan fitur ini kemungkinan diperkenalkan pada 2023," dikutip dari Macrumors

Dengan lensa periskop, Apple bisa menawarkan 5x atau bahkan 10x optical zoom, tentu peningkatan yang signifikan dari 3x pada model iPhone 14 Pro saat ini.

5. Perubahan Nama di Model iPhone  15

Mark Gurman dari Bloomberg mengatakan bahwa Apple mungkin akan mengganti versi Pro Max dari iPhone 15 dengan model Ultra kelas atas yang baru.

Itu akan sejalan dengan Apple Watch Ultra, dan itu bisa memberi Apple alasan untuk membatasi fitur-fitur tertentu ke iPhone kelas atas, seperti teknologi lensa periskop. Analis Apple, Ming-Chi Kuo, telah mengatakan bahwa lensa periskop dapat dibatasi untuk iPhone di versi paling flagship.

4 dari 4 halaman

6. Chip A17 Berteknologi 3Nm

Model iPhone 15 Pro kemungkinan menggunakan chip 3-nanometer dari pemasok Apple, TSMC. Teknologi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja pemrosesan sebesar 10 hingga 15 persen, sekaligus mengurangi konsumsi daya hingga 30 persen.

Sepertinya, dilihat dari tahun sebelumnya Apple akan menggunakan A17 di model seri Pro saja, dan seri basic model yakni iPhone 15 memakai chipset A16 yang digunakan iPhone 14 Pro saat ini.

7. RAM Lebih Besar

Model iPhone 15 Pro bisa mendapatkan RAM 8GB, naik dari 6GB. Peningkatan RAM ini mungkin untuk menunjang kemampuan baru seperti teknologi lensa periskop yang memperlukan kinerja yang kencang dalam processing image.

8. Chip Model Qualcomm

Apple akan menggunakan chip modem 5G Qualcomm untuk jajaran iPhone 15 2023, seperti yang telah dilakukan sejak iPhone 5G diperkenalkan.

Ada desas-desus yang menyatakan bahwa Apple dapat menggunakan chip modem in-house sendiri secepatnya pada tahun 2023, tetapi teknologinya belum siap.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.