Sukses

Mengenal 3 Kepribadian Wanita: Alpha, Beta, dan Omega

Simak karakter dan kepribadian wanita mulai dari Alpha, Beta, dan Omega.

Liputan6.com, Jakarta Istilah "cewek alfa, beta dan omega" membuat para wanita dikelompokkan menjadi 3 tipe. Meskipun ini merupakan cara yang umum bagi orang-orang termasuk cowok, untuk menggambarkan status sosial wanita.

Akan tetapi, hal ini juga terjadi karena wanita dianggap memiliki struktur kepribadian yang sama dengan wanita lainnya, sehingga mudah untuk dikategorikan.

Melansir laman Brandongaille.com, Selasa (22/11/2022) dengan memahami tiga kepribadian wanita ini, kita akan lebih mampu memahami karakteristik seorang wanita. Mari kita lihat empat sifat unik yang dimiliki setiap kepribadian wanita, mulai dari alfa, beta hingga omega:

Cewek Alfa

1. Percaya Diri

Sama halnya dengan pria, wanita alfa akan menjadi pemimpin dalam kelompoknya dan akan menunjukkan rasa percaya diri yang tinggi. Dari cara dia berjalan hingga cara dia berperilaku dalam rapat, wanita alfa adalah seseorang yang mengetahui nilainya dan bangga akan siapa dirinya. Berkat rasa percaya diri yang tinggi ini, wanita alfa terlihat sangat menonjol. 

2. Yakin dengan Diri Sendiri

Tidak hanya orang lain yang berpikir bahwa wanita alfa itu hebat dalam segala hal yang dia lakukan, tetapi dia tahu bahwa dia hebat. Bahkan jika dia menghadapi tugas yang tidak pasti atau situasi yang sulit, dia akan yakin bahwa dia dapat melewatinya.

Keyakinan diri yang dimiliki wanita alfa inilah yang membuat mereka menjadi pemimpin yang hebat dan sangat menarik bagi kebanyakan pria. Dia tahu dia bisa membuat dirinya termotivasi untuk melakukan apapun yang dia pikirkan.

 

 

2 dari 5 halaman

Karakter Wanita Alfa

3. Kuat

Wanita alfa selalu ingin menonjol, menunjukkan kekuatan yang ada pada dirinya, mereka juga sangat kerja keras untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Sebagian besar figur CEO wanita dipandang sebagai wanita alfa, karena mereka tidak mau menerima perintah dari siapapun. Mereka ingin membantu perusahaan mereka tumbuh sesuai dengan keinginan mereka.

4. Seorang Pemimpin

Saat hidup berkelompok, wanita alfa sering kali yang menentukan. Sikap percaya dirinya untuk menghadapi situasi membuat dia dipercaya menjadi seorang pemimpin. Wanita alfa sangat ingin mengambil peran yang menantang untuk menguji diri mereka sendiri, sebagai pemimpin dan memajukan status sosial mereka. 

3 dari 5 halaman

Wanita Beta

1. Tidak Reaktif

Wanita beta sering dipandang sebelah mata oleh orang lain karena kepribadian yang penurut dan seringkali terlalu baik. Hal yang paling menonjol di antara kepribadian beta adalah mereka secara alami tidak reaktif terhadap orang lain.

Alasan utama mengapa cewek beta tidak reaktif adalah karena mereka sangat menghindari konflik. Ketika dimintai berbagi pendapat atau ketika menghadapi pertengkaran, wanita beta lebih suka tidak bereaksi terhadap situasi tersebut dan hanya diam.

2. Cemas

Wanita beta tidak bisa dengan mudah mengungkapkan perasaannya, sehingga mereka lebih suka memikirkannya dan membuat mereka mudah cemas. Entah itu dengan teman atau pasangan, wanita beta memiliki kecemasan yang tinggi untuk menyesuaikan diri.

3. Ramah

Perasaan cemas sering kali berasal dari sikapnya yang terlalu ramah. Cewek beta adalah cewek yang paling ramah dibandingkan karakter cewek lain.  Sikap ramah yang dia miliki membantu untuk menjalin hubungan dan mendapatkan koneksi. Namun, bersikap terlalu ramah seringkali juga berakhir dengan menyakiti wanita beta saat menjalin hubungan. Banyak orang menggunakan keramahan wanita beta untuk keuntungan pribadi mereka sendiri.

4. Ingin Membantu

Wanita beta selalu ingin membantu orang lain, untuk mendapatkan persahabatan dan rasa hormat mereka. Banyak sifat yang membuat orang berpikir bahwa cewek beta tampak lemah. Akan tetapi, seorang wanita beta akan menjadi teman yang baik bagi orang lain, karena dia ingin orang lain bahagia.

4 dari 5 halaman

Wanita Omega

1. Introvert

Wanita omega memiliki ciri kepribadian pemalu dan pendiam, tetapi juga bersemangat dan cerdas. Perempuan omega, dalam kebanyakan situasi, akan terlihat sebagai seorang introver.

Daripada keluar dan memperluas hubungan sosialnya seperti perempuan alfa, perempuan omega lebih suka tinggal di rumah, duduk di sofa untuk membaca buku atau menonton televisi. Wanita omega bisa sangat pendiam pada awalnya dan kemudian menjadi lebih menunjukkan pribadi aslinya jika sudah berteman.

2. Terlalu Sensitif

Perempuan omega memiliki kecenderungan untuk tetap diam dan menyendiri di sekitar kebanyakan orang, hal ini menyebabkan emosi yang dipendamnya sewaktu-waktu bisa meledak.

Hasil dari emosinya yang terpendam, membuatnya memiliki sifat sensitif. Bahkan wanita tipe ini lebih mungkin mengalami serangan panik, atau masalah emosional daripada tipe kepribadian lainnya. Perempuan omega mungkin mengenakan topeng baik-baik saja, tetapi jauh di lubuk hatinya, dia memiliki emosi yang kuat.

5 dari 5 halaman

Karakter Cewek Omega

3. Cerdas

Satu hal yang membuat kebanyakan orang mengagumi perempuan omega adalah kecerdasannya yang di atas rata-rata. Mereka sangat suka menghabiskan waktu untuk membaca atau melakukan hobi yang bisa membuatnya menjadi lebih pintar.

Saat mengerjakan pekerjan kelompok, mereka cenderung menjadi orang yang memeriksa pekerjaan orang lain untuk memastikannya sesuai dengan standar mereka. Perempuan omega dapat menggunakan kecerdasannya untuk membantu orang lain dan membuat koneksi baru.

4. Romantis

Dipengaruhi oleh hobinya yang terkadang melatih imajinasi, membuat perempuan omega menjadi sosok yang romantis. Wanita omega berharap suatu hari nanti mereka memiliki pasangan yang memiliki hasrat dan dedikasi yang sama dengannya. 

Kemampuannya untuk memiliki pemikiran intelektual dan percakapan, menjadikan wanita ini pasangan yang hebat untuk berbagai kepribadian lain. Dia tahu apa yang dia inginkan dan selalu ingin menciptakan hubungan yang nyata dan bermakna dengan seseorang yang istimewa.