Sukses

12 Tanda Orang yang Dewasa Secara Emosional

Kedewasaan emosional adalah tentang kemampuan Anda untuk memahami, merefleksikan, memelihara dan mengelola emosi.

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak faktor yang dapat menjelaskan mengapa beberapa orang dapat menangani emosi dengan baik, mulai dari kepribadian, temperamen hingga pengendalian diri.

Namun, selain itu, ada satu konstruksi psikologis yang menunjukkan seberapa baik kita mengatasi peristiwa tak terduga yang menimbulkan ketidaknyamanan emosional dan membuat kita keluar dari jalur.  Hal ini disebut kedewasaan emosional.

Kedewasaan emosi adalah tentang kemampuan Anda untuk memahami. merefleksikan, memelihara dan mengelola emosi Anda.

Orang yang matang secara emosional telah mencapai dan terus berupaya mencapai tingkat pemahaman diri sehubungan dengan pikiran dan perilaku mereka dan kemudian memutuskan cara terbaik untuk mendekati dan mengatasi situasi yang mungkin akan sulit atau menantang.

Ciri-ciri karakteristik tertentu pada kedewasaan emosi yakni termasuk dorongan untuk mengambil tanggung jawab dengan mengetahui kesulitannya, mampu menerima kegagalan dan belajar dari kesalahan, terbuka terhadap kritik tanpa membalas, menunjukkan empati terhadap orang lain, dan lain-lain.

Membangun kematangan emosional adalah hal yang sangat penting. Menjadi dewasa secara emosional dapat membantu Anda mencapai resolusi yang sukses untuk masalah, serta menjaga agar masalah tidak membanjiri Anda.

Mengembangkan kedewasaan emosional seseorang tidak hanya dapat membantu meningkatkan hubungan dengan orang lain, tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan mental mereka.

Beberapa penelitian tentang kepuasan hidup telah menemukan bahwa, kedewasaan emosional yang rendah atau ketidakdewasaan emosional sering kali berhubungan langsung dengan tingkat kesepian yang lebih tinggi dan kepuasan hidup yang rendah.

Dengan demikian, melansir Think Right, Senin (14/11/2022) berikut adalah sederet tanda orang yang dewasa secara emosional:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tidak Takut Sendirian hingga Kerentanan

1. Anda Tidak Takut Sendirian

Di tengah-tengah kesibukan kita sehari-hari, sangat penting untuk menemukan 'Me Time' dan memelihara kesejahteraan emosional Anda.

Orang yang dewasa secara emosional menghargai kesendirian karena memungkinkan mereka untuk terhubung dengan suara hati mereka. 

Tetapi, penting untuk mengetahui perbedaan antara sendirian dan kesepian. Anda bisa berada di antara sekelompok orang namun merasa kesepian, jika tidak ada yang bisa Anda hubungkan secara mental.

Di sisi lain, Anda bisa sendirian dan bahagia jika Anda belajar menikmati kebersamaan diri Anda sendiri. 

2. Berani Mengambil Tanggung Jawab

Orang yang matang secara emosional mampu mengakui kesalahan mereka sendiri dan tidak langsung menyalahkan orang lain. Hal ini membutuhkan tingkat kejujuran dan penerimaan diri.

Jika segala sesuatunya terus berjalan salah, orang yang matang secara emosional akan melihat ke dalam untuk mencari jawaban atas pemikiran atau tindakan apa yang mungkin berkontribusi pada situasi dan bekerja menuju pemahaman dan tindakan yang lebih baik ke depan.

3. Tidak Takut Akan Kerentanan

Ini mungkin tidak datang dengan mudah. Mungkin perlu waktu untuk belajar bagaimana menuangkan perasaan Anda ke dalam kata-kata.

Tetapi sebagai orang yang matang secara emosional, Anda memahami nilai dari menjadi rentan dengan orang lain dan sebagai hasilnya, Anda cenderung memiliki persahabatan yang lebih dalam.

Anda juga bersedia untuk membuka diri dan berbagi perasaan dan perjuangan Anda dengan orang yang Anda percayai agar tidak merasa sendirian dan tidak berusaha untuk terlihat sempurna.  

3 dari 5 halaman

Dapat Menentukan Batasan dan Pola Pikir Fleksibel

4. Anda Menetapkan dan Menghormati Batasan

Orang yang matang secara emosional tahu bahwa batasan bukanlah musuh, bahkan mereka adalah kebutuhan.

Anda tidak ingin menjauhkan orang lain, tetapi Anda juga tahu apa yang diperlukan agar Anda merasa aman dalam hubungan Anda.

Anda juga akan menghormati batasan orang lain karena Anda ingin orang lain merasa nyaman di sekitar Anda. 

5. Pola Pikir yang Fleksibel

Kedewasaan emosional melibatkan tingkat fleksibilitas mental tertentu. Cara Anda menafsirkan kegagalan dan kemalangan yang sesekali terjadi dalam hidup adalah hal yang sangat penting.

Persepsi Anda dapat memperkuat atau mengurangi dampak emosional dari peristiwa semacam itu terhadap rasa kebahagiaan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

Orang yang matang secara emosional mampu memikirkan berbagai hal dan menghasilkan rencana B atau bahkan C yang layak sesuai kebutuhan sehingga suatu situasi dapat ditangani, dan masih bergerak maju dengan tidak membiarkan gundukan di jalan merusak seluruh rencana.

Bagi orang yang matang secara emosional, hubungan yang gagal atau proyek yang telah berakhir adalah bagian dari perjalanan, bukan akhir dari dunia. 

Orang-orang seperti itu memahami bahwa tidak ada seorang pun yang bisa bertahan dalam kemenangan beruntun selamanya, jadi sangat penting untuk menangani kemunduran dengan kesabaran dan belas kasihan diri. 

4 dari 5 halaman

Terbuka untuk Belajar hingga Tidak Dikendalikan Emosi

6. Terbuka untuk Belajar

Anda menyadari kekurangan dan kelemahan Anda. Namun, selain memiliki kekurangan dan kegagalan Anda, tanda lain dari kedewasaan emosional adalah mengatasinya secara aktif.

Oleh karena itu, cari momen untuk belajar dari orang-orang di sekitar Anda dan terbuka untuk menjadi salah.

7. Tidak Menyimpan Dendam

Jika seseorang melakukan atau mengatakan sesuatu yang salah, Anda tidak menyimpan dendam terhadap mereka. Meskipun Anda tidak setuju dengan mereka, Anda tidak akan membenci mereka hanya karena Anda memiliki pendapat yang berbeda.

Individu yang dewasa secara emosional memahami bahwa menyimpan dendam tidak membantu dalam menenangkan emosi seseorang atau membuat orang lain mengubah perspektif mereka. 

8. Tidak Dikendalikan Emosi 

Perasaan tidak harus mengarah pada reaksi instan. Sebagai orang yang matang secara emosional, Anda tahu bahwa Anda dapat berpikir sebelum bertindak berdasarkan perasaan Anda.

Hal ini menciptakan pemikiran yang lebih masuk akal dan hubungan yang lebih baik dalam jangka panjang. Anda membiarkan hal-hal kecil berlalu daripada membiarkannya menguasai seluruh hari Anda. 

 

5 dari 5 halaman

Menunjukkan Empati hingga Miliki Humor yang Baik

9. Menunjukkan Empati

Empati merupakan hal mendasar bagi kematangan emosional. Empati juga merupakan alasan mengapa Anda berhenti sejenak dan memikirkan perasaan orang lain sebelum Anda mengatakan sesuatu yang mungkin ditafsirkan sebagai menyinggung atau tidak sopan.

Tetapi empati seharusnya tidak menghentikan Anda untuk menyuarakan pendapat, empati mendorong Anda untuk mengekspresikan diri Anda secara tegas namun penuh kasih sayang.

10. Memprioritaskan Kehidupan yang Didorong oleh Nilai

Kedewasaan emosional juga melibatkan seperangkat nilai dan prinsip yang solid yang menjadi dasar Anda menjalani kehidupan sehari-hari.

Selain itu, orang yang matang secara emosional menyadari bahwa nilai-nilai dan prinsip-prinsip menumbuhkan stabilitas dan memfasilitasi keputusan berdasarkan keyakinan pribadi, bukan dorongan emosional sesaat.

11. Percaya pada Diri Sendiri

Orang yang matang secara emosional tidak memiliki rasa diri yang salah yang berbasis ego. Tetapi mereka memiliki optimisme dalam kemampuan mereka sendiri untuk menggunakan usaha dan kesabaran sebagai cara untuk membangun keyakinan bahwa mereka dilengkapi untuk menghadapi apa pun yang mungkin terjadi dalam hidup mereka.

12. Humor yang Baik

Orang yang matang secara emosional menyadari bahwa semua kehidupan tidak bisa dianggap serius. Mereka menyadari pentingnya menyelesaikan apa yang perlu diselesaikan, tetapi mereka menyadari pentingnya bersenang-senang dan tertawa dalam hidup sebagai mekanisme koping yang hebat dan pelepasan tekanan dari stres.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.