Sukses

Bagikan Pengalaman Hadapi Gangguan Mental, Selena Gomez Ingin Film 'My Mind and Me' Bisa Berikan Dampak

Selena Gomez termasuk sebagai salah satu selebriti yang menunjukkan kepeduliannya terhadap isu kesehatan mental.

Liputan6.com, Jakarta - Selena Gomez termasuk sebagai salah satu selebriti yang menunjukkan kepeduliannya terhadap isu kesehatan mental. Dirinya juga bersikap terbuka terhadap gangguan mental yang dimilikinya dan perjuangannya mengatasi gangguan tersebut.

Berbicara mengenai film dokumenter "My Mind and Me" yang belum lama ini dirilis, Selena membagikan kisahnya sejak dirinya menjalankan konser tur dunia Revival di 2016. Dirinya pertama kali mulai bekerja bersama filmmaker, Alek Keshishian di 2016.

Bersama dengan Alek, Selena sempat merekam perjalanannya selama melakukan konser Revival. Namun, proses rekaman terhenti setelah dirinya dikabarkan sedang berjuang melawan berbagai gangguan kesehatan mental yang dialaminya.

Perjuangannya melawan gangguan kecemasan, depresi, gangguan bipolar, serta penyakit lupus, memaksa Selena untuk menghentikan tur konsernya. Dirinya pun kembali di 2019 dan mulai untuk melakukan proses rekaman dokumenter kembali.

Film dokumenter tersebut memberikan cuplikan-cuplikan adegan bagaimana Selena menghadapi masa-masa sulit dan sisi rentannya dengan intens. Alek mengungkapkan kesulitan selama menggarap film dokumenter ini terhadap subjek, karena harus menunjukkan sisi-sisi tersebut dan mengizinkan orang lain menyaksikannya dari sudut pandang mereka sendiri.

Beberapa cuplikan dari masa-masa kelam tersebut ditampilkan dengan tidak menyenangkan, dengan melihat adegan yang menggambarkan Selena Gomez yang rentan tapi terbuka. Bagaimana isu serta gosip tentang hubungan romansanya terus diangkat oleh para jurnalis yang menghadangnya dan bagaimana hal tersebut memengaruhi kesehatan mentalnya.

Namun, adegan terakhir menggambarkan Selena sebagai sosok yang kuat dan berhasil mengatur ekspektasi publik yang tak kenal ampun.

2 dari 4 halaman

Pernah alami Lebih dari Satu Gangguan, Selena Gomez Rilis Platform Kesehatan Mental

Selena Gomez memulai debutnya di layar kaca televisi dalam acara Barney & Friends pada tahun 2002. Karier Selena pun berlanjut di usianya yang 10 tahun dengan memerankan karakter Alex di Wizards of Waverly Place pada tahun 2007 sampai 2012 di Disney Channel.

Selama bertahun-tahun, Selena terbuka dengan kesehatan mental yang dimilikinya. Terlibat dengan serial "13 Reasons Why", dirinya menjadi advokat ternama yang selalu berusaha mengedukasi penggemar dan masyarakat lain tentang topik kesehatan mental.

Melansir Bustle, Selena bahkan mulai meluncurkan platform kesehatan mental dengan nama "Wondermind" di 2022. Platform ini dirilis dua tahun setelah meluncurkan Rare Impact Fund untuk mengumpulkan sekitar 100 juta dolar dalam waktu 10 tahun.

Selain itu, platform ini ditujukan untuk membantu mengurangi stigma dan memperluas akses masyarakat ke pelayanan kesehatan mental. Dokumenter ini mengeksplorasi perjalanan enam tahun ke dalam cahaya baru, saat dirinya didiagnosis menderita penyakit lupus, anxiety, bipolar disorder, dan depresi.

3 dari 4 halaman

Sempat Ragu untuk Rilis Film Dokumenter 'My Mind and Me'

Sebelum merilis film dokumenternya, Selena sempat merasa sangat gugup hingga hampir memutuskan untuk tidak mengeluarkan film tersebut. Melansir Bustle (09/11), dirinya tidak yakin bisa merilis film tersebut.

Namun, pada akhirnya setelah ia menyadari dampak film dokumenter tersebut terhadap orang lain, Selena pun berubah pikiran. Selena membayangkan orang-orang yang menyaksikan dokumenternya dan bagaimana hidup serta sudut pandang mereka akan berubah setelah menyaksikan film tersebut.

Akhirnya, Selena memutuskan untuk merilis film tersebut pada awal November 2022. Pemain serial Only Murders in the Building ini mengungkapkan harapannya melalui unggahan foto di Instagram.

"Aku harap dengan menceritakan kisahku bisa membantu orang lain untuk menceritakan kisah mereka," tulis Selena dalam kolom caption.

Selain itu, latar belakang dari dokumenter ini juga menjadi salah satu faktor yang membuat Selena merasa ragu. Dirinya sempat menjelaskan jalan cerita inti dari dokumenternya dan mengatakan ia tidak pernah berharap untuk membuat film dokumenter.

4 dari 4 halaman

Plot Film Dokumenter ' My Mind and Me'

Sudah dirilis sejak 4 November 2022, film dokumentasi Selena Gomez bertajuk "My Mind and Me" dapat disaksikan di platform Apple TV+. Dokumentasi ini dideskripsikan sebagai film yang unik dan intim.

Mengisahkan tentang kepopuleran Selena Gomez yang tidak terbayangkan, sampai perubahan yang membuatnya jatuh ke titik terendahnya. Film dokumenter ini memperlihatkan perjalanannya selama enam tahun dalam menemukan cahaya baru.

Selain itu, film-film ini menunjukkan cuplikan Selena saat melakukan konser tur dunia dan masalah-masalah yang dihadapinya di balik layar. Berbagai tekanan yang muncul membuat Selena merasa berlebihan akan segala hal.

Mulai dari para jurnalis yang mengangkat-angkat isu hubungannya dengan Justin yang sudah kandas, sampai dugaan dirinya yang mulai mengonsumsi alkohol. Isu-isu ini membuatnya masuk ke dalam masa sulit. Tidak lama setelah ini pun dirinya didiagnosis dengan penyakit Lupus dan harus transplantasi ginjal.

Selena Gomez merilis film ini tepat pada Hari Kesehatan Mental Sedunia. Para penggemar juga bisa mendengar cuplikan lagu terbarunya, My Mind and Me, yang bisa didengar secara singkat di trailer.