Sukses

Melihat Kecantikan 9 Potret Aurora Polaris Terbaik Sepanjang 2022

Aurora polaris adalah poros atau tirai cahaya berwarna yang dapat terlihat di langit malam.

Liputan6.com, Jakarta- Salah satu fenomena astronomi yang bisa kita lihat dengan mata telanjang dari bumi adalah northern lights atau aurora polaris. Aurora polaris adalah poros atau tirai cahaya berwarna yang dapat terlihat di langit malam. 

Aurora adalah fenomena alam yang dapat ditemukan di belahan bumi utara dan selatan. Cahaya dari utara kerap disebut dengan aurora borealis dan cahaya di selatan biasanya disebut dengan aurora australis. 

Menurut Sten Odenwald, seorang penulis The 23rd Cycle: learning to live with a stormy star, asal mula aurora dimulai ketika permukaan matahari mengeluarkan awan gas.

Para ilmuwan menyebutnya lontaran massa koronal (CME). Jika salah satunya mencapai bumi, membutuhkan sekitar 2 atau 3 hari hingga ia bertabrakan dengan medan magnet bumi.

Medan ini tidak terlihat dan jika kita bisa melihat bentuknya, ini akan membuat Bumi terlihat seperti komet dengan ekor panjang yang membentang di belakangnya dari arah yang berlawanan dengan matahari. 

Ketika lontaran massa koronal bertabrakan dengan medan magnet, hal itu menyebabkan perubahan kompleks terjadi pada daerah ekor magnet.

Perubahan-perubahan ini menghasilkan arus partikel bermuatan, yang kemudian mengalir di sepanjang garis gaya magnetik ke daerah Kutub. 

Partikel-partikel ini didorong energinya di atmosfer atas Bumi, dan ketika bertabrakan dengan atom oksigen dan nitrogen, partikel-partikel ini menghasilkan cahaya aurora yang menyilaukan.

Lebih lanjut Odenwald mengatakan, "Aurora memang indah, tetapi aliran partikel dan magnet yang tak terlihat yang terjadi pada saat yang sama dapat merusak jaringan listrik dan satelit yang beroperasi di ruang angkasa. Inilah sebabnya mengapa para ilmuwan sangat tertarik untuk memahami fisika aurora dan badai matahari, sehingga kita dapat memprediksi kapan teknologi kita dapat terpengaruh."

Selain ilmuwan, orang awam juga senang melihat keindahan aurora malam hari. Beberapa negara seperti Islandia dan Swiss merupakan negara yang paling banyak dikunjungi karena keindahan auroranya. 

Mengutip The Guardian, Minggu (11/12/2022), berikut adalah beberapa keindahan aurora polaris sepanjang 2022:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

1. Michigan Night Watch di Frankfort Michigan

3 dari 10 halaman

2. Aurora di Scoresby Sund, Greenland Timur

4 dari 10 halaman

3. Auror di Tromsø, Norwegia

5 dari 10 halaman

4. Aurora di Taman Nasional Riisitunturi, Lapland, Finlandia

6 dari 10 halaman

5. Auroraverse di Nordreisa, Norway

7 dari 10 halaman

6. Aurora di Pegunungan Tombstone, Kanada

8 dari 10 halaman

7. Aurora di Nykøbing Mors, Denmark

9 dari 10 halaman

8. Aurora di Pulau Selatan, Selandia Baru

10 dari 10 halaman

9. Aurora di Kepulauan Lofoten, Norwegia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini