Sukses

5 Arti Mimpi Terjatuh Saat Tidur Menurut Ahli

Jatuh dari tebing hingga lift, ini interpretasi jatuh saat bermimpi menurut ahli.

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun penafsiran tentang mimpi jatuh tidak boleh dianggap sebagai fakta atau diagnosis, ada baiknya kamu mempertimbangkan berbagai makna mimpi jatuh yang dialami.

Pernahkah kamu menemukan dirimu jatuh ke bawah tebing, meluncur ke bawah, dan sebelum kamu mencapai tanah, kamu terbangun.

Melansir dari PsychCentral, Rabu (14/12/2022), banyak individu mengalami mimpi terjatuh dan ini menjadi salah satu mimpi berulang yang paling umum.

Jatuh dalam mimpi dapat mencerminkan perasaan takut, cemas, atau pengkhianatan. Interpretasi umum lainnya dari jatuh dalam mimpi bisa termasuk merasa di luar kendali, merasa tidak didukung, hingga takut mengambil risiko.

Umumnya, arti mimpi jatuh dapat membuktikan pengalaman yang tidak menyenangkan yang dapat menimbulkan perasaan tidak berdaya, takut, atau pengkhianatan.

Seperti banyak mimpi umum lainnya, mimpi jatuh dapat mengungkapkan kepadamu pelajaran penting tentang apa yang berdampak pada kehidupan sehari-hari.

Mungkin kamu sedang merasa cemas tentang sesuatu, perlu meminta bantuan, dan mungkin terdapat risiko yang ingin kamu ambil.

Sementara itu, Dr. Nereida Gonzalez-Berrios, M.D, pskiater berlisensi, mengatakan bahwa makna dan relevansi yang tepat dari mimpi jatuh tergantung pada konteks mimpi, masalah kehidupan si pemimpi, dan emosi yang mungkin mereka rasakan setelah terbangun dari mimpi seperti itu. 

Secara umum, mimpi tentang jatuh cenderung menandakan hilangnya kendali atas situasi penting. Ini juga menunjukkan rasa takut, teror, dan kecemasan yang muncul karena kehilangan pegangan atas hal-hal penting.

2 dari 6 halaman

1. Mimpi Jatuh dari Langit

Pernah bermimpi di mana kamu jatuh dari langit? Arti mimpi satu ini kemungkinan besar terjadi ketika kamu akan melalui perubahan besar dalam hidup.

Menurut Dorothy Chambers, ahli tidur sleep junkie, bermimpi jatuh dari langit dapat diartikan sebagai "jatuh ke dalam hal yang tidak diketahui" atau merasa di luar kendali.

Mimpi jatuh dari langit juga umum terjadi tetapi dalam gerakan lambat, seperti film.

“Jatuh perlahan dari tempat yang tinggi dapat menunjukkan bahwa saat itu Anda berada di persimpangan jalan dan tidak dapat membuat keputusan,” tutur Chambers dilansir Bustle.

3 dari 6 halaman

2. Mimpi Tersandung & Jatuh

Mimpi jatuh yang umum lainnya adalah mimpi aneh di mana kamu tersandung sesuatu dan melangkahkan kaki ke depan atau meletakkan kaki ke bawah, tetapi tidak ada apa-apa di sana.

Mimpi ini mungkin menunjukkan bahwa kamu khawatir akan tertinggal, mungkin dalam kariermu. Bisa jadi kamu sangat tertekan karena tersandung atau membuat kesalahan sehingga kamu akhirnya memanifestasikan interpretasi harfiah dari mimpi itu.

4 dari 6 halaman

3. Mimpi Jatuh ke Lantai

Jika kamu bermimpi tentang lantai yang terbuka di bawahmu, itu mungkin mewakili beberapa hal yang berbeda. Mungkin kamu merasa tidak aman, atau sesuatu yang kamu pikir sudah pasti tiba-tiba berubah.

Jika kamu merasa seperti karpet ditarik keluar dari bawahmu, perasaanmu mungkin tercermin dalam mimpimu. Contoh perubahan hidup yang tiba-tiba ini mungkin termasuk kamu kehilangan pekerjaan, kehilangan rumah, atau mengakhiri hubungan yang sangat berarti bagi dirimu.

5 dari 6 halaman

4. Mimpi Jatuh dari Tebing

Mimpi jatuh yang berada di sisi tebing menjadi alasan kamu mungkin sedang berada di ujung cerita mimpi buruk. Ini bisa berarti kamu khawatir tentang "kehilangan kontak" dengan area penting dalam hidupmu

Menurut Kirsty Lynn, seorang penerjemah mimpi, ahli metafisika, dan pendiri sumber kamus mimpi Luciding, arti mimpi jatuh dari tebing dapat berarti kamu sedang menjauh dari hal yang familiar denganmu, seperti teman dekat yang menjauh, atau posisi jabatan yang hilang.

Mimpi di mana kamu jatuh dari tebing juga bisa mewakili ketakutan antisipatif.

"Anda tidak tahu persis apa yang akan terjadi dalam suatu situasi, tetapi Anda tetap takut akan hasilnya," kata Chambers.

6 dari 6 halaman

5. Mimpi Jatuh dari Lift atau Elevator

Mengutip dari Dreams UK, jatuh dari lift atau elevator dapat menjadi kombinasi dari kehilangan kendali dan terkurung. Mimpi ini juga dapat mengindikasikan bahwa kamu sedang mengalami penurunan emosi yang cepat.

Mimpi jatuh dari lift atau elevator juga dapat menunjukkan harga dirimu yang telah jatuh, dan kendali atau suasana hati yang buruk.

Meskipun tiap mimpi memiliki interpretasi, kamu mungkin ingin menghindari bereaksi berlebihan terhadap interpretasi mimpi. Mimpi mungkin bukan tanda-tanda malapetaka yang akan datang atau bukti gangguan kesehatan mental, tetapi mereka mungkin merupakan gejala atau terkait dengan beberapa kondisi.