Sukses

5 Makanan Penurun Kolesterol Menurut Ahli

Kolesterol memang dibutuhkan untuk tubuh, tetapi tingkat kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit, salah satunya penyakit jantung.

Liputan6.com, Jakarta - Kolesterol adalah senyawa lemak yang terdapat di dalam darah. Senyawa ini pada dasarnya dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk memproduksi sel-sel sehat, sejumlah hormon, serta vitamin D.

Mengutip laman Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Rabu (9/11/2022), kolesterol merupakan senyawa lemak yang diproduksi oleh berbagai sel dalam tubuh, dan sekitar seperempat kolesterol yang dihasilkan dalam tubuh diproduksi oleh sel-sel hati.

Tubuh membutuhkan kolesterol untuk tetap sehat. Namun, tingkat kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan buruknya sirkulasi darah. Pemeriksaan kolesterol dalam darah berguna untuk mendeteksi risiko tersebut.

Dilansir dari CNBC, seorang ahli kardiologi Dr. Elizabeth Klodas menyatakan, salah satu masalah kesehatan yang paling umum dia temui adalah kolesterol tinggi. Jadi, solusi untuk masalah tersebut tidak selalu harus berasal dari pil, yang dapat memiliki efek samping. 

"Makanan yang kita makan memainkan peran utama dalam menjaga angka kolesterol tetap rendah. Bagian terbaiknya adalah kamu tidak perlu melakukan banyak pembatasan di dalam pola makanmu untuk melihat perubahan yang positif," ujar Klodas.

"Meskipun ada variasi individu yang besar untuk kolesterol makanan, hanya dengan melakukan beberapa perbaikan kecil dalam kebiasaan makanmu dapat menghasilkan penurunan yang signifikan dalam kolesterol LDL - atau kolesterol 'jahat' yang berkontribusi terhadap penumpukan lemak di arteri," dia menambahkan.

Ada beberapa makanan yang ahli kardiologi tersebut makan secara teratur untuk membantu menurunkan kolesterol. Penasaran makanan apa saja? Berikut lima makanan untuk bantu menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Oatmeal dan Bubur Gandum

Oat mengandung banyak serat, termasuk serat larut yang mengurangi penyerapan kolesterol dalam sistem pencernaanmu. Serat secara umum juga membantu untuk menghindari lonjakan insulin yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat.

2. Almond

Sebuah studi tahun 2018 menemukan bahwa almond dapat menurunkan kolesterol LDL dan mempertahankan atau bahkan meningkatkan kolesterol HDL --- atau jenis "baik" yang membantu menghilangkan bentuk kolesterol lain dari aliran darahmu.

3 dari 4 halaman

3. Biji Chia

Biji chia memasok banyak asam lemak omega-3 esensial. Mengonsumsi lemak sehat ini satu gram per hari nya bahkan dikaitkan dengan penurunan 16 persen risiko masalah kardiovaskular.

Meskipun asam lemak omega-3 memiliki efek yang relatif kecil pada LDL, asam lemak omega-3 dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL dan membantu menurunkan trigliserida, sejenis lemak yang ditemukan dalam darah kamu.

4. Brokoli

Penelitian telah menunjukkan hubungan antara mengonsumsi sayuran dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Brokoli khususnya banyak mengandung serat larut, yang sangat baik untuk kolesterol tinggi. Sayuran penghilang kolesterol lainnya yang perlu dipertimbangkan termasuk bayam, kubis brussel, dan collard hijau.

Selain memasok banyak vitamin dan antioksidan, makan sayuran secara teratur telah terbukti membantu menurunkan kolesterol, dengan asupan yang lebih tinggi dikaitkan dengan tingkat LDL yang semakin rendah. 

4 dari 4 halaman

5. Semangka

Tukar camilan gula dengan semangka manis jika kamu ingin menurunkan kolesterol. Semangka secara alami mengandung likopen, yang memiliki sifat penurun lipid, mengurangi kolesterol total dan LDL.

Bagi mereka yang tidak menyukai semangka, cobalah menambahkan apel, anggur, stroberi, buah jeruk atau bahkan alpukat ke dalam pola makan kamu. Semua ini kaya akan pektin, sejenis serat larut yang menurunkan kolesterol LDL.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.