Sukses

Ini Loh Perbedaan Sampo dan Kondisioner Serta Urutan Pemakaiannya yang Dianjurkan

Simak perbedaan sampo dan kondisioner, hingga cara perawatan rambut dengan menggunakan sampo dan kondisioner yang benar.

Liputan6.com, Jakarta Menggunakan sampo adalah rutinitas kita saat mandi, namun setiap orang melakukannya dalam kurun waktu yang berbeda beda. Ada yang setiap hari, ada yang setiap beberapa hari sekali.

Mengingat pentingnya membersihkan rambut, beberapa orang menggunakan kondisioner untuk mendapatkan perawatan yang maksimal untuk rambutnya.

Melansir laman Healthline.com, Senin (14/11/2022), berikut adalah perbedaan antara sampo dan kondisioner.

Sampo adalah produk pembersih rambut yang sudah diformulasikan khusus untuk merawat rambut. Kandungan dalam sampo yang beragam, bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan rambut dan kulit kepalamu.

Kandungan yang terdapat dalam sampo itu diantaranya adalah Surfaktan dan detergen yang dapat membantu menghilangkan minyak, keringat dan kotoran.

Selain itu, kandungan dalam sampo juga bisa menghilangkan penumpukan produk berbahaya yang bisa merusak rambut, seperti polutan yang dihasilkan oleh lingkungan.

Sedangkan, kondisioner adalah pelindung rambut yang mengandung minyak alami, protein, dan ekstrak botani, yang membantu menjaga rambut agar tetap lembut, berkilau dan halus. Kondisioner rambut, akan melekat tipis pada helaian rambutmu untuk melindungi rambutmu.

Jadi perbedaan mendasar antara sampo dan kondisioner, adalah sampo mengandung bahan pembersih yaitu deterjen dan serfaktan, sedangkan kondisioner tidak. 

Meskipun kondisioner tidak mengandung bahan pembersih, namun, ada beberapa sampo yang mengandung bahan pelindung rambut, yang terdapat dalam kondisioner. Seperti, mengandung minyak alami, silikon atau protein. 

Lalu bagaimana cara penggunaan sampo dan kondisioner yang baik ? Untuk menjawab pertanyaan itu, simak sampai tuntas artikel ini. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Urutan Menggunakan Sampo dan Kondisioner

Rekomendasi umum, menyebutkan bahwa sebaiknya, menggunakan sampo terlebih dahulu sebelum menggunakan kondisioner. 

Akan tetapi, ada juga yang menganjurkan untuk menggunakan kondisioner terlebih dahulu, sebelum menggunakan sampo. Meskipun tidak ada penelitian ilmiah yang mendukung keamanan dan keefektifan metode ini.

Namun, kamu dianjurkan menggunakan metode ini atau yang dikenal dengan sebutan pre-wash conditioning, jika rambut kamu kering. 

Berikut adalah anjuran cara yang bisa digunakan, saat kamu akan melakukan metode keramas terbalik ini. 

1. Pijat kondisioner ke rambutmu, dan diamkan selama beberapa menit.

2. Kemudian, tanpa membilas kondisioner, oleskan sampo ke rambutmu dan busakan.

3. Bilas sampo dan kondisioner secara bersamaan.

 

3 dari 4 halaman

Anjuran Sesekali Keramas Terbalik

Pendukung metode pencucian rambut terbalik, mengklaim bahwa rambut kamu tidak akan terasa berminyak atau terbebani setelah melakukan metode ini.

Hal ini terjadi karena kondisioner bertindak sebagai primer sebelum dicuci, memungkinkan sampo didistribusikan (dioleskan) secara merata, untuk melindungi helai rambut. Sehingga, sampo tidak menghilangkan minyak alami rambut.

Beberapa penata rambut merekomendasikannya untuk orang dengan rambut sangat kering, yang menginginkan manfaat menghidrasi rambut dari kondisioner, tanpa kandungan bahan berat (kimia).

Penata rambut, umumnya setuju bahwa pencucian terbalik hanya boleh digunakan seminggu sekali dan keramas biasa (sampo terlebih dahulu) dilakukan hampir sepanjang waktu.

4 dari 4 halaman

Rambut Berminyak Tidak Dianjurkan

Namun, biasanya ide yang bagus untuk hanya menggunakan metode ini sekali atau dua kali seminggu dan keramas dengan metode umum, secara teratur.

Karena kamu masih perlu membersihkan dengan sampo untuk menghilangkan kotoran, keringat, dan penumpukan produk perusak rambut, secara efektif.

Semakin kotor rambut kamu (berketombe) dan semakin banyak minyak yang dihasilkan, semakin sering kamu harus mencuci rambut dengan sampo terlebih dahulu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.