Sukses

Profil Singkat Bruno Fernandes, Sang Motor Penggerak Portugal di Piala Dunia Qatar 2022

Hadirkan assist hebat untuk tim, Bruno Fernandes berkontribusi bagi Portugal di Piala Dunia Qatar 2022

Liputan6.com, Doha - Bruno Fernandes mempertahankan performa gemilangnya Piala Dunia 2022 hingga kini Portugal sukses melajut ke babak perempat final.

Seperti yang diharapkan, bintang Manchester United masuk dalam starting line-up dan membuktikan mengapa dia dianggap sebagai salah satu yang terbaik Piala Dunia Qatar 2022.

Aksi memukau ditunjukkannya dengan tiga assist dan dua gol dalam tiga penampilan di Qatar. Pekan lalu, situs statistik WhoScored menobatkan bintang Old Trafford sebagai pemain terbaik di babak penyisihan grup.

Mengutip ESPN pada Rabu (07/12), apabila Portugal terus mempertahankan yang terbaik dan berpotensi mencapai final, kemungkinan besar Bruno Fernandes bisa memenangkan penghargaan itu secara nyata.

Sebelumnya, gelandang timnas Portugal ini menunjukkan aksinya dengan mencatatkan dua assist dengan durasi hanya dua menit ketika kontra Ghana pada Kamis malam waktu Indonesia, 7 Desember 2022.

Hasilnya, Portugal sukses mengungguli Black Stars dengan skor 3-2 di Stadion 974, Doha. Ada pun Fernandes memberikan dedikasi dan menjadi pemrakarsa rekan setim untuk menjebol gawang. 

Bruno Fernandes membuat permainan tidak diragukan lagi dengan membantu dua gol berselang dua menit melalui umpan sempurna ke jalur Joao Felix dan Rafael Leao. 

Pemain hebat Setan Merah kelahiran Portugal memberikan assist kesembilan dan kesepuluh untuk negaranya pada penampilannya yang ke-50, di samping 11 gol yang telah dicetaknya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perkembangan Rating yang Tinggi

Sementara Ronaldo adalah pemain dengan rating terbaik di Euro 2020, Fernandes mendapatkan rating WhoScored 6,24 di Kejuaraan Eropa, lebih rendah dari pemain Portugal lainnya yang mencatatkan setidaknya 50 menit beraksi.

Bergegas maju cepat ke Qatar 2022, peringkat WhoScored Fernandes saat ini adalah 8,36 setelah dua pertandingan pembuka Portugal, yang jauh melesat menjadi yang terbaik untuk tim Fernando Santos, dan terbaik ketiga di Piala Dunia.

Bruno Fernandes terlibat langsung dalam lima gol dalam tiga pertandingan di Piala Dunia ini -- dua gol dan tiga assist -- yang merupakan jumlah gol terbanyak yang dicetak oleh pemain Portugal sejak turnamen tahun 1966.

Di sisi lain, perbandingan skornya sangat kontras dengan penampilannya di Manchester United. Joao Felix dan Rafael Leao yang menciptakan peluang bagi keduanya, menjadikannya memiliki lebih banyak assist di Piala Dunia daripada yang ia lakukan di Liga Premier musim ini.

3 dari 4 halaman

Natural Menyukai Sepak Bola Sejak Kecil

Lahir di Maia, kawasan industri di utara Porto, tubuh pendek menjadi kelemahan terbesar Bruno Fernandes di masa-masa awal bermain sepak bola. Tetapi, fernandes membuktikan bahwa dia kian berkembang secara fisik maupun mental.

Melansir Football Ghana, penampilan Bruno yang menjanjikan di Infesta dalam turnamen remaja menarik perhatian Porto.

Namun, dia akhirnya bergabung dengan saingannya, Boavista, karena tim tersebut bersedia membayar biaya perjalanan dengan bus. Hingga usianya 15, Bruno bermain sebagai bek tengah.

Suatu hari, Bruno mengusulkan untuk dipinjamkan ke tim Pasteleira, dan tim yang kehilangan pemimpin lini tengah ini menjadi titik balik bagi Bruno.

Pada 2012, Bruno Fernandes tiba di Italia untuk bergabung dengan klub Novara dan bermain lebih dari separuh pertandingan pada musim 2012/13.

Memiliki semangat disiplin dan rutin berbicara dengan pelatih, kepribadian adalah salah satu faktor yang memotivasi Novara menumpuk uang untuk membawa Fernandes kembali ke Serie A.

Setelah bernegosiasi dengan Boavista, Novara kemudian resmi mengundang Bruno ke Italia. Hanya dengan menghabiskan waktu tiga bulan bersama Novara U-19, Bruno berhasil mengambil tempat di tim utama.

4 dari 4 halaman

Masuk ke Grup Impian

Ketika Fernandes mendengar bahwa Manchester United ingin mengontraknya, dia menangis karena dapat masuk ke dalam 'klub impiannya'.

"Bagi saya, bermain di Inggris dan untuk Manchester (United) adalah bagian tertinggi dalam karier saya. Untuk bermain di Liga Premier, untuk salah satu tim terbaik di dunia," ujar dilansir Daily Mail UK.

Pemain 28 tahun ini mengaku bahwa bergabung dengan Red Devils menjadi angin segar dalam kariernya.

Fernandes akhirnya menyelesaikan transfer senilai £68 juta ke Old Trafford dari Sporting Lisbon pada Januari  setelah dipantau secara ketat musim panas lalu. Dia menandatangani kontrak lima setengah tahun.

Setelah tumbuh besar dengan menyaksikan rekan senegaranya dari Portugal, Cristiano Ronaldo yang bersinar untuk United, Fernandes mengatakan bahwa dia kerap diliputi emosi saat pertama kali menyadari ketertarikan klubnya saat ini terhadapnya juga.

"Tapi saya menangis karena bahagia. Saya berjuang sepanjang hidup saya untuk ini, untuk klub top ini. Kesempatan itu ada di sini dan saya harus mengambilnya dengan kedua tangan, untuk mengikuti impian saya," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.