Sukses

5 Ciri Teman yang Tulus dan Sefrekuensi, Yakin Sudah Menemukan?

Sejumlah individu mulai memilih dengan siapakah ia akan berteman. Mereka bahkan mengategorikan orang-orang yang sefrekuensi dengan dirinya.

Liputan6.com, Jakarta - Persahabatan paling menguntungkan adalah saat seseorang lebih dekat dan mempunyai hubungan langgeng dalam pertemanannya.

Setiap individu pasti menginginkan kedekatan dengan orang yang dipercayainya. Apalagi, saat dirinya membutuhkan tempat untuk bercerita.

Sejumlah individu mulai memilih dengan siapakah ia akan berteman. Mereka bahkan mengategorikan orang-orang yang sefrekuensi dengan dirinya.

Kualitas unik dari setiap individu dapat membedakan mana yang hanya menjadi teman dan benar-benar sahabat. Biasanya, ketika seseorang bertemu dengan orang baru di kehidupannya dan mulai berinteraksi, inilah menjadi fase penentu.

Apakah pertemanan bisa lebih dekat, hingga menjadi sahabat atau hanya berteman baik saja?

Umumnya, seseorang akan menunjukan sifat aslinya ketika sudah merasa nyaman dengan orang tersebut. Bahkan, ia berani menceritakan hal-hal paling rahasia kepada sahabatnya.

Seorang terapis pernikahan dan keluarga berlisensi, Heisi McBain menjelaskan betapa pentingnya kenyamanan yang didapatkan ketika bertemu dengan seseorang.

“Ada banyak cara berbeda (untuk mengentahui apakah seseorang adalah teman baik), tetapi yang terpenting adalah Anda merasa benar-benar nyaman dengan orang lain,” kata McBain mengutip dari Bustle, Senin (19/12/2022).

Kenyamanan akan datang saat kalian bisa menjadi diri sendiri tanpa dihakimi oleh teman sendiri. Selain itu, persahabatan yang baik dapat digambarkan sebagai hubungan menguntungkan untuk kedua belah pihak.

Oleh karena itu, ketahui karakteristik seseorang yang menandakan ia benar menjadi sahabat dan sefrekuensi denganmu.

2 dari 4 halaman

1. Dapat Dipercayai

Setiap hubungan tentu membutuhkan rasa kepercayaan yang tinggi sebagai kualitas utama. Seorang sahabat harus dapat dipercayai dengan ketulusan.

Umumnya, seseorang akan membagikan kisah rahasianya hanya kepada orang yang dipercaya saja. Ketika ia memiliki sahabat terbaik, dirinya pun akan menceritakan segala keluh kesahnya.

Tentu saja, sebagai sahabat yang baik, kalian tidak boleh membocorkan cerita tersebut. Jangan sampai kalian mengecewakan hatinya.

2. Saling Mendukung

Sahabat terbaik adalah ia yang bisa mendukung segala kegiatan dan keputusan hidupmu. Seseorang tentu membutuhkan dorongan, seperti dukungan emosional dan sejumlah informasi ketika dihadapkan pada suatu masalah.

Dengan begitu, ia dapat menghadapi banyak tuntutan hidup dan tak mudah putus asa, karena didamping oleh orang tersayang, yakni sahabat.

3 dari 4 halaman

3. Menerima Teman Apa Adanya

Seseorang memilih untuk nyaman dengan teman terbaik yang membuat dirinya bisa menunjukan sifat aslinya. Saat diri menunjukkan kepribadian asli, baik negatif maupun positif, seorang akan tetap bersama dan menerima perilaku temannya.

Meski begitu, sahabat terbaik adalah mereka yang bisa memberitahu tanpa menyakiti hatinya, ketika diri memiliki sebuah kesalahan.

“Teman yang baik adalah seseorang yang tanpa syarat akan menerima Anda apa adanya, tetapi tidak akan pernah takut untuk memberi tahu kebenaran yang tidak menyenangkan dari suatu situasi atau perilaku Anda,” kata Lisa Orban.

4. Lebih Banyak Mendengarkan

Sahabat terbaik adalah mereka yang siap mendengarkan segala keluh kesah. Ketika kalian mulai menceritakan hal yang itu-itu saja, biasanya kebanyakan orang akan bosan.

Tak tertarik dengan obrolan yang tak kunjung selesai, mereka pun mulai membatasi percakapan. Akan tetapi, lain halnya dengan mereka yang benar-benar sahabat.

Dia akan mendengarkan dengan baik dan cenderung diam. Dirinya tak akan memotong pembicaraan dan menyanyakan beberapa hal ketika dirasa perlu.

4 dari 4 halaman

5. Mudah Terhubung

Apakah kalian memiliki seorang sahabat yang jarang bertemu, namun tetap menjaga interaksi? Ini merupakan ciri-ciri teman yang setia.

Meski jarang bertemu, kalian secara mudah dapat terkoneksi. Bahkan, pertemuan akan menjadi sangat berharga, karena kalian akan membagikan semua kisah yang mungkin belum diceritakan.

Kalian pun cenderung mengandalkan dirinya, ketika mengalami masa sulit. Sahabat terbaik tak akan pernah meninggalkan dirimu sekalipun kamu sedang terjatuh.

“Mereka ada untuk kita saat kita membutuhkannya dan membuat hidup menjadi lebih mudah,” kata Dr. Gruman.

Kehadiran mereka sanggup meringankan beban dan menghilangkan segala permasalahan meski hanya beberapa waktu saja. Perasaan itu sangat berharga, karena diri bisa menjadi lebih tenang dari sebelumnya.