Sukses

Sering Lupa? Coba 8 Cara Ini untuk Meningkatkan Daya Ingat

Seiring pertambahan usia, kemampuan mengingat dan konsentrasi bisa saja menurun. Untuk mengatasinya, ada cara meningkatkan daya ingat yang dapat kamu lakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak sedikit individu yang dengan mudah melupakan sesuatu hal yang penting. Padahal, usianya masih terbilang cukup muda untuk mengalami kepikunan.

Seiring pertambahan usia, kemampuan mengingat dan konsentrasi bisa saja menurun. Untuk mengatasinya, ada cara meningkatkan daya ingat yang dapat kamu lakukan.

Dengan demikian, kemampuan mengingatmu tetap optimal dan tidak termakan usia. Terkadang, hal tersebut dapat memberi dampak buruk terkait kinerja kamu di perusahaan.

Daya ingat yang kuat bergantung pada kesehatan dan vitalitas otak seseorang. Otak manusia memiliki kemampuan luar biasa untuk beradaptasi dan berubah, meski usia seseorang sudah tidak muda lagi.

Kemampuan ini disebut juga dengan neuroplastisitas. Dengan stimulasi yang tepat, otak dapat membentuk jalur saraf baru, mengubah koneksi yang ada, dan beradaptasi serta bereaksi dengan cara yang berbeda-beda.

Maka dari itu, kamu harus tahu cara untuk tingkatkan daya ingat agar tidak mudah untuk lupa. Berikut beberapa cara untuk meningkatkan daya ingatanmu, seperti melansir dari Verywellmind, Senin (19/12/2022). 

1. Melatih Otak                                   

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk terus meningkatkan daya ingat adalah dengan rutin melatih otak. Saat kamu sudah menunjukkan usia dewasa, otak telah mengembangkan jutaan jalur saraf yang berguna untuk memproses dan mengingat informasi dengan cepat.  

Contohnya dengan memecahkan masalah sehari-hari, hingga menjalankan segala tugas yang rutin dilakukan. Untuk menjaga bagian tersebut berfungsi dengan baik, kamu harus menstimulasi otak guna terus tumbuh dan berkembang.

Memori sama seperti kekuatan otot yang mengharuskan kamu untuk terus menggunakannya atau fungsinya akan menurun. Semakin sering melatih otak, semakin baik juga organ tersebut untuk memproses dan mengingat informasi.

Cara terbaik untuk tingkatkan daya ingat adalah menghentikan rutinitas dan melakukan hal yang baru agar jalur otak berkembang.

2 dari 4 halaman

2. Perhatikan Asupan Nutrisi

Otak tentu memerlukan asupan makanan bergizi agar dapat berfungsi dengan optimal. Perbanyak konsumsi makanan, seperti sayuran hijau, ikan, teh hijau, dan kacang-kacangan, agar fungsi otak lebih terjaga.

Selain itu, kurangi atau batasi konsumsi minuman beralkohol. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah berlebihan, bisa berdampak buruk pada fungsi kognitif atau proses berpikir dan memori seseorang.

3. Rutin Lakukan Aktivitas Fisik

Meskipun latihan mental penting untuk menjaga kesehatan otak, tetapi bukan berarti melakukan aktivitas fisik tidak berguna. Dengan berolahraga secara rutin, kamu dapat membantu otak tetap tajam untuk digunakan berpikir.

Hal ini terjadi karena adanya peningkatan oksigen ke otak dan mengurangi risiko gangguan yang menyebabkan kehilangan ingatan, seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular.

Selain itu, olahraga juga meningkatkan efek dari zat kimia di otak yang bermanfaat dan mengurangi hormon stres.

Hal yang paling penting terkait cara tingkatkan daya ingat pada otak adalah olahraga dapat memberi manfaat pada neuroplastisitas yang meningkatkan faktor pertumbuhan, dan merangsang terbentuknya koneksi saraf baru. Karena itu, peningkatan otak untuk mengingat sesuatu menjadi lebih efektif.

3 dari 4 halaman

4. Jaga Berat Badan Ideal

Mempertahankan berat badan ideal sangat penting untuk meningkatkan daya ingat. Orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas dapat menyebabkan perubahan negatif pada gen memori di otak.

Selain itu, obesitas memiliki risiko lebih tinggi terserang penyakit Alzheimer, penyakit progresif yang menghancurkan fungsi memori dan kognitif otak.

5. Tidur yang Cukup

Kamu juga harus mendapatkan tidur yang cukup sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh. Orang dewasa rata-rata membutuhkan waktu tidur antara 7,5 hingga 9 jam setiap malam.

Saat kamu kekurangan waktu tidur, beberapa masalah yang berhubungan dengan memori, kreativitas, kemampuan memecahkan masalah, hingga keterampilan untuk berpikir kritis dapat menurun.

Tidur juga sangat penting sebagai cara untuk meningkatkan daya ingat yang lebih mendasar. Tidur dibutuhkan untuk konsolidasi memori yang aktivitasnya dapat meningkatkan memori utama saat terlelap dengan nyenyak.

6. Lakukan Senam Otak

Selain menjaga nutrisi dan berolahraga, otak juga perlu dilatih agar kemampuannya tetap terjaga. 

Senam otak dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu mengisi teka-teki silang, bermain puzzle, membaca, bermain catur, menguji ingatan dengan menghafal gambar, atau belajar memainkan alat musik.

4 dari 4 halaman

7. Aktif Bersosialisasi

Aktif bersosialisasi dan menjalin komunikasi, misalnya dengan teman, sahabat, dan orang-orang terdekat adalah salah satu cara meningkatkan daya ingat yang efektif.

Berkumpul dengan mereka memungkinkan kamu terbebas dari stres dan depresi. Kedua kondisi tersebut sangat erat kaitannya dengan penyebab menurunnya daya ingat.

Untuk beberapa kondisi, penggunaan obat-obatan atau suplemen juga dapat dilakukan untuk meningkatkan daya ingat. Namun, konsultasikan lebih dulu ke dokter untuk memastikan efektivitas dan risiko yang dapat muncul.

8. Cobalah Konsumsi Suplemen Minyak Ikan

Minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3 eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA). Lemak ini penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan telah terbukti menurunkan risiko penyakit jantung, mengurangi peradangan, menghilangkan stres dan kecemasan, dan memperlambat penurunan mental.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi ikan dan suplemen minyak ikan dapat meningkatkan daya ingat, terutama pada orang tua.